.Mungkin dalam sebuah forum atau dalam sebuah group kadang kita ingin menanyakan sesuatu hal yang berkaitan dengan forum atau group itu. Nah kali ini saya akan lebih membahas mengenai etika bertanya kepada web developer atau programmer. Hal ini dikarenakan pengalaman pribadi saya yang kurang nyaman bagi saya sendiri.

Langsung saja saya berikan postingan saya di salah satu forum mengenai hal tersebut ya.

Share saja, No Bully

Saya heran dengan beberapa pemula, karena koq kita bantu malah kita disalahkan dan dipertanyakan. Apalagi kita membantu tanpa ditarik biaya.

Bukan bermaksud menjadi Mastah, namun hanya share saja. Semoga para mastah dan newbie disini memahami maksudnya secara utuh dan objektif.

Ketika kita ditanya bagaimana caranya. Maka mayoritas yang memberi jawaban berdasarkan 2 hal
1. Pengalaman pribadi
2. Mempelajari kasus dan mencari sumber lain

Sehingga menjadi wajar apabila :
1. Jawaban akan berbeda teknik jika dibandingkan dengan orang lain
2. Memberikan informasi yang hanya diketahui
3. Tidak bisa menjawab karena takut memberikan informasi yang salah
4. Memohon untuk memberikan hak akses untuk mengetahui detail permasalahan
5. Meminta penanya untuk menunggu karena harus croscheck sebelum memberikan jawaban

Nah yang menjadi permasalahan adalah. Tolong dunk jika bertanya atau minta tolong itu positif thinking, jangan emosi, Jangan mengadudomba, jangan menghakimi seenak udelnya sendiri

Saya sendiri memang tidak bekerja di perusahaan atau kerja sama orang, tapi saya juga perlu mencari nafkah dari statup yang saya dirikan sejak 2004. Jadi kurang lebih 13 tahun saya berkecimpung di dunia online.

Mungkin para mastah lain yang bekerja juga perlu fokus kepada pekerjaannya atau keluarga atau butuh kehidupan sosial.

Tolong hargai kami , dengan tidak menuduh, mengadudomba , atau negatif thinking. Jika pun ada yang memberikan tarif atas bantuannya, maka pilihan anda untuk menerima tawarannya atau menolak itu menjadi hak anda.

Maaf OOT, karena sedang terbawa emosi. Sudah ikhlas membantu dan diberikan arahan tapi malah saran saya dibandingkan dan diadu sama saran mastah lain. Bahkan ujung2nya ada kata2. “Kalo nggak mau bantu ya sudah, saya belajar sendiri jadi bisa bantu orang lain”. Geram rasanya… Dikasih tutorial yang benar, malah dikerjakan dengan cara/langkah orang lain. Ketika cara orang lain nggak berhasil disarankan gunakan cara saya dulu, jika nggak berhasil silahkan guna cara orang lainnya lagi. Malah sewot orangnya..

Saya hanya positif thinking. Mungkin anda lelah, minum air dulu ya…</>.

Sekali lagi. Saya yakin para mastah disini akan membantu jika ada yang kesulitan tapi para mastah disini yang jauh lebih hebat dari saya pastinya akan trial dan error atas jawaban yang akan diberikan. Jadi butuh waktu.
Selain itu tolong jika memberikan pertanyaan atau minta bantuan berikan data yang jelas. Entah SS jika kurang percaya terhadap reputasi mastahnya, atau jika sudah percaya silahkan memberikan hak akses dengan ijin tertentu kepada yang bersangkutan.

Terimakasih sudah membaca

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here