Sebuah analogi permasalahan apabila kecil maka mudah diselesaikan dengan cepat. Namun bagaimana jika permasalahan tersebut sampai dengan bilangan yang besar. Maka diperlukan prosedur yang berisikan langkah – langkah pengurutan sehingga prosedur tersebut dapat dilaksanakan oleh unit ( komputer , manusia , robot dan sebagainya). Maka pengertian algoritma secara umum merupakan prosedur yang berisikan langkah – langkah dalam penyelesaian.

Sehingga kali ini saya mendefinisikan pengertian Algoritma adalah urutan langkah – langkah untuk memecahkan suatu masalah.

Namun banyak juga definisi pengertian lain dari algoritma dimana pada prinsipnya memiliki fungsi yang senada, antara lain :

Algoritma adalah deretan langkah – langkah komputasi yang mentransformasikan data masukan menjadi keluaran.

Algoritma adalah deretan instruksi yang jelas untuk memecahkan masalah, yaitu untuk memperoleh keluaran yang diinginkan dari suatu masukan dalam jumlah waktu yang terbatas.

Algoritma adalah prosedur komputasi yang terdefinisi dengan baik yang menggunakan beberapa nilai sebagai masukan dan menghasilkan beberapa nilai yang disebut dengan keluaran. Jadi, algoritma adalah deretan langkah komputasi yang mentransformasikan masukan menjadi keluaran.

Dalam kehidupan sehari – hari kita banyak menemukan langkah – langkah pengerjaan sesuatu. Namun itu bukan disebut dengan algoritma akan tetapi cara melakukan.

Semoga anda memahami tentang pengertian dari algoritma. Sehingga membantu anda dalam membuat program pada langkah selanjutnya. Apabila artikel ini berguna bagi anda, Silahkan like, comment dan share artikel di bawah.

 

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top