Sinar Hadi Wijaya, SEO untuk Online Shop – Tahukah anda bahwa untuk Online Shop juga membutuhkan SEO?, Jika anda belum mengetahui nya anda tepat sekali mengunjungi artikel ini. Karena pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang bagaimana mengoptimasi sebuah online shop agar bisa berada pada posisi teratas. Oleh karena itu, marilah simak penjelasan mengenai SEO untuk Online Shop secara lengkap yang ada dibawah berikut ini.

Dengan semakin berkembangnya dunia usaha maka beberapa jenis usaha pun mulai melangkah ke arah Online Shop. Dalam hal ini maka bisa dipastikan bahwasanya pada tahun 2023 nanti hampir 45% dari ritel di Indonesia dalam bentuk transaksi elektronik terutama dalam bentuk Online Sop.

SEO untuk Online Shop


Dalam posisi tersebut bisa dipastikan bahwasanya nilai pasar uang dari Online Shop sendiri akan melaju pesat dari tahun ke tahun. Sebagai gambaran saja beberapa prediksi dari pakar bahwasanya di Indonesia akan berada pada posisi $65 Billion pada tahun 2023 tersebut.

Nah, tentunya itu kan terjadi pada 3 tahun dari sekarang. Kemudian apa yang bisa nada lakukan pada tahun ini agar bisa semakin meningkatkan peringkat online shop anda ? Maka tentunya anda bisa menerapkan SEO pada Online Shop yang anda miliki agar bisa bersaing kemudian hari.

Bagaimana memulai SEO untuk Online Shop ?

Sebenarnya untuk memulai SEO bisa Anda dapatkan ilmu dari beberapa sumber. yang mungkin juga menjadi rekomendasi saya selama ini. Namun sumber tersebut dalam bahasa inggris dan target pasar , kondisi ekonomi dan juga penerapannya berbeda dengan di Indonesia. Adapun sumber untuk belajar SEO sebagai berikut :

Google Search Console Help Centre

Jika Anda ada waktu untuk belajar maka sebaiknya anda meluangkan waktu itu untuk mempelajari secara rutin mengenai SEO pada halaman Google Search Console Help Center.

Memang apa yang disampaikan pada halaman / situs tersebut hanya sebagian besar, hanya berupa manual book untuk menerapkannya. Karena memang didalmnya tidak disebutkan dengan jelas algoritma dan step by step detailnya yang mungkin bisa berubah ubah seiring dengan perkembangan.

Namun setidaknya sebagian besar dan umum jawaban yang anda cari bisa ditemukan disana. Bahkan bisa menjadi sebuah tempat rekomendasi bagi mencari informasi yang lebih detail lagi.

Neil Pater dan Youtuber SEO lainnya

Neil Patel adalah salah satu youtuber yang saya ikuti perkembangan ilmu SEO nya. bahkan seringkali salah satu aplikasinya yaitu ubbersuggest menjadi salah satu referensi saya untuk melangkah dan mendalami SEO.

Dalam perkembangan sekarang ini , sebenarnya ilmu SEO itu berkembang sangat luas, di platform Youtube banyak ditemukan teknik dan youtuber yang membagikan hal tersebut. Kembali kepada Anda yang mau darimana dan seberapa besar usaha yang dilakukan untuk mempelajarinya.

Backlinko

Anda juga bisa mempelajari diberbagai platform Backlinko. Saya sendiri gemar membaca artikel optimasi SEO pada website backlinko . Semoga anda pun gemar dan subscribe artikelnya atau juga ada channel youtubenya.

Intinya adalah banyak cara untuk mempelajari hal tersebut. Namun yang paling wajib adalah Anda memiliki 3 Pilar aktivitas SEO yang bisa anda terapkan untuk Online Shop Anda.

3 Pilar aktivitas dari SEO untuk Online Shop

Untuk bisa optimal, dibutuhkan sebuah pondasi yang kuat dalam mengerjakan Search Engine Optimasi. Hal ini adalah sebuah hal rutinitas yang kiranya bisa dilakukan oleh semua orang. 3 Pilar aktivitas SEO sebagai berikut

Konten

Selalu update konten dalam website anda, dengan begitu maka semakin banyak topik dan pengunjung pun mendapatkan artikel lebih baik.

Teknik

Pastikan kebutuhan dan pengaturan teknis untuk SEO harus diperhatikan. Karena segala sesuatu agar maksimal butuh adanya pengaturan

Pemasaran

Nah ini logikanya, percuma juga punya barang bagus kalo nggak dipasarin. Maka sering seringlah anda update konten dan sebarkan ke sekitar anda.

Untuk lebih detail ketiga pilar aktivitas SEO tersebut dapat anda baca artikelnya secara lengkap disini.

Baca Juga :
Search Engine Marketing
Cara Install WordPress di Localhost

Sehingga 3 pondasi diatas harus anda lakukan secara rutin atau miliki dasarnya untuk bisa menerapkan SEO pada online shop anda. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan juga mengenai SEO yaitu :

  • Sosial Media
  • Hadiah
  • Tampilan
  • PPC
  • Konten
  • Penjualan
  • Perencanaan Transaksi
  • Promosi

Demikian yang dapat Sinar Hadi Wijaya bagikan, tentang SEO untuk Online Shop, dimana itu dibutuhkan juga anda terapkan apabila anda memiliki website online shop. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi website pribadi saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel SEO berikutnya. Apabila ada kritik dan saran silahkan hubungi kami.

Dan jangan lupa untuk share dan comment di bawah.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top