Jujur saja tidak kaget ketika membaca salah satu berita di portal berita online. Bahsawasanya pemograman akan masuk ke silabus SMK. Well kali ini akan saya bahas bahwasanya hal ini tidak semudah yang dikatakan oleh para pemikir negeri ini untuk memasukkan ke silabus SMK

Bukan melarang namun ada kalanya perlu di pertimbangkan juga lho. Kali ini mungkin akan dimasukkan ke dalam silabus SMK jurusan TKJ atau SI. Yah namun salah satu yang dibutuhkan dalam pembuatan coding adalah logika yang kuat.

Pada perkuliahan sendiri, sebenarnya untuk masuk ke dalam pembuatan coding harus melalui beberapa tahap. Seperti logika pemograman, dan basic computer. Bahkan untuk sekelas universitas sendiri dibutuhkan semester 3-4 baru dimulainya belajar pembuatan coding lho pak.

Berita yang saya kutip bahwasanya Menteri Komunikasi dan Informastika , Bpk Rudiantara mengatakan coding akan dimasukkan ke silabus Sekolah Menengah Kejuruan pada awal 2018. Dan karena itu maka Kementerian Komunikasi dan Informatika menggandeng Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Woke pak. Saya setuju sih setuju, tapi masih banyak lho hal mengenai komputer yang kurang dikuasai, contoh microsoft office. Jangankan microsoft office, troubleshooting computer saja mereka kadang masih cari di google. Padahal basicnya itu pada operating system.

Saya tidak akan menanggapi terlalu ramai mengenai ini, namun pendapat saya mengenai berita online ini semoga saja dipikirkan matang – matang. Jangan setengah – setengah alias malah nggak jadi. Karena Coding itu bukan satu bahasa pemograman saja. Tapi multi bahasa pemograman.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here