Bangga Pakai id

Bangga pakai domain .id – Ada sebuah kabar gembira nih untuk developer dan orang – orang yang menginginkan domain .id. Selain sebelumnya harga untuk domain .id pada tahun pertama sudah diturunkan maka dalam kesempatan ini ada kemudahan lain dalam hal administrasi.

Jangan khawatir karena kemudahan ini dapat anda nikmati mulai dari tanggal 1 Agustus 2017. Apa sih kemudahan yang kini dapat anda peroleh ?

Kini bagi anda yang ingin melakukan pendaftaran domain .id bisa melakukan pendaftaran tanpa perlu menyerahkan (meng-upload) dokumen identitas pendaftar.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) pada saat jumpa pers di Jakarta, Senin (31/7/2017)

Menurutnya, selama ini banyak keluhan “ Selama bertahun-tahun, pendaftaran domain .id dikeluhkan ribet dan kadang menjadi lama karena harus melampirkan salinan dokumen, “

Namun hal tersebut tidak serta merta untuk pendaftaran domain .id langsung dapat diproses. Namun masih memerlukan verifikasi oleh PANDI.

PANDI menjalin kerja sama dengan Kementerian Dalam Negeri untuk memverifikasi data pendaftar melalui single sign-on (SSO), dengan aplikasi U.ID berbasis nomor induk kependudukan (NIK).

Verifikasi juga dapat dilakukan dengan metode lain, yakni melalui e-mailmaupun telepon sebagaimana standar whois accuracy The Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN).

Penghapusan syarat unggah dokumen identitas ini akan diuji coba selama tiga bulan untuk domain .id, tanpa embel-embel tambahan di depannya atau biasa disebut apapun.id.

Adapun pendaftaran nama domain lain, seperti co.id, ac.id, net.id, sch.id, dan or.id, tetap memerlukan dokumen legalitas karena diperuntukkan bagi institusi.

PANDI selaku pengelola nama domain internet tingkat tinggi di Indonesia (registri) bekerja sama dengan 17 registrar yang menjual domain .id. Hingga 31 Juli 2017, lebih dari 242.900 domain .id telah terdaftar melalui PANDI.

Nah, semoga bagi anda yang dulu pernah kebingungan untuk upload dan kesulitan untuk administrasi maka lebih permudah. Segera daftarkan domain anda.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here