Fungsi Header Tags pada WordPress dan SEO – Pada beberapa kesempatan diketahui banyak yang tidak mengetahui fungsi pada toolbars penulisan. Terutama apa itu Heading ? padahal heading sangat penting apagi anda para pemburu SEO.

Mungkin selain artikel yang berkualitas juga sumber yang bisa dipercaya. Hal ini pula yang secara tidak langsung saya membuat artikel mengenai fungsi header tags pada wordpress dan SEO.

Dalam pencahariannya, Google menelusuri dengan menggunakan metode berbasis metadata. Jadi dalam sebuah artikel harus memiliki struktur metada yang benar, lengkap dan mudah dikenali oleh mesin pencaharian seperti Google.

PENGERTIAN HEADER TAGS

Sekali lagi apabila anda belum membaca mengenai Metadata silahkan membaca terlebih dahulu untuk pemahaman yang lebih jelas. Kini akan saya jelaskan mengenai apa itu header tags dan apa hubunganya dengan SEO.

Header tags bisa dikatakan sebagai penanda halaman, dimana fungsinya untuk membedakan mana judul dan mana yang konten. Sehingga metadata yang diberikan berbeda beda. Hal ini yang membuat perbedaan besar antara satu artikel dengan artikel yang lain. Apabila di dalam sebuah artikel tidak ditemukan Header Tags maka bisa dipastikan bahwasanya artikelnya akan sulit dirayapi oleh spider bot sehingga sulit untuk tampil pada halaman terdepan mesin pencaharian.

HASIL YANG DIPEROLEH KETIKA MEMASANG HEADER TAGS DENGAN BENAR

Mungkin yang paling kelihatan setelah anda melakukan setting pada header tags adalah peningkatan skor pada SEO anda. Namun selain itu ada pula hal lain yang juga bisa dikatakan sebagai hasil yang bisa anda peroleh dari Header Tags.

Yaitu pembaca / pengunjung dari website atau blog anda akan nyaman dalam membaca artikelnya. Tentunya apabila anda sudah menerapkan header tags sesuai dengan proporsionalnya.

Contoh : Apabila artikel pada website / blog menggunakan tag H1 kemudian diikuti oleh tag H3, maka hirarki akan rusak dan itu artinya struktur artikel atau postingan tidak SEO. Idealnya untuk tag H1 pada setiap halaman tidak boleh lebih dari satu. Tag H1 merupakan judul, sedangkan tag H2-h6 merupakan sub judul.

unakan phrase yang mengandung kata kunci turunan pada H2-H6. Sedangkan untuk kata kunci utama yang ditargetkan tempatkan pada H1. Dengan demikian struktur artikel bisa dikatakan bagus dan siap untuk berkompetisi di mesin telusur.

Perlu diketahui bahwa tag H1 adalah bagian yang paling penting dan tidak boleh dilewati pada halaman. Perayap mesin telusur sangat memperhatikan phrase yang digunakan dalam tag H1, oleh karena itu tag H1 harus berisi deskripsi dasar konten halaman, seperti judul halaman.

 Tag judul akan memberikan gambaran yang jelas kepada pengguna tentang konten pada halaman situs, selain itu akan menjadi prioritas mesin telusur untuk menampilkan indeks hasil pencarian yang relevan . Hal ini membuktikan bahwa tag judul adalah komponen penting dalam SEO.

KESIMPULAN

Penggunaan tag judul H1 dalam artikel akan memberikan informasi dan deskripsi singkat kepada pengguna tentang konten yang akan mereka ikuti pada halaman situs.

Dengan membaca tag judul yang berbeda, pengguna dapat memindai halaman dan hanya membaca bagian yang relevan dengan pencarian mereka.

Tujuan penggunaan header tag adalah untuk optimasi SEO, bukan untuk mendapatkan font size yang lebih besar dan menonjol.

Penggunaan header tag yang ideal dapat memenangkan posisi terbaik dalam indeks hasil pencarian mesin telusur.

Semoga artikel ini bermafaat bagi anda. Jangan lupa untuk like, comment dan share artikel ini. Terimakasih

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here