Dimohon dengan sangat hormat, sebelum membaca ini untuk meredakan emosi, meminum air putih, membaca dengan perlahan kata demi kata dalam sebuah kalimat dan kalimat demi kalimat dalam paragraph. Karena beda suasana hati , beda penafsiran maka berbeda pula makna yang diambil. Apabila Anda belum siap membaca sampai dengan keseluruhan, maka ditunda saja membacanya. Jangan memotong / mengambil statement dipotong potong ya. Terima Kasih Banyak.

Sinar Hadi Wijaya – CEO Raja Kreatif Group

Artikel post kali ini mungkin akan sedikit berbeda dengan yang lain. Karena kali ini saya akan membahas yang bakalan jadi bahan pembicaraan kedepan. Bahan pembicaraan kedepan bukan berarti saya memang mensetting namun insting bisnis saya akan mengetahui bahwasanya akan menjadi sebuah topik dikemudian harinya.

Saya akan membahas dulu 5W dan 1 H dari acara WordPress Webinar AKAP, apabila ingin mengetahui nantinya dibagian bawah artikel ini ada beberapa FAQ yang saya antisipasi.

WordPress Webinar AKAP

What ( Apa )

Apa WordPress Webinar AKAP ?

WordPress Webinar AKAP adalah sebuah webinar atau seminar dimana membahas seputar WordPress dari segala pembahasan. Acaranya semi formal dimana saya sebagai inisiator bersama ke-3 rekan saya dan dibantu seluruh pembicara yang terlibat didalamnya memiliki tujuan yang sama. Yaitu misi edukasi.

Apa motif dibalik acara tersebut ?

Motif dibalik acara tersebut adalah edukasi dan bentuk menghargai , cinta dan berterimakasih panitia dan pengisi acara di event tersebut kepada WordPress dan para penggunanya. lebih jelasnya akan dibahas pada point selanjutnya.

Why ( Mengapa )

Mengapa memilih ada singkatan AKAP ?

AKAP adalah Antar Kota Antar Provinsi. Percaya atau tidak, berkat WordPress maka kami ber-3 bisa berkenalan dengan banyak orang dan bertemu dengan mereka. semuanya tidak terjadi dalam satu provinsi.

Kami untuk keperluan WordPress ke Bandung walau tak sampai lokasi karena kurangnya persiapan. ( Awal Berkenalan dengan Mas Wisnu )

Beberapa kali ke Jakarta untuk keperluan WordPress juga ( Awal berjumpa dengan Mas Satrio dan Mbak Devin, dan official bertemu dengan Mas Ivan walau sebelumnya di Meetup Jakarta pernah ketemu)

Pernah juga untuk keperluan WordPress kami harus ke Semarang naik kereta dan bertemu orang orang hebat. ( Berkenalan dengan mas Fuddin, Mas David dan tentunya Mas Kharis yang low Profile Big Prestasi )

Pernah juga untuk dengan hal yang sama ke Yogyakarta untuk mengikuti acara ( This moment ketemu dengan Mas Titis )

Pernah juga untuk keperluan WordPress kami naik mobil ke Solo , Malang tentunya Surabaya juga. ( Bertemu dengan mas Wara dan Mas Yos Beda di Solo, Malang dengan Narwastu , Surabaya tentunya dengan Mas Tony, Mas Frenavit dan tentu awal2 dengan mas Thoriq)

Pernah juga untuk mengenalkan WordPress selama sebulan harus bolak balik Gresik – Madura untuk mengajarkan WordPress ke pedalaman, saya bangga karena beberapa dari mereka bulan depan ( Juli 2020) akan bekerja di Raja Kreatif untuk mengembangkan skill WordPress mereka ( Disini awal ketemu dan berkenalan dengan Mas Sofal )

Dan alhamdulillah merekalah yang selama ini di balik layar membantu untuk mewujudkan acara ini dengan menjadi pembicara pertama. Perjalanan Antar Kota Antar Provinsi inilah yang menjadi inspirasi saya menamai dengan AKAP.

Mengapa mengadakan Event tersebut ?

Kembali ke dasar saya yang basicnya adalah seorang pengajar, yaitu memanfaatkan pertemanan dengan mereka untuk bersama memberikan informasi dan edukasi mengenai WordPress.

Yups, saya menggunakan kata memanfaatkan karena memang saya nantinya akan mengambil keuntungan dari ilmu dan pengalaman mereka untuk dibagikan secara cuma – cuma atau gratis tanpa mereka dibayar sedikitpun.

Sampai dengan update artikel ini , tidak ada satupun dari mereka yang dibayar ataupun sponsorship yang masuk pun belum ada yang berbentuk uang. Seluruh pendanaan mulai berlangganan tools, sampai kaos para pembicara dan panitia semua dari kantong pribadi panitia. Jikalau nantinya ada sponsorship berbentuk fresh money , sepakat untuk didonasikan bagi korban COVID-19 di Indonesia.

Who ( Siapa )

Siapa Dibalik Layar WordPress Webinar AKAP ?

Jika dibilang belakang layar, saya sangat berterimakasih kepada 3+2 orang yang masuk ke teamwork saya ( 3 = Intinya Bang Sahril, Dek Aris, Mas Abil + 2 orang support system ). Namun selain itu juga ada support para teman – teman pembicara dan rekanan yang ikut serta mempromosikan acara ini.

Siapa Pembicara WordPress Webinar AKAP ?

Daftar pembicara bisa dilihat di website Raja Kreatif sih, namun beliau – beliau ini adalah personal – personal yang sering kita lihat membantu menjawab komentar ketika ada yang bertanya di Group WordPress Indonesia, sebagian lagi adalah yang bekerja di balik layar sebuah theme / plugin.

When ( Kapan )

Kapan mulai dipersiapkan ?

Ini dipersiapkan satu hari setelah Solo WordPress Meetup. Spontanitas namun karena visi dan misi sama maka semua sepakat dan bismillah berjalan lancar.

Kapan akan diadakan event tersebut ?

Bismillah diadakan pada 27-28 Juni 2020 , Informasi silahkan dilihat di website raja kreatif.

Where ( Dimana )

Dimana bisa event tersebut berlangsung ?

Acara ini berlangsung di live streaming youtube dan facebook milik Raja Kreatif

How ( Bagaimana )

Bagaimana cara mengikuti event tersebut

Follow saja Fanspage Raja Kreatif dan Subscribe Youtube Raja Kreatif.


FAQ dan PERMASALAHAN YANG TERJADI

Kali ini saya akan membahas pertanyaan yang mungkin akan ditanyakan oleh beberapa orang. Dimohon untuk memahami posisi dan keadaan. Saya hanya ingin semua bersama dengan visi dan misi yang sama yaitu memberikan edukasi kepada pengguna WordPress Indonesia.

Apakah Event ini mengikuti Code Of Conduct / Kode Etik Komunitas WordPress ? ( Mohon dibaca dengan Seksama )

Jika yang dimaksud adalah https://make.wordpress.org/community/handbook/wordcamp-organizer/planning-details/code-of-conduct/ diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia https://wp-id.org/kode-etik-komunitas-wordpress-indonesia/ maka secara tegas saya menjawab IYA. Acara ini mengikuti point point tersebut.

Dimana saya tekankan dan baca dari artikel tersebut sebagai berikut :
– Bersikap baik, sopan, dan kolaboratif.
Tidak melakukan tindakan atau ucapan yang bersifat merendahkan, mendiskriminasi atau menghina.
– Peka terhadap lingkungan sekitar, sesama anggota dan peserta. Jika Anda melihat adanya situasi yang berbahaya atau seseorang yang sedang membutuhkan pertolongan, harap segera memberitahu penyelenggara.
– Ikut berpartisipasi dengan sungguh-sungguh dan aktif.
– Perilaku yang tidak diperkenankan meliputi: intimidasi, pelecehan, penghinaan, diskriminasi, tindakan yang merugikan atau merendahkan orang lain yang dilakukan oleh setiap peserta dan anggota di komunitas WordPress, serta kegiatan sejenis.
– Pelecehan meliputi: komentar kasar yang berhubungan dengan gender, orientasi seksual, ras, agama, disabilitas; penggunaan gambar telanjang dan/atau gambar seksual yang tidak pantas untuk ruang publik (termasuk dalam dokumen presentasi); intimidasi yang disengaja, menguntit atau mengikuti secara diam-diam; pelecehan melalui foto atau rekaman; gangguan atau interupsi terus menerus pada waktu kegiatan berlangsung; kontak fisik maupun pandangan seksual yang tidak pantas.

Dimana apabila ada peserta live webinar bahkan pembicara yang melanggar akan dikenai sanksi sesuai kode etik yaitu :
– Siapa pun yang melanggar Kode Etik Komunitas WordPress Indonesia diharapkan untuk segera menghentikan perilaku yang tidak diperkenankan, ketika diminta. ( Moderator akan melakukan teguran langsung kepada ybs )
– Jika seseorang melakukan perilaku yang tidak diperkenankan, penyelenggara berhak mengambil tindakan yang dianggap pantas, termasuk mengeluarkan yang bersangkutan dari ruang komunikasi atau lokasi kegiatan WordPress diselenggarakan. ( Moderator sebagai control webinar akan mengeluarkan dari forum online bahkan jika pembicara melakukan pelanggaran)

Apakah Event ini termasuk dari acara Komunitas WordPress samahalnya dengan Meetup / WordCamp ?

Acara ini bukan event yang diselenggarakan Komunitas WordPress Indonesia. Namun diselenggarakan oleh Raja Kreatif.

Hal ini dikarenakan beberapa hal dimana saya menghormati “The Five Good Faith Rules ” dan selama acara ini berlangsung menampilkan iklan / promo dan secara tidak langsung membahas sponsorship yang “ketika” acara berlangsung.

Saya sendiri sebagai event organizer meetup memahami benar mengenai hal tersebut diatas. Walaupun acara ini saya yang mengadakan namun entitas saya sebagai CEO Raja Kreatif.

Mengapa harus ada Kode Etik yang diterapkan.

Sebuah event atau acara tidak akan berjalan lancar tanpa adanya panduan. Dan jika anda membaca dengan jelas kode etik tersebut tanpa tendensi apapun maka tidak ada yang salah dengan kode etik Komunitas WordPress, bahkan membuat komunitas tumbuh sehat. Jika Anda bermasalah dengan hal tersebut, maka maslaahnya bukan pada kode etik, namun ada pada personal Anda sendiri.

Sesuai dengan Kode Etik sampaikan pada point 7.

7. RUANG LINGKUP
Kami berharap semua pihak: penyelenggara, relawan, anggota, sponsor, pembicara, pengunjung, dan peserta untuk mematuhi Kode Etik Komunitas WordPress Indonesia di semua ruang komunikasi, dan kegiatan apa pun yang diadakan oleh komunitas WordPress di Indonesia.

Saya pun ingin acara yang saya rekam, adakan dan bagikan ilmunya ke semua yang melihat, mendengar dan menerapkannya itu berjalan baik, sopan dan kolaboratif. Sehingga mohon kerjasamanya.

Mengapa kok pembicaranya orang orang itu mas ?

Alasan utama, merekalah orang orang yang selama ini berkontribusi nyata menjawab sebagian pertanyaan di Group WordPerss Indonesia, Mereka pula memiliki background pengalaman dan pengetahuan di bidangnya masing.

Saya melihat seseorang bukan saja dari satu sisi kepribadian namun juga dari sisi nilai kebergunaannya kepada orang lain.

Ex : Saya mengenal seorang yang introvert. Bahkan tidak ada yang kenal ybs, hanya sebuah nama di bagian credit sebuah film. Tentunya tidak ada salahnya jika saya mengajaknya jadi narasumber berbagi pengalaman handel film tersebut. Masalah dya introvert gak pernah ngomong depan publik maka jadi tugas saya sebagai moderator nantinya.

Ex : Saya memiliki teman seorang pemabuk di malam hari, namun pada saat kerja sebagai programmer yang bersangkutan bisa professional bahkan hasil kerjanya sangat bagus. Betapa egois dan tololnya saya sebagai dosen tidak menjadikan ybs sebagai dosen tamu di kelas informatika ketika saya berkesempatan. Saya tidak membahas ybs sebagai pemabuk di kelas mahasiswa saya. Namun ybs memberikan motivasi, pengalaman, edukasi kepada mereka. Saya yakin mereka yang dewasa bisa memahami positif dan negatifnya. Namun selama di kelas saya sebagai dosen tamu saya ybs wajib mengikuti aturan yang berlaku di kampus saya. Diluar kampus itu adalah hak asasi yang bersangkutan.

semoga kedua penjelsan saya tersebut bisa menjawab pertanyaan anda.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top