Dalam Website tentunya kita ingin melakukan backup website untuk menghindari banyak hal hal yang tidak kita inginkan atau hanya untuk memindahkan data kita dari sebuah provider hosting ke provider hosting lainnya. Ada banyak cara melakukan backup, mulai anda bisa melakukan backup website via FTP, CPanel, atau dari CMS yang anda pergunakan

Mungkin dari sekian banyak yang dilakukan adalah melakukan backup melalui CPanel, mengingat CPanel sendiri memberikan fasiltas dengan ringkas dan mudah dipahami. Namun bagaimana jika kapasitas kita tidak memadai untuk melakukan backup. Maka backup website melalui FTP adalah salah satu solusinya.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara melakukan backup website melalui FTP. Mengingat FTP dapat langsung terhubung kepada PC kita dan dibutuhkan koneksi yang stabil maka disarankan anda menggunakan jaringan yang stabil. Berikut adalah tutorial backup website via FTP.

Download dan Instal Filezilla

Hal pertama yang Anda harus lakukan adalah mendownload Filezilla, dan Anda dapat melakukannya pada halaman berikut:

http://filezilla-project.org/download.php

Gunakan Filezilla untuk terhubung ke akun Anda

Setelah Anda download dan diinstal Filezilla, gunakan fitur koneksi cepat untuk terhubung ke akun ftp Anda. Untuk melakukannya, Anda akan memerlukan pengaturan berikut:

  • Host: Untuk nilai tuan rumah, masukkan example.com. Misalnya, jika nama domain Anda adalah domain-abc-123.com, masukkan domain-abc-123.com
  • Username: Masukkan username cPanel Anda di sini.
  • Sandi: Masukkan sandi cPanel Anda di sini.
  • Port: Nomor port default adalah 21, tetapi Anda dapat meninggalkan pelabuhan kosong di sini.
  • dan klik connect\

Ambil file Anda

Setelah terhubung, maka Anda dapat mendownload file Anda. Ada beberapa cara yang berbeda untuk melakukan hal ini, kami merekomendasikan sebagai berikut:

Dalam arah berikut, Anda akan bekerja dalam kuadran yang berbeda di FileZilla. Screenshot berikut mendefinisikan mereka:

Pada jendela kiri atas, klik desktop Anda untuk membukanya.

Pada jendela kiri bawah, klik kanan dan pilih ” Buat direktori baru “

Label direktori sehingga Anda akan mengenali nanti. Dalam contoh ini, kami beri nama folder ” Situs web Backup ” diikuti oleh tanggal.

klik ganda direktori baru di jendela kiri bawah untuk menavigasi untuk itu.

Pada jendela kanan bawah, klik folder apapun dan kemudian tekan Ctrl-a pada keyboard untuk menyorot semua file dan folder.

Memilih semua file dan folder pada langkah di atas akan men-download semua file dalam account hosting Anda, termasuk file yang digunakan oleh cPanel. Jika Anda tidak ingin backup setiap file, Anda dapat tahan Ctrl pada keyboard Anda dan hanya klik folder yang Anda inginkan.

public_html : Jika Anda ingin men-download file website Anda, pilih direktori public_html

Email : Jika Anda ingin men-download email Anda, pilih direktori email.

Database : database Anda tidak disimpan dalam direktori yang sama dengan account hosting Anda

Klik kanan pada salah satu disorot file / folder dan klik ” Unduh “. Ini akan men-download semua file / folder ke ” Situs web Backup ” folder yang kita buat di atas. Harap dicatat bahwa waktu yang diperlukan untuk men-download semua file Anda akan tergantung pada jumlah file yang Anda miliki dan seberapa besar mereka.

Semoga langkah tersebut dapat membantu anda dalam melakukan backup website melalui FTP. Jangan lupa untuk komentar di bawah dan share artikel ini untuk membantu orang yang membutuhkan informasi ini ya…

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here