• Opening hours 9AM - 5PM
  • Address: Jln. Parkit BA 4 Gresik

Panduan Lengkap SEO WordPress untuk Pemula

Setelah beberapa lama saya mencoba untuk berbagi, mungkin halaman ini akan terus berkembang konten didalamnya. Dimana membahas mengenai panduan lengkap SEO WordPress untuk pemula. Tentunya setiap perkembangan / changelog akan disertakan dalam catatan halaman ini.

Halaman ini akan sangat berguna bagi Anda yang sedang dalam proses membangun dan meningkatkan kunjungan traffik website Anda secara organik dengan menggunakan SEO sebagai salah satu tekniknya. Jika benar, maka ikuti langkah – langkah dalam artikel halaman ini. Dalam halaman ini, insyaallah saya akan membagikan mengenai panduan optimasi SEO bagi pengguna CMS WordPress, tentunya bisa dipergunakan untuk pemula sehingga bahasa yang saya pergunakan adalah bahasa umum yang mudah dimengerti.

Mengapa saya menggunakan CMS WordPress untuk studi kasus kali ini, dikarenakan WordPress adalah salah satu CMS yang SEO Friendly. Yang dimaksud SEO Friendly adalah mudah dipergunakan dan dioptimasi bagi pengguna CMS WordPress tanpa harus melakukan pemograman atau memahami bahasa pemograman tingkat tinggi.

Dalam artikel ini , saya membagi menjadi 6 bagian besar mulai dari teori dasar, hingga optimasi SEO yang bisa Anda lakukan. Dimana saya rangkum dalam daftar konten berikut :


Latar Belakang

Sebelum kita memulai langkah langkahnya, maka perlu diketahui bahwasanya SEO bukanlah tools yang pasti bisa meningkatkan peringkat dan juga SEO bukanlah teknis yang diterapkan sekali kemudian berhasil. Karena dan oleh karena itu, SEO perlu dilakukan perawatan. Banyak sekali mitos yang salah kaprah mengenai SEO.

Mengenal SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia adalah Optimasi Mesin Pencari. dimana merupakan startegi yang dipergunakan oleh pemilik website untuk mendapatkan kunjungan traffik secara organik lebih banyak dengan cara meningkatkan peringkat website kita di hasil mesin pencarian.

SEO bukanlah mengenai bagaimana mengakali mesin pencarian seperti google atau sekedar teknik instan. Namun SEO adalah sebuah sistem dan pembelajaran dimana menciptakan sebuah proses untuk mengoptimalkan website baik dari sisi konten ataupun pemograman / coding dimana proses tersebut mempermudah algoritma mesin pencarian untuk menemukan konten di dalam website kita.

Tentunya kualitas yang dihasilkan dalam proses ini memiliki tujuan dan juga topik. Dimana topik tersebut pula yang menjadikan website kita unggul di hasil penelusuran. Namun sebenarnya SEO bukan cuman masalah keyword dan pemograman saja, namun juga mengenai bagaimana pengalaman dan juga target dari pengunjung itu bisa dicapai.

Rangkaian proses tersebutlah yang terjadi secara sistematis sehingga mesin pencari mengenali situs kita dan merekomendasikan pula kepada audience / pencari kata kunci..

[Kembali Ke Atas ↑]

Mengapa SEO Penting

Secara garis besar, SEO meningkatkan peringkat website kita di mesin pencari sehingga membuat semakin banyak kunjungan masuk ke dalam situs kita secara organik. Definisi organik adalah yang masuk / mengunjungi website kita memang orang yang sedang mencari kata kunci tersebut dan berkepentingan dalam mencari kata kunci.

Google dan mesin pencarian lainnya melakukan kegiatan yang disebut dengan crawl & index, yaitu melakukan perayapan pada situs kita dan mendatanya serta melakukan ranking berdasarkan rank factor dan algorima masing masing mesin pencarian.

Nah, jika situs Anda tidak dilakukan optimasi SEO, maka kegiatan crawl dan index tersebut tidak akan maksimal. Sehingga tidak masuk penilaian kualitas konten yang bagus untuk pembaca / pengunjung online. Hal ini lah yang membuat mengapa website kita tidak muncul di halaman pencarian.

Ingat, SEO bukan tentang bagaimana ada di halaman pertama sesuai kata kunci !

Sinar Hadi Wijaya

Sehingga penting bagi pemilik bisnis untuk terus melakukan pembaruan agar situs websitenya SEO friendly. Bukan hanya dari konten saja , tapi juga dari desain, pengalaman pengguna dan faktor faktor lainnya.

[Kembali Ke Atas ↑]

Konsep SEO

Sebenarnya SEO itu mudah jika kita memang menguasai website kita dan memang ingin memberikan hasil yang sesuai dengan kebutuhan. Karena sejatinya jika Anda puas dengan tampilan dan informasi yang ada dalam situs Anda sendiri maka secara SEO itu sudah bagus.

Perlu diingat, bahwasanya SEO itu bertujuan untuk memberikan informasi dan transaksi sesuai dengan apa yang dicari di mesin pencarian. Kemudian masing masing mesin penelusuran menjalankan robot crawlnya untuk merayapi satu per satu situs dan melakukan ranking pada setiap informasi yang didapatnya.

Memang beberapa hal teknis membutuhkan bantuan dari yang ahli di bidangnya seperti kecepatan loading , desain dan yang berhubungan dengan teknis. Namun kadang kala terlalu banyak fitur / keinginan ego malah menghambat memberikan informasi yang tepat kepada pengunjung website.

Maka, Jangan terlalu banyak konsep SEO yang dipikirkan, mulai saja dulu dengan hal yang mudah kita lakukan seperti konten dan juga pengalaman pengguna yang masuk ke dalam website kita.

Sejatinya SEO itu adalah pengalaman kita dalam menemukan sebuah informasi dalam website. Jika kita memberikan informasi dan pengalaman yang positif maka akan meningkatkan website kita sendiri.

[Kembali Ke Atas ↑]

Cara Kerja Search Engine

Seperti yang telah dijelaskan mengenai konsep SEO diatas, sebenarnya Search Engine atau Mesin Pencari secara dasar memiliki cara kerja yang sama di berbagai platform mesin pencari. Mulai mesin pencari data / wesbite seperti Google , Bing, dll hingga mesin pencari di platform sosial media atau ecommerce.

3 prinsip dasar yang merupakan cara kerja Search Engine adalah :

  1. Crawling
    (Menelusuri / Merayap) adalah proses yang pertama jkali dilakukan oleh mesin pencari, dimana mesin pencari menyebarkan robot crawl yang berfungsi untuk mencari, menemukan konten dan mengumpulkan data tersebut dari setiap halaman di website kita.

    Robot crawl / bot inilah yang paling penting bagi kita untuk bisa menampung banyak informasi atau biasanya disebut dengan crawl budget. Pastinya kita tidak bisa menentukan kapan bot ini bisa dan melakukan perayapan di situs kita. Oleh karena itu perlu dilakukan optimasi SEO untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
  2. Indexing
    Setelah bot kembali ke mesin pencarinya, maka mereka akan melakukan validasi dan juga menyimpan data / konten dari halaman kita tersebut ke dalam database. Proses ini disebut dengan indexing / mendata.

    Untuk dapat muncul di SERP maka website Anda harus terindex terlebih dahulu. Nantinya database index ini yang akan dipergunakan untuk rekomendasi hasil pencarian.
  3. Ranking
    Pada akhirnya perpustakaan database index tersebut harus di sortir/ diurutkan sesuai dengan niche dan kata kuncinya. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi yang tepat kepada mereka yang melakukan penelusuran di mesin pencari.

    Posisi / Ranking Anda ditentukan oleh banyak faktor yang terhitung berdasarkan algoritma mesin pencari. Tidak ada yang tau pasti rumus dari ranking ini karena ada banyak rank factor dalam menghitung dan menentukan hasilnya.

Jadi pastikan Anda memahami bahwasanya semuanya butuh proses, tidak bisa dilakukan secara instan mengingat ketiga prinsip dasar kerja tersebut juga dipengaruhi pula banyak hal seperti algoritma.

[Kembali Ke Atas ↑]

Teknik Optimasi SEO

Jika ada pertanyaan bagaimana cara / teknik optimasi SEO, sebenarnya secara garis besar dibagi menjadi 3 teknik, yaitu SEO On-Page, SEO Off-Page, dan SEO technical. Tentunya di dalamnya masih banyak lagi detail yang bisa dibahas. Namun kali ini yang akan dibahas adalah teorinya dan pemahaman dari teknis itu sendiri.

SEO On-Page

SEO On-Page adalah proses mengoptimalkan halaman halaman website mulai dari tampilan hingga keterkaitan konten di sebuah website. Biasanya juga disbeut dengan SEO On-Site.

Secara garis besar, yang berhubungan dengan tampilan dan konten yang ada di dalamnya yang dapat mengoptimalkan performa dan pengalaman pengunjung di dalam website termasuk dari optimalisasi dari SEO On-Page, seperti :

  1. Konten Situs
    Pastikan Anda rutin untuk membuat konten situs yang terstruktur, Konten yang memiliki konsep dan juga target audience sehingga selain informatif juga memberikan pengalaman dan kepercayaan dalam informasi / konten websitenya.
  2. Kata Kunci / Keyword
    Melakukan riset kata kunci, menjadi pondasi bahwasanya situs yang kita buat memang memiliki target. Kata kunci / keyword inilah yang menjadi analitik keberhasilan SEO kita.
  3. Judul Halaman / Post
    Memberikan judul halaman / post sangat penting. Tidak bisa asal saja mengisinya karena kita harus mengerti kebutuhan judul yang menarik pembaca untuk tertarik menuju halaman website.
  4. Meta Deskripsi
    Meta Deskripsi adalah elemen HTML di situs yang memberikan ringkasan singkat halaman. Dan mesin pencari seperti Google dapat menggunakannya untuk menghasilkan cuplikan (bagian teks deskriptif dari hasil pencarian). Pastikan meta deskripsi ini benar benar ringkasan dari halaman / postingan kita.
  5. Heading
    Tag Heading mulai dari H1 sampai H6 memungkinkan pengguna menelusuri halaman Anda dengan mudah. Dan hal ini membantu Google memahami struktur halaman website dan menentukan apakah laman Anda cocok dengan maksud penelusuran pengguna.

    Yang dapat membantu Anda mendapatkan peringkat lebih tinggi untuk kata kunci yang relevan. Anda dapat menggunakan kata kunci dan variasi kata kunci dalam judul untuk memberikan lebih banyak konteks kepada Google tentang struktur halaman Anda dan informasi apa yang Anda liput.

    Pergunakan H1 sebagai judul halaman atau judul Anda. Dan sertakan H2 untuk mencakup subtopik. Jika Anda perlu meliput konten lebih detail, gunakan H3, H4, dll.
  6. Permalink / URL
    Google merekomendasikan bahwasanya url website kita jangan terlalu panjang. Hal ini selain mempermudah untuk mengingat halaman website, juga karakter yang terlalu panjang hanya akan memakan banyak memory penyimpanan url.

    Menggunakan kata-kata yang relevan dengan konten Anda sehingga pengguna dapat mengetahui isi halaman Anda. Dan bukan angka acak, tanggal penerbitan, atau kalimat lengkap.

    Menggunakan kata kunci target di URL Anda adalah cara yang baik untuk memastikan URL Anda cocok dengan topik konten Anda.
  7. Internal Link
    Menghubungkan satu halaman / post dengan halaman / post lain akan memberikan referensi baik di halaman tersebut. Link yang terhubung ke dalam halaman yang sama dalam satu website juga memberikan rekomendasi dan keahlian website tersebut.

    Namun, pastikan penggunaan internal link juga harus dipikirkan juga anchor text atau text yang menghubungkan halaman lainnya.
  8. External Link
    Selain memberikan link ke dalam halaman lain dalam satu website, maka memberikan link keluar website juga direkomendasikan. Artinya artikel kita juga disupport oleh informasi dari website lainnya.

    Penggunaan external link juga sebaiknya diwaspadai, karena penggunaan yang berlebih hanya akan membuat referensi bagi situs web lainnya.
  9. Gambar / Media
    Memasukkan gambar / media dalam konten Anda meningkatkan peluang Anda mendapatkan peringkat di Gambar Google.

    Ini adalah cara terbaik untuk mendapatkan lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Cara yang baik untuk mulai mengoptimalkan gambar Anda adalah dengan menulis teks alternatif deskriptif untuk gambar tersebut.

    Alt teks / Teks alternatif adalah teks yang disertakan dalam kode HTML yang mendeskripsikan gambar pada halaman web.

    Alt teks memiliki dua tujuan utama:
    – Memberikan konteks untuk crawler mesin pencari
    – Memungkinkan orang yang menggunakan pembaca layar untuk mendengar deskripsi gambar
  10. User Enggament
    adalah tingkat interaksi dan keterlibatan pengguna dengan platform digital, seperti situs web atau aplikasi. Dalam SEO, user engagement adalah metrik penting yang mengukur apakah produk atau layanan Anda diterima dengan baik oleh audiens targetnya.

    User enggament dipengaruhi oleh banyak seperti : UI / UX Website, Warna, Penggunaan Font hingga warna yang diterapkan di website.
  11. Kecepatan Loading Website
    Tentunya kecepatan dalam membuka website / loading website sangat berpengaruh dan memiliki peran yang penting. Google sendiri menyampaikan saran bahwasanya situs disarankan terbuka secara penuh dalam waktu kurang dari 3 detik.

    Pastikan Anda melakukan audit kecepatan situs website secara berkala. Terdapat berbagai situs website yang bisa menjadi rekomendasi tools dalam melakukan audit kecepatan situs website seperti Page Speed Insight.
  12. Featured Snippets
    Featured snippet adalah suatu area khusus yang ditampilkan pada urutan paling atas dalam hasil pencarian di search engine. Adakalanya disebut position zero.

    Isi featured snippet merupakan rangkuman atau potongan bagian konten yang paling sesuai dengan keyword yang banyak dicari audiens.

    Featured snippets tidak bisa kita buat dan sebenarnya merupakan hadiah dari Google untuk konten website kita yang sudah bagus strukturnya.
  13. Struktur Data / Schema
    Ada hal yang memang harus kita lakukan penyetingan khusus untuk bot / robot crawler, salah satunya adalah struktur data / schema.

    Struktur data adalah coding yang berisikan informasi mengenai situs itu dimana mengambil / disetting berdasarkan kebutuhan halaman.

Selain 13 hal diatas juga akan beberapa poin lainnya. Poin tersebut akan kita bahas bersama nantinya. Setidaknya dari 13 hal tersebut harus Anda pahami terlebih dahulu.

[Kembali Ke Atas ↑]

SEO Off-Page

adalah aktivitas atau proses dimana bertujuan untuk meningkatkan ranking melalui jalur eksternal atau dari luar website. Dimana lebih fokus kepada ajakan dan sumber informasi dari luar yang menuju ke website / merekomendasikan website kita.

Beberapa contoh dari kegiatan SEO Off-Page adalah :

  1. Social Networking
    Menggunakan sosial media sebagai media untuk menuju ke halaman website. Umumnya diletakkan di bio profile dari sosial media tersebut.
  2. Forum
    Menulis aritkel yang ditulis dalam forum dengan memberikan referensi ulang kepada situs web. Bisa dipergunakan dalam profile member / user atau ketika menjawab pertanyaan di forum tersebut.
  3. Media Reach
    Anda bisa menggunakan layanan media berita untuk menjadi tempat menaruh berita yang berhubungan situs website Anda dengan memberikan link ke website Anda.

dan beberapa teknik SEO-Off Page yang bisa Anda pergunakan namun secara umum bukan melakukan pembelian backlink. Sejatinya sebelum melakukan hal tersebut, Anda memahami konsep dan makna dari backlink tersebut.

[Kembali Ke Atas ↑]

SEO Technical

Teknis SEO / SEO Technical adalah proses melakukan optimasi SEO website yang berhubungan dengan hal teknis seperti pemograman / coding. Secara spesifik yang berhubungan dengan SEO technical selalu dan hanya bisa dilakukan oleh spesialis yang memahami mengenai teknis pemograman dan jaringan.

Adapun cakupan dari SEO technical adalah :

  1. Hosting / Cloud Hosting / Server
  2. CMS / Content Management System
  3. Redirect
  4. Kecepatan loading website
  5. Link
  6. Rendering
  7. Tampilan Responsive
  8. Error Page
  9. Redirect Halaman

dan beberapa teknis lainnya. Termasuk di dalamnya adalah keamanan website juga. Dimana memastikan website berjalan secara normal dan maksimal.

[Kembali Ke Atas ↑]


Pondasi SEO

Melakukan optimasi SEO setelah membaca diatas mungkin akan semakin membuat Anda berpikir bahwasanya semuanya harus memiliki keahlian khusus. Namun setidaknya beberapa pengaturan dasar ini bisa meningkatkan optimasi SEO di website Anda.

Anda tidak perlu menjadi ahli / praktisi SEO untuk melakukan beberapa pengaturan berikut :

Atur Visibilitas Website

WordPress adalah salah satu CMS yang paling SEO Friendly secara bawaan pabrik. Jadi sebenarnya dengan menggunakan CMS WordPress saja Anda sudah meningkatkan performa di website.

Namun seringkali ada tombol switch yang secara instan dapat merubah apakah website kita dapat terindex di mesin pencarian atau tidak. Yaitu dengan melakukan pengaturan visibilitas website.

Pengaturan mengenai apakah website kita dapat muncul di mesin pencarian dapat dilakukan dengan cara berikut : Masuk ke Dashboard Menu -> Pilih Pengaturan (Setting) -> Submenu Membaca (Reading). Pada bagian Visibilitas Mesin Pencari (Search Engine Visibility) apabila Anda ingin terindex maka jangan dicentang.

Namun sebaliknya, jika situs website Anda masih dalam percobaan dan tidak ingin diindex maka Anda dapat centang pada checkbox “Discourage Search Engines from Indexing this Site”.

Pastikan Anda menekan tombol simpan (Save Changes) setelah Anda melakukan perubahan.

[Kembali Ke Atas ↑]

Permalink / permanent link adalah istilah lain dari alamat url posting atau halaman web Anda. Sehingga penentuan permalink ini memiliki pengaruh yang tinggi di semua aspek. Jika permalink tidak disetting dengan baik, maka akan muncul permasalahan dan akses error di website Anda.

Permalink yang SEO Friendly sebaiknya mengandung kata / keyword yang menjelaskan isi konten tersebut. Sehingga hal tersebut mudah dibaca baik oleh pengunjung atau mesin pencari.

Contoh :
https://sinarhadiwijaya.id/panduan-seo-untuk-pemula
https://sinarhadiwijaya.id/narahubung

Url diatas jauh lebih mudah dibaca dan diingat, sehingga pengunjung sudah memperkirakan isi konten dari url yang dibuat. Namun bagaimana dengan permalink yang tidak SEO Friendly?

Contoh :
https://sinarhadiwijaya.id/?p=3245
https://sinarhadiwijaya.id/4234

Contoh diatas sangat tidak merepresentasikan apa yang ada dalam konten website. sehingga pengunjung tidak dapat mengingat dan memperkirakan isi konten.

Menggunakan permalink yang SEO Friendly maka meningkatkan potensi untuk mendapatkan posisi lebih baik di mesin pencarian.

Anda dapat melakukan pengaturan permalink dengan mengunjungi pengaturan (setting) -> Permalink. Kami menyarankan untuk menggunakan opsi by Post Name. Kemudian jangan lupa untuk disimpan.

[Kembali Ke Atas ↑]

WWW VS non WWW

[Kembali Ke Atas ↑]

Mengenal Kategori & Tag di WordPress

[Kembali Ke Atas ↑]

[Kembali Ke Atas ↑]

Moderasi Komentar di WordPress

[Kembali Ke Atas ↑]

Memahami Fungsi Excerpt

[Kembali Ke Atas ↑]

[Kembali Ke Atas ↑]


Plugin SEO WordPress

Memilih Plugin SEO Terbaik

[Kembali Ke Atas ↑]

Menambahkan Sitemap

[Kembali Ke Atas ↑]

Pengaturan Robots.txt

[Kembali Ke Atas ↑]

Pengaturan Httaccess

[Kembali Ke Atas ↑]

Pengaturan Struktur Data / Schema

[Kembali Ke Atas ↑]

Pengaturan Rich Snippets

[Kembali Ke Atas ↑]


Integrasi Pihak Ke-3

Menghubungkan dengan Google Search Console

[Kembali Ke Atas ↑]

Menghubungkan dengan Google Analytics

[Kembali Ke Atas ↑]


Riset dan Analytics

Melakukan Riset Kata Kunci (Keyword)

[Kembali Ke Atas ↑]

Optimasi Blog Post untuk SEO

[Kembali Ke Atas ↑]


Speed & Security

Optimasi Loading Speed dan Performance

[Kembali Ke Atas ↑]

Optimasi Gambar

[Kembali Ke Atas ↑]

Keamanan Situs WordPress

[Kembali Ke Atas ↑]

SSL / HTTPS

[Kembali Ke Atas ↑]