Memperbaiki 404 Error Page pada WordPress | Sebuah hal yang tidak diinginkan apabila anda mengakses website anda namun tiba – tiba ketika anda melihat link yang disediakan tertulis kode error 404. Maka jangan khawatir apakah website anda mengalami kerusakan yang serius ? Tidak Juga.

Sebenarnya kerusakan ini dikarenakan adanya miss konfigurasi pada link anda. Nah ada 2 cara memperbaiki 404 Error Page pada WordPress. Cara yang pertama melalui Dashboard dan yang kedua adalah melalui CPanel.

CARA : MEMPERBAIKI 404 ERROR PAGE MELALUI DASHBOARD

Bagi anda pemula, mungkin ini adalah cara yang paling mudah dilakukan. Dikarenakan anda tidak perlu mengetahui Bahasa pemograman atau source code untuk memperbaikinya. Berikut adalah langkah – langkah untuk memperbaikinya.

  1. Pastikan anda sudah login pada dashboard anda. Dan pastikan pula anda login sebagai administrator. Dikarenakan dibutuhkan akses sebagai administrator untuk memperbaikinya. Apabila anda tidak dapat login maka anda langsung menuju ke cara kedua.
  2. Selanjutnya masuk pada menu setting, dan masuk ke permalink.
  3. Untuk sementara ubah “common setting” pada permalink anda.
  4. Kemudian klik Save change.
  5. Check kembali tampilan anda. Apabila anda menggunakan plugin chace maka sebaiknya clear dulu cache dan expired headernya.

Nah bagi anda yang sudah mencoba dan berhasil maka untuk langkah kedua sebagai langkah optional, boleh dikerjakan atau tidak dikerjakan juga tidak menjadi masalah.

CARA : MEMPERBAIKI 404 ERROR PAGE MELALUI CPANEL

Langkah selanjutnya lebih complicated dan sensitive dibandingkan cara selanjutnya Karena kita secara tidak langsung akan melakukan editing pada .httaccess. Berikut adalah langkah langkah untuk memperbaiki melalu cpanel.

  1. Pastikan anda sudah masuk kedalam CPanel anda.
  2. Kemudian masuk ke dalam File Manager.
  3. Masuk ke dalam Public_html folder
  4. Pilih file .httaccess dan lakukan edit
  5. Tambahkan kode berikut pada .httaccess
    #Begin WordPress
    <IfModule mod_rewrite.c>
    RewriteEngine On
    RewriteBase /
    RewriteRule ^index\.php$ – [L]
    RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
    RewriteCond %{ REQUEST_FILENAME} !-d
    RewriteRule . /index.php [L]
    </IfModule>
    #End WordPress
  6. Klik save
  7. Dan sama seperti langkah pertama, coba namun terlebih dahulu hapus cache dan expired header pada website agan yang menggunakan plugin cache.

Baca Juga : [Tutorial] Memperbaiki 500 Internal Server Error Page

Nah, Semoga artikel ini berguna bagi agan yang mengalami error dengan kode 404 pada wordpressnya. Jangan lupa untuk like, comment dan share pada kolom dibawah ya. Agar mendukung website saya ini berkembang lebih baik lagi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here