Backup WordPress ?? Mungkin salah satu hal yang jarang dilakukan oleh developer website. Karena kebanyakan dari developer hanya beranggapan untuk backup data via CPanel atau dari sisi server saja. Namun apakah perlu melakukan Backup WordPress dari Dashboard dan bagaimana caranya ?

Banyak cara untuk melakukan backup WordPress. Anda bisa melakukan backup data dari theme, dashboard atau bahkan melalui CPanel. Nah kali ini saya akan memberikan tutorial cara backup data melalui Dashboard. 

Melakukan backup via Dashboard sebenarnya paling fleksibel. Hal ini dikarenakan apabila anda akan melakukan restore maka anda tidak harus pada theme yang sama. Namun bisa dilakukan pada berbeda theme. Sehingga mengembalikan postingan anda dan menu. Berikut adalah tutorial agar anda bisa melakukan backup melalui dashboard :

Pertama-tama yang anda harus lakukan adalah masuk ke dalam admin dashboard dari website anda. Setelah anda login, maka pilih Dashboard >> Tools >> Eksport. Dimana letaknya seperti gambar dibawah ini :

Backup WordPress

Kemudian anda akan diberikan pilihan untuk melakukan export /  Backup. Dimana terdapat beberapa pilihan. Namun saran saya pergunakan All Content. Dimana anda bisa melakukan backup postingan, halaman, komentar, menu dan beberapa postingan lainnya. 

Setelah itu klik Download Export File. Dan Simpan nama file yang ingin anda tandai sebagai penanda kapan anda melakukan backup. Sudah selesai.. 

Jangan sampai anda lupa untuk membaca Artikel Fakta Mengenai WordPress sebagai CMS Website. Karena anda akan mengenal dan semakin pede untuk menggunakan wordpress sebagai CMS anda.

Jangan lupa klik like, share dan komentar di bawah untuk membangun website saya ini semakin update. Terimakasih 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here