Tadi pagi ketika membuka salah satu forum online yang menjadi rutinitas setiap pagi , saya membaca salah satu kaskuser yang ingin di review websitenya. Dan Karena theme yang bagus akhirnya tertarik juga membaca satu atau dua artikelnya.

Untuk mengetahui nama website yang saya review kali ini adalah http://www.sijipix.com dan salah satu postingan yang menarik perhatian saya adalah TIPS DESAIN GRAFIS UNTUK PEMULA.

Penulis memang benar membahas detail dari tips – tipsnya. Bagi anda yang belum mengunjunginya berikut kurang lebih sedikit saya simpulkan tips dari penulis

  1. Memilih Font dan Skala Yang Tepat
  2. Tingkat Kecerahan dan Pemilihan Warna Yang Tepat
  3. Permainan Garis Simetris dan Bidang Kosong
  4. Kumpulkan Inspirasi
  5. Originalitas Karya Itu Perlu

Untuk mengetahui detailnya silahkan kunjungi website yang bersangkutan agar tidak terkesan copy paste. Hehehe

Namun saya perlu menambahkan beberapa saja tips desain grafis untuk pemula ini. Hal ini Karena saya sendiri sedang dan telah melatih desain grafis yang masih pemula bahkan mulai dari nol. Dan ada satu hal yang paling krusial / penting yang menjadi kerisauan saya.

Hal tersebut adalah Pengaturan ukuran file, resolusi dan DPI dari gambar yang dibuatnya. Dalam hal ini kita membicarakan mengenai gambar vector dan piksel. Apabila pemula tidak bisa mengatur dengan tepat maka ketika diletakkan pada media dengan resolusi dan dimensi yang berbeda maka akan mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut dapat berupa gambar pecah pecah atau loading gambar berat karena resolusi terlalu besar.

Tips untuk masalah ini sebenarnya mudah mudah sulit. Bingung pilih yang mana. Mudah atau Sulit , Karena itu subjektif. Namun yang menjadi hal paling dasar ketahui dimana anda akan mempergunakan gambar tersebut. Ukur dimensi atau resolusi yang akan dipergunakan.

Kemudian yang menjadi hal utama adalah kamu tentukan DPI yang akan kamu pergunakan. Ingat semakin besar DPI maka semakin berat loading dan resolusi yang ditampilkan. Saya lebih prefer menggunakan DPI 72 pada semua gambar vector dan piksel saya.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk komentar di kolom di bawah ini, kemudian share ke teman teman anda agar membantu website saya berkembang. Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here