Mungkin banyak yang tidak mengetahui apa itu CDN ? Yah.. banyak yang mengandalkan GTMETRIX sebagai test pencaharian namun selalu pada YSlow score merah dikarenakan CDN.

Sebelum mengetahui apa itu CDN, mungkin ada baiknya anda mengetahui kepanjangan dari CDN itu sendiri. Karena mungkin banyak singkatan CDN tapi berbeda kepanjangan. Ini saya akan membahas CDN pada istilah Website.

PENGERTIAN CDN

CDN merupakan singkatan dari Content Data Network. Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Jaringan Data Konten. Dimana memiliki arti yaitu Jaringan yang khusus dibuat oleh sebuah atau beberapa provider dengan menempatkan server mereka atau menyewa server pihak lain di seluruh penjuru dunia.

Sebenarnya banyak provider yang memberikan informasi mengenai ini, namun hanya beberapa saja yang memberikan pelayanan yang maksimal, bahkan ada beberapa yang memberikan fitur gratis dan ada pula yang memberikan fitur berbayar.

TUJUAN DARI MENGGUNAKAN CDN

Sebenarnya tujuan dari CDN sendiri adalah untuk memaksimalkan dalam memberikan content website dengan lebih cepat dan lebih aman yaitu dengan cara memilih server yang terdekat dari user yang mengakses website tersebut.

Sehingga dengan memberikan akses terdekat maka secara tidak langsung akan memberikan koneksi dan durasi ping yang lebih cepat pula ketika loading data sebuah website.

BAGAIMANA CDN BEKERJA

Pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki akun CDN. Dari banyak CDN Hosting seperti Cloudflare, Akami, Amazon Cloudfront, Rackspace, CDN.Net dan lainnya, saya menyarankan menggunakan Cloudflare dimana juga disediakan fitur gratisnya.

Sebenarnya untuk mengikuti kita tinggal klik klik dan mengisi data seperti nama website, kota dan informasi lainnya mengenai website kita pada form yang sudah disediakan.

Kemudian anda tinggal masuk ke Name Server Domain anda dan melakukan perubahan nameserver sesuai dengan hasil yang sudah diberikan.

Nah, CDN Sendiri akan menentukan Server mana yang akan digunakan untuk mengantarkan content berdasar perhitungan jarak server yang paling dekat dengan user(Edge server) , Jika content dari website kita tidak ada perubahan dan sudah di cache oleh CDN maka user akan diberi content dari CDN dan jika ada perubahan content di website kita maka CDN akan mengambilkan content dari website kita dan mengantarkan nya ke user tersebut.

ALASAN MENGAPA MENGGUNAKAN CDN ?

Saya sendiri mendapatkan banyak manfaat dari menggunakan CDN, mungkin dengan merasakan langsung anda dapat mengetahui perbedaan antara sebelum dan sesudah menggunakan CDN. Namun berikut saya simpulkan beberapa alasan menggunakan CDN

  • Website Selalu Online
  • Mempercepat Akses ke Website
  • Mengamankan dari Serangan Hacker, DDos atau Spam
  • Memperingan beban server webhosting
  • Menghemat traffic bandwith
  • Optimasi website dari perangkat mobile

Nah. Semoga artikel diatas sedikit bisa menambahkan informasi mengenai CDN bagi anda yang belum mengetahuinya. Jangan lupa komentar di kolom bawah apabila ada yang ingin ditambahkan. Kemudian subcribe website saya ini dah share ke teman teman apabila membutuhkan informasi lebih lanjutnya.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here