sinar hadi wijaya, hadi, privacy policy

Tipe – Tipe Resolusi Pada Instagram

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Advertisement

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membuat postingan di Instagram, salah satunya adalah menentukan resolusi pada instagram atau ukuran postingan terlebih dahulu.

Hanya masalah resolusi pada instagram memang penting? Sangat penting! Hal tersebut sangat mempengaruhi kualitas postingan Anda. Jika ukuran postingan Anda tidak sesuai dengan yang direkomendasikan Instagram, kualitasnya bisa berkurang.

Advertisement

Lalu idealnya berapa? Idealnya, video atau foto yang di unggah di Instagram harus memiliki lebar antara 320px hingga 1080px. Apabila lebar postingan dibawah 320px, Instagram akan melebarkan ukurannya secara otomatis dan akan membuat kualitas gambar berkurang atau tidak sebagus yang aslinya.

Sedangkan, apabila lebar postingan di atas 1080px, Instagram juga akan otomatis mengkompres dan mengurangi lebar postingan tersebut yang tentunya juga akan mengurangi kualitas gambarnya.

Agar terhindar dari penurunan kualitas gambar, Anda perlu mengetahui rekomendasi ukuran video dan foto di Instagram. Termasuk untuk postingan Instagram Live, Instagram Stories, dan IGTV.

Cara mengetahui Ukuran Postingan atau Resolusi pada Instagram

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai resolusi pada instagram, ada dua hal yang harus Anda pahami terlebih dahulu. Keduanya berfungsi untuk mengukur ukaran video dan foto.

  • Aspek Rasio : berfungsi untuk mengukur perbandingan lebar dan tinggi postingan, Misalnya seperti 1:1 atau 9:16. Angka pertama adalah lebarnya, sedangkan angka kedua adalah tingginya
  • Ukuran : Dipakai untuk mengukur jumlah pixel pada lebar dan tinggi postingan, misalnya seperti 420 x 654px atau 1080 x 608px. Sama seperti Aspek Rasio, angka pertama adalah lebar dan angka kedua adalah tingginya.

Rekomendasi Resolusi atau Ukuran Foto di Instagram

Ada tiga jenis ukuran foto yang bisa Anda pilih, yaitu landscape, portrait dan square. Berikut ukuran yang sesuai untuk masing-masing jenis foto :

Foto Landscape

resolusi pada instagram
Ukuran Ideal : 1080 x 608px

Foto Landscape sering dipakai apabila objek foto yang di ambil memiliki ukuran lebih dari biasanya. Karena ukurannya lebih besar, gunakanlah rasio 1.91:1 agar kualitas gambar tetap optimal.

Foto Portrait

resolusi pada instagram
Aspek Rasio Ideal : 4:5

Foto Portrait atau foto dengan tampilan vertikal memang andalan bagi pengguna smartphone. Nah, agar kualitas fotonya tidak berkurang dan tetap optimal, gunakan ukuran 1080 x 1350px.

Foto Square

resolusi pada instagram
Aspek Rasio Ideal : 1:1

Secara default, Instagram akan menyesuaikan foto profil kedalam bentuk square. Dengan kata lain, foto square merupakan jenis foto yang sangat ideal untuk Instagram. Kualitas fotonya tidak akan bermasalah asalkan resolusi ukurannya antar 320 x320px hingga 1080 x 1080px.

Rekomendasi Resolusi atau Ukuran Video Instagram

Sebenarnya hampir mirip dengan foto, namum lebih sederhana, karena hanya ada dua jenis postingan video saja, yaitu landscape dan portrait.

Video Landscape

resolusi pada instagram

Sebenarnya aspek rasio dan ukuran idealnya tidak berbeda dengan foto landscape. Namun, sebagai alternatif gunakanlah aspek rasio 16:9 untuk video landscape agar kualitasnya tetap optimal.

Video Portrait

resolusi

Begitu juga dengan video portrait, aspek rasionya juga tidak berbeda dengan foto portrait, yaitu 4:5. Dan apabila diluar aspek rasio tersebut, videomu akan dicrop secara otomatis oleh Instagram.

Rekomendasi Resolusi atau Ukuran Story Instragram

Tentu Anda sudah tahu kalau Instagran Stories bisa dalam bentuk foto maupun video. Jenisnya pun cuma ada dua, yaitu landscape dan portrait.

Stories Landscape

resolusi

Aspek rasio maupun ukuran ideal stories landscape tidak ada bedanya sama sekali dengan foto dan video landscape, yaitu 1.91:1 dan 1080 x 606px.

Stories Portrait

resolusi

Sedangkan untuk stories portrait berbeda dengan foto portrait dan video portrait. Hal itu dikarenakan stories portrait memiliki ukuran yang lebih tinggi dan memenuhi layar. Untuk itu, ukuran Instagram Stories portrait idealnya adalah 1080 x 1920px.

Rekomendasi Resolusi atau Ukuran Instagram Live

resolusi

Instagram Live hanya dishoot dalam bentuk portrait saja dengan Aspek Rasio Ideal 9:16 dan untuk Ukuran Idealnya 1080 x 1920px, sama seperti Stories Portrait.

Rekomendasi Resolusi atau Ukuran IGTV

Salah satu fitur Instagram yang dirilis sejak juni 2018 ini memiliki kelebihan seperti Anda bisa memposting video dengan durasi lebih lama. Misalnya dulu Anda hanya bisa memposting video dengan durasi 1 menit saja, sedangkan di IGTV Anda bisa memposting video hingga durasi 10 menit. Bahkan, untuk akun verified atau yang sudah centang biru bisa memposting video hingga durasi 1 jam.

Sama seperti foto dan video, IGTV juga bisa dilihat dalam dua mode, landscape maupun portrait

IGTV Landscape

resolusi

IGTV Landscape ukuran idealnya adalah 1920 x 1080px atau lebih besar dari video landscape yang hanya 1080 x 608px. Hal itu dikarenakan, IGTV yang dilihat dengan mode landscape secara otomatis akan memenuhi layar.

IGTV Portrait

resolusi

Sama seperti Instagram Live dan Stories Portrait, IGTV Portrait juga memiliki ukuran yang lebih tinggi dibandingkan dengan foto dan video portrait, Hal tersebut dikarenakan isi videonya akan memenuhi layar.

Nah, itu tadi beberapa tipe ukuran atau resolusi pada Instagram. Pastikan Anda mengikuti ukuran idealnya saat memposting di Instagram agar kualitasnya tetap terjaga.

Leave a Comment

resolusi pada instagram
Digital Team
What they say
Subscribe Newsletter

Integer posuere erat a ante venenatis dapibus posuere velit aliquet sites ulla vitae elit libero