Bagi pemilik website atau developer website, SEO adalah hal yang penting. SEO sendiri merupakan singkatan dari Search Engine Optimization ( Pengoptimalan Mesin Telusur). Karena besarnya pengaruh SEO pada website maka banyak penyedia jasa SEO yang sejujurnya menjanjikan hal terlalu besar.

Saya sendiri telah mengamati dan masuk dunia SEO sejak 2006 jadi kurang lebih banyak yang bilang untuk menjadikan website ada JASA SEO nomor 1 adalah magic . Namun itu bukan magic dan tidak ada satupun yang bisa menjamin bahwa anda bisa menjadi nomor 1. Jika ada yang menjamin hal tersebut maka hanya 1 orang saja yaitu Alpha ( Code Name Server Google). Karena algoritma yang dibuat selalu ada pembaharuan.

Satu hal yang pasti adalah SEO anda akan menjadi semakin baik apabila isi content anda pun baik. Sekarang (2018) Isi Content baik = SEO baik.

Dengan banyaknya jasa SEO maka saya pun memberikan beberapa pertanyaan dasar sebelum anda mempekerjakan seorang / instansi jasa SEO, antara lain :

  1. Portofolio pengerjaan SEO Website ?
  2. Pengalaman SEO dalam bidang yang anda miliki ?
  3. Teknik SEO yang dipergunakan ?
  4. Sudah berapa lama dalam dunia SEO atau memberikan jasa SEO ?
  5. Tanyakan teknis mengenai Pedoman Webmaster Google

Meskipun banyak SEO yang memberikan layanan yang bernilai kepada klien, tapi ada beberapa SEO yang tidak bertanggung jawab yang telah mencoreng industri ini dengan tindakan pemasaran yang sangat agresif dan tindakan manipulasi hasil mesin telusur dengan cara-cara yang tidak adil. Praktik yang melanggar pedoman kami dapat menyebabkan penyesuaian yang negatif atas kehadiran situs Anda di Google atau bahkan penghapusan situs Anda dari indeks kami. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan:

Salah satu scam yang umum adalah pembuatan domain “bayangan” yang mengarahkan pengguna ke suatu situs menggunakan pengalihan palsu. Domain bayangan ini sering kali adalah domain milik SEO yang mengaku bekerja atas nama klien. Akan tetapi, jika terjadi hubungan tidak baik, SEO akan mengarahkan domain ke situs lain, atau bahkan ke domain kompetitor. Jika itu terjadi, klien harus membayar untuk mengembangkan situs saingan yang dimiliki sepenuhnya oleh SEO.

Praktik terlarang lainnya adalah memasang laman “doorway” (gerbang) yang dijejali kata kunci pada situs klien. SEO menjanjikan membuat laman lebih relevan dengan berbagai kueri. Hal ini salah karena setiap laman jarang sekali relevan dengan kata kunci yang sangat banyak pilihannya. Tetapi, yang lebih berbahaya adalah bahwa laman doorway tersebut sering kali mengandung tautan berbahaya ke klien lain SEO juga. Laman doorway seperti itu dapat mengurangi popularitas tautan suatu situs dan mengarahkannya ke SEO serta klien lainnya, yang dapat menyertakan situs yang memiliki konten tidak layak atau ilegal.

Perlu anda ingat, Tidak ada satupun jasa SEO yang bisa memberikan kepastian peringkat #1 di Google.

Sebagai informasi tambahan yang mungkin bisa anda pergunakan berikut beberapa rahasia SEO menurut Developer Google yang mungkin beberapa orang sudah ketahui, namun ada juga yang bersifat baru.

  • SEO dinilai dari hal paling kecil namun kadang tidak pernah dikerjakan. Seperti memasukkan keyword di url, di alt teks gambar, pada deskripsi gambar, pada paragraph pertama artikel.
  • SEO juga dinilai dari penggunaan bahasa asing yang terdeskripsi bagi yang memiliki multibahasa
  • Normalnya perlu waktu 3-4 bulan agar SEO anda menjadi permanen dan memperoleh benefit.
  • Menambahkan keyword di meta tag, membeli backlink dan submit backlink tidak membantu menigkatkan SEO. (New Update 2018 – Algoritma Baru)
  • Responsive website, Menu navigasi yang tampak, dan Update postingan merupakan salah satu faktor terpenting dalam meningkatkan SEO
  • Gunakan keyword yang customer cari, bukan yang perusahaan / anda ingin tampilkan.
  • Hal teknis yang mempengaruhi SEO antara lain , internal link, akses Google Bot, Penamaan URL, Koneksi Server dan Source yang dipergunakan
  • Ingin menggunakan SEO, berpikir dari segi konsumen bukan dari segi developer atau bahkan pemilik website.
  • Update April 2018 – Koneksikan seluruh akun Google dan Tools2nya kedalam website anda, mulai dari Adwords, Webmaster, Analytics dan Google Plus. Karena didalamnya sudah ada optimasi dari Google untuk SEO anda

Semoga itu bisa membantu anda dalam memilih dan menyelesaikan sedikit pertanyaan tentang SEO Website. Semoga bermanfaat

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here