Optimasi Database WordPress Dengan Plugin  – Mungkin bagi anda yang menggunakan wordpress kurang memperhatikan mengenai database wordpress. Padahal Database juga berpengaruh terhadap kecepatan akses website / blog anda.

Mengenal Database WordPress?

Sederhananya, database adalah gabungan antara berbagai jenis informasi yang tersimpan sebagai suatu kesatuan secara sistematik dalam sistem komputer. Database memungkinkan seluruh data dapat diperiksa secara sistematis dan mudah.

Bila dikaitkan dengan database WordPress, maka struktur data mengenai postingan, komentar, URL, informasi mengenai gambar yang digunakan, pengaturan, dan lain sebagainya tersimpan dalam database.

Saat menginstall WordPress, website tidak akan bisa berjalan apabila tidak dihubungkan dengan database. Setiap website umumnya harus memiliki database.

Di dalam hosting yang Anda gunakan pun tersedia database yang tentu bisa dihubungkan dengan WordPress agar website Anda bisa benar-benar online sehingga bisa diakses secara umum.

Mengapa Perlu Optimasi Database WordPress?

Apapun data yang dihasilkan selama website Anda online akan tersimpan di dalam database. Bila Anda sudah cukup lama menggunakan WordPress, maka kemungkinan besar terdapat banya sekali data yang tidak penting atau tidak lagi terpakai yang masih tersimpan di dalam database Anda.

Sama seperti komputer, kita yang ingin meningkatkan performa komputer dan ingin menyegarkan ruang penyimpanan tentu memutuskan untuk menghapus data-data yang tidak penting atau tidak lagi terpakai, entah itu secara manual maupun menggunakan bantuan software.

Begitu juga dengan database blog WordPress, di mana data yang tidak lagi terpakai sebaiknya dibersihkan saja. Data-data yang tidak penting tersebut seperti revisi artikel yang tersimpan, komentar spam, komentar/artikel/halaman/gambar yang sudah pernah dihapus namun masih ada di dalam keranjang sampah, dan lain sebagainya sebaiknya dibuang saja.

Sebab data-data yang tidak terpakai tersebut membuat ukuran kapasitas database menjadi tinggi dan akan memakan lebih banyak resource di hosting Anda. Mengoptimalkan database WordPress artinya membuang semua data yang tidak diperlukan, mengurangi ukuran database, lebih cepat dibackup dan restore, dan tentunya meningkatkan performa database Anda.

Paling tidak ada dua pilihan yang bisa Anda coba untuk mengoptimalkan database WordPress; manual dan otomatis menggunakan plugin. Cara mengoptimalkan database WordPress secara manual bisa Anda lakukan dengan mengakses phpMyAdmin di hosting yang Anda gunakan.

Kemudian pilih database Anda dan centang semua table yang ada di dalam dengan mengklik opsi Check All. Setelah semua table tercentang, silakan pilih menu dropdown yang ada di sebelahnya dan pilih Optimize Table. Lihat gambar berikut:

Tunggu beberapa saat hingga database WordPress Anda dioptimalkan. Apabila Anda tidak ingin repot-repot masuk ke phpMyAdmin setiap kali ingin mengoptimalkan database WordPress, maka silakan ikuti metode berikutnya.

Bila metode sebelumnya Anda diharuskan untuk login ke dalam phpMyAdmin, di metode kedua ini Anda bisa mengoptimalkan database WordPress hanya dengan satu kali klik saja.

Yang perlu kita gunakan dalam metode ini adalah sebuah plugin. Silakan ikuti langkah-langkahnya:

  1. Install dan aktifkan plugin WP-Optimize.
  2. Setelah itu akses menu WP-Optimize di sebelah kiri halaman admin dashboard bagian paling bawah, dan halaman tersebut pun akan terlihat seperti ini:
  3. Ada baiknya Anda membackup database terlebih dahulu sebelum benar-benar mengoptimalkannya.
  4. Perhatikan opsi yang perlu dioptimalkan (lihat angka di sebelah kanannya), semakin banyak angkanya berarti semakin banyak table yang harus dioptimalkan.

Silakan ceklis setiap opsi yang menurut Anda perlu dioptimalkan, dan pilih opsi Run on all selected items. Prosesnya hanya sebentar dan setelah selesai, maka Anda sudah berhasil mengoptimalkan database WordPress Anda.

Jadi, ada berapa banyak data yang tidak terpakai yang berhasil Anda bersihkan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here