17 Cara Setting SEO Website

Advertisement

Sinar Hadi Wijaya, SEO Website Basic – Bagi Anda yang memiliki website pastinya akan membaca dengan detil artikel ini. Karena saya akan membahas 17 cara setting SEO website. dan ini merupakan ilmu dasar ketika kita ingin mengoptimalkan website kita pada mesin pencaharian dan mendapakan traffik organik dengan keyword yang kita targetkan.

Dimana untuk Setting SEO Website level pemula ini ditujukan untuk dasar / pondasi agar bisa muncul di mesin pencaharian seperti Google.

SEO Website

Berikut adalah 17 cara setting SEO Website berdasarkan pengalaman saya sebagai SEO Analyst selama ini. Apabil ada tambahan atau koreksi mohon disampaikan di kolom komentar ya kawan.

Advertisement
  1. Pastikan HTTPS pada Website Anda

    Lets Encrypt SSL

    Hypertext Transfer Protocol Secure adalah ekstensi dari Hypertext Transfer Protocol. Ini digunakan untuk komunikasi aman melalui jaringan komputer, dan banyak digunakan di Internet (sumber). Nah tentunya sebelum Anda melakukan instalasi website dengan basis CMS WordPress maka sebaiknya melakukan instalasi sertifikat SSL terlebih dahulu.

    Bagaimana caranya ? Secara gratis apabila anda menggunakan CPanel maka anda bisa menggunakan Let’s Encrypt SSL.

    Kemudian ketika melakukan instalasi WordPress pastikan bahwasanya protocol yang anda pilih adalah ” https:// ” agar bisa secara langsung tanpa menggunakan plugin pihak ketiga.

  2. Setting Permalink Pada Website

    Sinar Hadi Wijaya - Permalink

    Setelah melakukan Instalasi, maka selanjutnya yang perlu diubah adalah permalink website. Untuk melakukan perubahan dalam WordPress, Anda dapat melakukan perubahan dari menu Setting – Permalink.

    Pada Settingan permalink sebaiknya diubah dalam setting Post Name. Hal ini untuk mempermudah title dari postingan anda masuk ke dalam slug url.

  3. Setting Zone Waktu, Format Tanggal dan Waktu.

    General Setting WordPress

    Memperbaiki TimeZone, format tanggal dan waktu memang tidak mempengaruhi secara besar ( Bahkan tidak ada efeknya dari scoring ) namun dari segi UI dan UX sangat berpengaruh. Ingat SEO itu organik jadi bagaimana pengunjung merasa nyaman dan terpuaskan dengan situs Anda.

  4. Aktifkan Search Engine Visibility

    Sinar Hadi Wijaya - Search Engine Visibility

    Nah, ini jangan sampek di centang ya. Karena kalo yang satu ini dicentang malah nggak bakalan diindek sama Google.

  5. Perbaharui Update Service

    Update Service

    Jika ada yang belum tau apa itu update service, berikut adalah potongan penjelasan update service :

    “Update Services are tools you can use to let other people know you’ve updated your blog. WordPress automatically notifies popular Update Services that you’ve updated your blog by sending a XML-RPC ping each time you create or update a post. In turn, Update Services process the ping and updates their proprietary indices with your update. Now people browsing sites like Technorati or Sphere can find your most recent posts!” (Sumber).

    Nah Sebaiknya diisi nih semua update servicenya. Jadi makin maksimal nih websitenya.

  6. Install Plugin SEO WordPress

    RankMath SEO

    Nah, sebaiknya jika Anda memang kurang ahli dalam SEO, maka ada alat bantu. Salah satu yang saya pergunakan adalah Plugin RankMath.

    Bakalan ada pertanyaan. Kenapa RankMath bukan Yoast SEO ?

    Untuk kali ini, saya bisa jawab seusai dengan implementasi dan pengalaman saya beberapa saat ini.
    1. Free alias gratis.
    2. Sinkrom dengan saya punya page builder yaitu Elementor
    3. Fiturnya juga lebih lengkap dibandingkan Yoast SEO
    4. Efeknya jauh lebih cepat dan kelihatan dibandingakn Yoast

    Namun kembali lagi, bagaimana setting dan optimasi lebih yang membedakan. Kembali lagi ke bagaimana Anda sebagai Supir dari Website Anda.

  7. Setting Sitemap Website

    Sitemap adalah peta dalam sebuah website. Begitulah saya menganggapnya. Karena mau tidak mau, robot crawl yang masuk ke dalam website kita perlu diarahkan ke mana saja dan sebagai apa saja didalam website kita. Sehingga perlu disetting untuk perihal yang satu ini.

  8. Sinkronisasi dengan Google Analytics

    Google Analytics

    Google Analytics layanan gratis dari Google yang menampilkan statistik pengunjung sebuah situs web. Google Analytics dapat menelusuri pengunjung berdasarkan informasi halaman pengacu, termasuk mesin pencari, iklan, jaringan pay-per-click, email marketing, dan juga tautan yang terkandung dalam dokumen PDF. Wikipedia

    Fungsinya untuk mengetahu statistik dan traffik dari website kita nih. Sehingga kita bisa tau nih apa yang perlu di optimalkan dari mempelajari Google Analytics website kita sendiri.

  9. Sinkronisasi dengan Google Search Console

    Google Search Console

    Google Search Console merupakan layanan gratis yang disediakan oleh Google untuk para webmaster. Layanan ini berfungsi untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan. Wikipedia

    Lakukan pendaftaran dan sinkronisasi dengan akun Google Anda dengan Situs Website Anda.

  10. Tambahkan Schema Markup

    Schema Markup adalah suatu bentuk microdata yang digunakan untuk menanamkan metadata HTML terstruktur (“data tentang data”) dengan konten halaman web yang ada untuk memberikan informasi tambahan serta pengalaman browsing yang lebih kaya bagi pengguna atau dapat kita kenal dengan istilah Rich Snippets.

    Jadi Schema Markup ini membantu mesin pencaharian untuk mengerti informasi dalam sebuah halaman. Istilahnya mempermudah bot crawler mendapatkan informasi lebih dan dimengerti oleh mesin pencarian besar yaitu Google, Microsoft, Yandex, Bing atau Yahoo!

  11. Optimasi Gambar

    Sebaiknya lihat resolusi bahkan yang paling penting adalah ukuran dari gambar yang Anda masukkan ke dalam website. Tentunya jangan lupa memasukkan ALT IMAGE juga dengan keyword yang dikejar.

  12. Disiplin Posting / Membuat Konten

    Tentunya update posting ini menjadi sebuah pedoman ketika membuat konten. Hal ini membuat adanya perkembangan dalam website. Tentunya pengunjung pun suka dengan hal tersebut.

    Pastikan pula untuk masih dalam satu niche untuk keterkaitan artikel di dalamnya.

  13. Perbaiki Snippet data semua URL

    Sinar Hadi Wijaya - Snippet URL

    Snippet URL adalah tampilan ringkasan jawaban yang ada dalam kolom cuplikan di bagian atas halaman hasil penelusuran Google (SERP). Kolom cuplikan ini berisi jawaban yang diringkas dari web page, tautan ke halaman, judul halaman, maupun URL.

    Biasanya orang hanya melakukan setting default . Namun percaya atau tidak disini juga berpengaruh penting. Selain ada keyword didalamnya juga bisa kita tambahkan klik bait paragrah yang membuat orang tertarik masuk ke dalam situs kita.

  14. Submit URL

    Submit URL

    Nah, Tentunya apabila sudah terkoneksi dengan Google Search Console maka perlu dan wajib apabila setiap kali memposting sebuah artikel baru dimasukkan urlnya ke Google Search Console nih.

  15. Audit SEO

    Sinar Hadi Wijaya - Ubbersuggest

    Tentunya yang perlu dilakukan adalah Audit lagi SEO nya. Masalahnya adalah bagaimana melakukan Audit SEO di website kita yang gratis.

    Pergunakan Ubersuggest , anda bisa menggunakan secara gratis dan terus menerus melakukan riset keyword, Audit SEO bahkan sampai check dan re-check dengan kompetitor.

  16. Optimasi Loading Speed

    Salah satu Scoring untuk SEO Website kita naik adalah Kecepatan Loading Website.

    Untuk Member Sintramedia minimum loading speed adalah 5 detik, Raja Kreatif minimum loading adalah 3 detik, dan VIP Raja Kreatif minimum loading dibawah 1 detik. Kenapa berbeda ? karena beda harga beda layanan.

    So, kembali ke topik bahwasanya setelah semua diatas maka loading time itu penting, di Indonesia dengan jaringan 4G maka sebaiknya dibawah 5 detik.

  17. Marketing

    Pernah saya mendapatkan ilmu dari mas Ryan Kristo Muljono ( kunjungi websitenya ) Bahwasanya boleh SEO Content is King, namun juga butuh Queen dalam permainan catur. Queen ini adalah marketing.

    Percuma juga memiliki barang yang bagus namun tidak dimarketingkan juga. Hanya menjadi burung dalam sangkar emas. Yang hanya berkicau disekitar namun tidak bisa menarik perhatian.

    Jadi jangan berhenti pada SEO Website saja, namun juga dipasarkan atau disampaikan ke publik seluas luasnya. Ingat semua butuh pengorbanan yang jelas dari awal.

Baca Juga :
3 hubungan Bisnis dengan SEO

Demikian yang dapat saya bagikan mengenai 17 cara setting SEO Website . Nah settingan ini masih secara garis besar saja agar bisa Anda pelajari lebih lanjut dengan menghubungi saya kembali.

Sekian dan terima kasih telah mengunjungi website saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel SEO berikutnya.

Leave a Comment