Sinar Hadi Wijaya, Potensi Bisnis saat Pandemi COVID-19 – Apakah anda sedang mencari Bisnis saat Pandemi COVID-19 ? karena pastinya saat kondisi seperti ini banyak yang menjadi dampak virus korona ini. Pada artikel ini, saya kaan membahas beberapa usaha saat keadaan COVID-19 berlangsung. Usaha atau Bisnis ini mungkin bisa anda lakukan saat dirumah saja. Maka simak penjelasan mengenai Bisnis saat Pandemi COVID-19 dengan detail di bawah ini.

Bisnis saat Pandemi COVID-19

Dari beberapa bisnis maka saya akan membahas lebih detail pada bisnis yang saya sendiri berpengalaman dan / atau saya mengetahui dengan benar dan jelas apa yang ada di dalamnya.

Bisnis Digital marketing

Seperti halnya yang anda ketahui, bahwasanya saya memiliki beberapa usaha dalam dunia Digital Marketing. salah satunya adalah Raja Kreatif. Dimana bisa disebut Raja Kreatif adalah Web Developer dan Sosial Media Marketing pada lini bisnisnya.

Sebelum saya lebih jauh membahas mengenai Digital marketing, maka saya perlu menjabarkan mengenai apa itu bisnis Digital Marketing versi saya sendiri dimana saya menjalankannya selama ini.

Mari kita bedah sendiri apa dari setiap kata yang ada di dalamnya. Terdiri dari 3 kata yaitu Bisnis , Digital dan Marketing.

Bisnis

Jika menurut KBBI ( Kamus Besar Bahasa Indonesia ) maka definisi dari Bisnis adalah usaha komersial dalam dunia perdagangan; bidang usaha; usaha dagang. Namun apabila menurut saya sendiri. Bisnis adalah cara mengolah value / nilai dari sebuah barang/jasa menjadi lebih dibandingkan sebelumnya.

Karena pada hakikatnya, bisnis itu sendiri merupakan sebuah proses yang menghasilkan nilai tambah / menguntungkan. dan tentunya ada perubahan nilai / value di dalam sebuah proses bisnis tersebut.

Jadi apapun yang anda lakukan namun ada faktor menguntungkan / membuat profit, bertambahnya sebuah nilai / value dari barang / jasa tersebut dan ada 2 pihak atau lebih yang ada didalam proses tersebut maka bisa disebut dengan bisnis.

Tentunya orang yang menjalankan bisnis disebut dengan pebisnis.

Digital

Masih sama menurut KBBI maka definisi Digital adalah berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran.

Namun definisi diatas masih sangat kaku. Jika saya menyambungkan definisi digital adalah segala sesuatu yang sudah berbau dengan tekhnologi dan juga bisa jadi tidak ditemukan barangnya dalam bentuk fisik.

Contohnya adalah Virtual Account, tentunya anda paham dengan istilah tersebut, namun apakah anda dapat memegang dan mendefinisikan dalam bentuk 3D seperti apa Visual Account tersebut ?

Nah , jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan tekhnology dan perkembangan IT istilah istilah didalamnya maka disebut dengan Digital.

Marketing

Marketing merupakan terjemahan bahasa inggris dari kata Pemasaran. Pemasaran jika dijabarkan ulang adalah menawarkan produk / jasa.

Maketing sendiri bisa jadi bentuknya onlien atau offline dalam hal ini maka saya sendiri akan membahas secara detail mengenai apa itu marketing online atau nantinya disebut dengan Digital Marketing

Apa Saja Penjabaran dari Bisnis Digital Marketing ?

Kali ini saya akan memberikan penjabaran lebih detail mengenai apa saja yang dikerjakan dalam Bisnis Digital Marketing itu, karena masih banyak yang beranggapan bahwasanya Digital Marketing hanya sebagai jualan online saja. Namun sejatinya bukan itu saja yang dikerjakan sebagai Bisnis Digital Marketing.

Baca Juga :
Tips : Rahasia Penyedia Jasa SEO
9 Cara Menaikkan Peringkat Website di Google

Dari banyak yang dijabarkan mengenai Bisnis Digital Marketing maka saya gambarkan 4 bagian terbesarnya yaitu :

Search Engine Marketing

Pastinya anda melakukan pencaharian melalui Search Engine baik itu Google, Yahoo ataupun Bing dll. Nah ingin tampil di halaman paling depan dan posisi teratas adalah impian semua website.

Search Engine Marketing (SEM) ini adalah sebuah cara yang dilakukan oleh agensi untuk mengatur iklan anda membayar pada search engine tersebut dimana ditampilkan sebagai iklan.

Informasi detail mengenai Search Engine Marketing dapat anda pelajari pada link berikut klik disini.

Search Engine Optimization

Sama halnya dengan SEM ( Search Engine Marketing ) yaitu bagaimana situs anda bisa masuk ke dalam peringkat halaman pertama dan teratas, namun yang membedakan adalah proses ini dilakukan secara alami / organik.

SEO adalah teknik yang hanya bisa dilakukan oleh orang orang tertentu seiring dengan pengakamannya di dunia SEO itu sendiri.

Informasi detail mengenai Search Engine Optimization dapat anda pelajari pada link berikut klik disini

Sosial Media Marketing

Nah jika istilah ini masih awam bagi anda, maka mungkin anda sering mendengar jasa tambah followers, jasa tambah likes atau jasa view video youtube ?

Sebenarnya apa yang mereka lakukan masuk dalam kategori Sosial Media Marketing, Penjelasan lengkap mengenai Sosial Media Marketing dapat anda baca pada link berikut klik disini.

Sosial Media Optimization

Jika Sosial Media Marketing adalah Jasa maintenance akun sosial media anda dengan arus pengunjung yang organik. dengan begitu maka tertarget pula dan lebih terfokus pada apa yang anda inginkan.

Artikel detail mengenai Sosial Media Optimization dapat anda baca pada link berikut, silahkan klik disini.

Demikian yang dapat Sinar Hadi Wijaya bagikan, tentang Potensi Bisnis saat Pandemi COVID-19, dimana Bisnis Digital Marketing menjadi salah satu potensi bisnis yang bisa anda lakukan selama Pandemi COVID-19 kini. Sekian dan terima kasih telah mengunjungi Sinar Hadi Wijaya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel bisnis berikutnya. Apabila ada kritik dan saran silahkan hubungi kami

Dan jangan lupa untuk share dan comment di bawah.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top