Jadi sebenarnya pengunjung suatu website bukan hanya dari satu negara. Namun juga dari beberapa negara. Yang menjadi bahan pertanyaan adalah apakah kita harus menerjemahkan dan mengetik satu per satu translate setiap negara ? Saya rasa sudah tidak jamannya lagi

Google sendiri memiliki salah satu fitur yang disebut dengan google translate. Dimana anda tidak perlu menerjemahkan satu per satu artikel anda. Bahkan kini wordpress sudah support dengan Google Translate lho… Dengan memasangnya maka secara otomatis semua artikel anda dapat diterjemahkan segera.

Kemudian bagaimana caranya untuk menaruh google translate ini kedalam web wordpress anda ? Apakah dengan plugin ?. Ini adalah cara yang paling mudah bagi anda yang ingin memberikan google translate ke website anda. Ikuti langkah – langkah di bawah ini.

  1. Kunjungi url ini https://translate.google.com/manager/website/
  2. Klik tombol biru “Add to Your website Now”
  3. Langkah selanjutnya adalah memasukkkan informasi dasar dari website anda, Seperti Masukkan URL website anda dan masukkan bahasa induk / bahasa yang anda pergunakan sekarang di website anda. Kemudian Klik Next.
  4. Pada Plugin Setting ada beberapa langkah yang bisa anda pilih. Baca petunjuk dari saya sebagai berikut :
    • Translation Language
      Pada ini anda dapat memilih untuk melakukan translate ke bahasa apa saja yang anda inginkan. Anda bisa memilih beberapa bahasa atau keseluruhan bahasa dimana hampir lebih dari 100 bahasa.
    • Display Mode
      Pada mode ini anda dapat melakukan setting untuk tampilan dari translate button yang akan tampil di website anda. Cocokkan dengan dimana letak tombol ini dimasukkan.
    • Advanced
      Sedangkan ini adalah pengaturan lanjutan. Dimana anda dapay melakukan translte otomatis sampai dengan melakukan tracking dengan menggunakan Google Analytics
  5. Jika sudah selesai, silahkan klik “Get Code”
  6. Sudah beres.. anda dapat melektakkan code yang ada dalam kotak tersebut di widget atau pada header website anda

Nah terapkan google translate tersebut pada website anda maka secara tidak langsung anda akan membantu pembaca dari luar negeri untuk memperoleh bantuan dari artikel anda.

Cukup untuk artikel kali ini. Jangan lupa untuk klik like, Share dan komentar di kolom dibawah ini. Semoga berguna bagi anda.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top