google contact, google kontak, tutorial, gadget

Mengapa saya membuat artikel ini ? Karena memang banyak yang tidak menggunakan fasilitas dari google ini untuk menyimpan kontak / daftar telephone pertemanannya. Mereka lebih banyak menyimpan daftar kontak mereka pada penyimpanan internal atau pada simcard. Padahal dengan menggunakan Google Kontak ini anda dapat menyimpan unlimited kontak tidak seperti di media penyimpanan handphone atau simcard yang dibatasi baik penamaannya atau jumlah yang tersimpan

google contact, google kontak, tutorial, gadgetAlasan saya menggunakan Google Kontak memang karena pengalaman berganti – ganti device handphone dan seringnya kehilangan handphone karena lupa menaruhnya atau tertinggal.

Namun dibalik itu semua, ada alasan lainnya mengapa saya merekomendasikan anda untuk menggunakan Google Kontak / Google Contact antara lain yaitu :

  1. Banyak nomor telephone pada satu kontak
    Sering kali satu orang atau instansi memiliki lebih dari satu nomor telp. Dan itu jika disimpan pada kontak telp banyak banget jadinya. Maka dengan Google Kontak ini saya bisa menyimpan nomor telp satu instansi atau orang dengan banyak nomornya.
  2. Menambahkan ulang tahun pada kontak
    Sering kali lupa nih ulang tahun seseorang, namun beruntung ada fitur untuk menyimpan ulang tahun seseorang di aplikasi ini. Bahkan bukan hanya tanggal ulang tahun saja, namun juga hari perayaan atau hari jadian dan hari lainnya mengenai sebuah kontak bisa disimpan sekaligus.
  3. Mengelompokkan berdasarkan kategori
    Ini fitur yang paling sering saya pergunakan juga, yaitu kategori / label contact. Seperti halnya saya bisa mengelompokkan kontak berdasarkan keluarga, pekerjaan, bahkan mantan pacar pun bisa dikelompokkan. Jaga – jaga kalau ingin broadcast hal hal tertentu lebih mudah tentunya.
  4. Tidak dibatasi panjang karakter
    Kesulitan menyimpan nama lengkap seseorang ? Jangan khawatir disini anda bisa menyimpanya tanpa dibatasi. Bahkan apabila ada nama marga, nama panggilan atau nama kecil pun bisa disimpan. Agar kita lebih personal dalam mengingatnya.
  5. Menyimpan email pada kontak
    Bagi saya yang mempergunakan dalam pekerjaan, fitur ini sangat penting. Karena saya bisa juga mengirim file ke email mereka tanpa kesulitan mengingat dan mencari email mereka. Selain email pribadi, anda pun dapat menyimpan banyak lagi sebenarnya yang mungkin cocok bagi anda pergunakan sebagai bisnis atau personal.

Setelah anda mengetahui fungsi dari Google Kontak maka langkah selanjutnya adalah tutorial menyimpan data pada google kontak. Namun tutorial ini mungkin berbeda pada setiap merk hanphone atau versi android, namun akan saya usahakan untuk menjelaskan secara global dan mudah dipahami oleh anda.

Google Kontak, Tutorial

Pertama adalah buka playstore dan ketik “Google Kontak” dimana akan tampil sebagaimana gambar disamping, Silahkan anda download app tersebut ke dalam device anda.

Sebelumnya pastikan juga bahwasanya anda mendownload kontak dari developer Google LLC. Hal ini karena banyak sekali aplikasi serupa dimana hanya menjadi scam dan berbahaya bagi device anda.

Kemudian Otorisasi device anda agar dapat mengakases kontak pada device anda. USahakan apabila anda mengetahui cara setting pada pengaturan >> kontak > default aplikasi anda ubah ke aplikasi ini.

Setelah anda menyetujui 2 ijin yang ditanyakan yaitu ijin untuk mengakses kontak dan menyimpan di telephone maka silahkan anda buka aplikasi tersebut.

Normalnya apabila anda sudah pernah menyimpan data di Google maka akan muncul semua kontak anda sebelumnya, apabila belum maka ikuti langkah untuk ekspor dari device dan impor ke penyimpanan google kontak.

Apabila anda ingin menyimpan kontak, cukup dengan cara klik tombol (+) di bagian kanan bawah dimana kemudian anda akan diarahkan untuk mengisi data seperti di samping ini :

Anda dapat menambahkan detail keseluruhan kontak anda. Bahkan anda pun dapat menentukan dimana anda akan menyimpan file tersebut. Maksudnya di akun gmail anda yang mana yang anda jadikan email utama.

Sebeanrnya proses ini sudah menggunakan AI (Kecerdasan Buatan) Dimana anda menyimpan hal hal tertentu maka hanya kolom tersebut yang akan tampil. Atau biasanya anda menyimpan di email tertentu maka secara otomatis aplikasi akan menyarankan untuk disimpan di email terpilih tersebut.

Upayakan agar anda rajin dalam melakukan penyimpanan dan mungkin anda pelajari beberapa setelah yang ada di aplikasi tersebut.

Semoga artikel ini bermanfaat, apabila ada pertanyaan silahkan klik bagian hubungi kami atau emai ke info@sinarhadiwijaya.id atau WA 083142958766. Senang bisa membantu anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here