Sinar Hadi Wijaya, SEM – Search Engine Marketing – Apakah anda mengetahu apa itu SEM, atau istilah Search Engine Marketing ? Nah apabila Anda belum mengetahui maka kali ini kami akan menjelaskan didalam artikel ini. Dalam artikel ini kami akan membahas lebih detail mengenai SEM. Bagaimana penerapannya dan bagi siapa yang harus menerapkannya. Oleh karena itu , marilah simak penjelasan mengenai SEM – Search Engine Marketing secara lengkap yang ada di bawah ini.

SEM, Search Engine Marketing

Penjelasan mengenai SEM

SEM atau Search Engine Marketing adalah proses pemasaran dimana menggunakan iklan berbayar yang muncul pada mesin pencaharian yang ditentukan sebelumnya.

Nah SEM sendiri merupakan salah satu dari 4 sektor dalam Bisnis Digital Marketing yang selama ini saya jalankan. Memang SEM sendiri merupakan cara yang mengeluarkan dana cukup besar namun apabila diterapkan dengan seksama dan benar benar teliti maka hasil yang masuk lebih besar dan memaksimalkan banyak hal.

Jadi intinya SEM ini membuat situs web anda berada pada posisi tertinggi mesin pencaharian, tertinggi ini bisa diartikan pada posisi halaman pertama dari niche atau keyword yang anda masukkan.

Banyak yang berlomba lomba menerapkan SEM sendiri karena persaingan pada mesin pencaharian sendiri untuk beberapa keyword sangat ketat.

Contoh kasus SEM

Salah satu SEM yang saya handle adalah bagaimana membuat sebuah produk naik penjualannya hanya dari sebuah landing page. Iya kasus ini yang sering kali banyak diminta oleh banyak orang. Saking banyaknya yang meminta kasus seperti ini maka persaingan untuk keyowrdnya juga tinggi.

Nah salah satu keahlian dan keuntungan saya dalam hal ini karena saya sudah menjadi Google Partner. dimana telah lolos beberapa pelatihan dan mendapat pula beberapa sertifikasi ahli di bidang tersebut.

Penerapan SEM

Sebenarnya penerapan SEM seharusnya memiliki sebuah website. Entah website tersebut dalam bentuk landing page, company profile atau dalam bentuk onlineshop sekalipun. Karena hasil penelusuran yang dicari melalui google atau apapun itu yang tampil adalah mempromosikan website miliki kita tersebut.

Dalam penerapannya juga, Agency seperti yang saya naungi biasanya tidak menerapkan tarif pasti dalam menentukan biayanya. Kisarannya mulai 20% – 35% dari total biaya iklan yang akan anda terapkan. Mengapa ada kisaran karena dalam beberapa kasus ada pula yang memang sulit hanya sekedar agency yang bertindak namun juga perlu optimasi dari website tersebut juga.

Apakah kita bisa mengerjakan sendiri ?

Tentunya anda bisa mengerjakan sendiri namun bisa dipastikan hasilnya tidak semaksimal apa yang dikerjakan oleh para Agency Digital Marketing.

Manfaat SEM bagi bisnis

Pastinya ada manfaat dari menggunakan SEM bagi anda yang berbisnis. Dan secara garis besar saya rangkum dalam 3 hal berikut ini :

Target Pangsa Pasar

Pastinya dalam “beriklan” ini anda mencapai target pasar yang diinginkan. Pasti kita semua pernah merasakan hal tersebut.

Kita sekarang sebagai customer, kemudian mencari sebuah sepatu. maka selama itu pula kita terus mendapatkan / diikuti dengan iklan iklan yang berhubungan dengan sepatu. Nah itu adalah hasil dari SEM yang menargetkan pasar tertentu yang sudah disetting sebelumnya.

Atau sama halnya dengan kita mencari sebuah barang di Google maka yang muncul paling atas dan ada tulisan iklan adalah yang paling menjadi tujuan utama kita mencari, padahal itu adalah sebuah iklan yang menargetkan kata kunci yang kita ketik sebelumnya.

Return yang Maksimal dan Cepat

Dengan target yang sudah disetting dan pastinya membutuhkan maka kita mencapai hasil yang maksimal dan cepat. dibandingkan kita harus menyebar iklan pada lokasi dan waktu yang kurang tepat.

Hal inilah yang menjadi sebuauh keuntungan sendiri walau dibutuhkan modal untuk beriklan sendiri.

Dapat Menyesuaikan dengan Pembiayaan

Percayalah bahwasanya biaya untuk berikaln itu tidak semahal anda membuka iklan di koran atau memasang banner di pinggir jalan. Biayanya dapat anda atur sesuai dengan budget yang anda miliki.

Apa saja yang harus dilakukan sebelum menerapkan SEM ?

Berikut adlaah beberapa gambaran umum yang harus anda lakukan sebelum menerapkan SEM

  • Sebuah Situs Web, baik itu berupa landing page, company profile , atau sekedar anda memiliki halaman khusus saja sudah bisa mewakili hal tersebut
  • Akun Google, karena pastinya anda membutuhkan login untuk mengakses halaman Google Ads
  • Dana untuk beriklan, nominalnya bahkan bisa tergantung berapa luas jangkauan, berapa lama iklan tersebut dipasang bahkan sampai dengan seberapa besar persaingan yang ada pada kata kunci tersebut.
  • Optional – Agency Digital Marketing. Sama halnya seperti saya menghandle Raja Kreatif dimana salah satu yang termasuk didalammhya jasa Search Engin Marketing.

Demikian yang dapat Sinar Hadi Wijaya bagikan, tentang Search Engine Marketing, dimana anda sendiri dapat melakukan sendiri penerapannya pada website anda sendiri. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Personal Web Saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel SEM berikutnya. Apabila ada kritik dan saran silahkan hubungi kami.

Dan jangan lupa untuk share dan comment di bawah.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top