Kali ini saya akan membahas mengenai hal yang umum terjadi di dalam pembuatan website. Salah satunya yang paling menjadi perdebatan adalah lebih memilih tampilan design atau membuat website anda menjadi SEO Page yang handal. Karena sebenarnya kedua hal tersebut berbeda jauh baik dari tampilan maupun score SEOnya.

Alasan saya membuat artikel ini adalah karena ada 2 hal teknis sudut pandang yang berbeda antara developer dengan pemilik website. Dimana Developer hanya bisa memilih memaksimalkan design atau SEO sedangkan pemilik website ingin keduanya. Oleh karena itu sering menjadi dilema dalam pembuatan website.

Dari sudut pemilik website maka pasti ingin websitenya memiliki design yang bagus sekaligus jika dicari di mesin pencarian google maka muncul di paling atas atau minimal di halaman pertama dari mesin pencaharian google tersebut dengan kata kunci / keyword yang diinginkan.

Sedangkan dari developer websitenya maka tenatu memiliki pertimbangan sendiri. Dimana pertimbangannya dalam pembuatan website antara lain loading time, besarnya ukuran gambar, tampilan gambar dan pastinya SEO dimana bukan hal mustahil dilakukan oleh developer untuk semua aspek tersebut terpenuhi namun pasti ada yang paling prioritas. Dan semua developer pasti tau bahwa prioritas antara design dan SEO tidak bisa digabungkan.

Sekarang jika ingin kita membandingkan, mana dulu SEO atau tampilan website. Maka sebenarnya mudah saja. Kita lihat dulu fungsi dari website itu sendiri.

Jika website itu memang untuk company profile, blog, personal web atau informasi berita maka bisa dikatakan design menjadi faktor utama yang harus didahulukan. Karena semua tipe website tersebut merupakan tipe website yang mendahulukan tampilan yang informatif dan bukan bersifat konsumtif.

Berbeda halnya dengan tipe website seperti e-commerce atau website marketing / sales sebuah produk. Pastinya ingin sekali bahwa ketika orang mencari dengan keyword yang diinginkan maka websitenya akan muncul pertama dan orang menghubungi. Baik tampilannya bagaimana yang penting loading cepat dan tampil di nomor satu google.

Jadi bagaimana solusinya ?

Sebenarnya mudah saja untuk mengatasi owner / client yang memang menginginkan design sebagai faktor yang juga menentukan namun SEO juga naik. Yaitu patuhi beberapa aspek untuk meningkatkan SEO atau agar website anda diindex di google. Kemudian jangan lupa share tentang website anda. Pastinya nanti akan banyak yang pengunjung dan Google pun dengan algoritmanya bisa menaikkan website anda ke peringkat pertama atau minimal halaman pertama

Jangan khawatir pula apabila kesulitan, maka anda bisa menggunakan Google Adwords / berbayar untuk membuat website anda di halaman pertama bahkan paling atas di mesin pencaharian Google.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang sedang membuat website atau para developer yang memberikan jasa pembuatan website seperti saya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here