Seperti janji pada artikel sebelumnya, maka sekarang akan membahas 9 cara meningkatkan ranking website di Google. Namun sebaiknya anda  membaca mengenai 18 cara meningkatkan pagerank.

Karena akan ada saling berkaitan agar website anda menjadi top search di google.

Setelah itu anda dapat melanjutkan membaca 9 cara meningkatkan ranking website di Google. Tentunya seluruh langkah ini sebagai pelengkap berdasarkan riset.

Apalagi Google telah memperbaharui algoritma yaitu Google RankBrain Algorithm.

Tanpa panjang lebar, berikut adalah 9 cara meningkatkan ranking website di Google

  1. Solusi lebih baik daripada Deskripsi
  2. Pergunakan Formula OBP
  3. Pergunakan Eksternal Link
  4. Pergunakan Internal Link
  5. Tambahkan Multimedia
  6. Optimasi Judul
  7. Pergunakan Semantik SEO
  8. Perbanyak Komentar
  9. Perbanyak Sharing

Pastinya anda berpikir ini semua hanya sebuah gimmick untuk meraih pengunjung, namun tidak bosankah anda dengan artikel yang memberikan tips hanya di permukaan saja ?

Seluruh informasi pada postingan ini sebenarnya berdasarkan pengalaman. Kenapa pengalaman karena RankBrain sendiri juga “sebagian” dari banyaknya algoritma Google. Dan tentunya akan kita bongkar satu per satu.


Solusi lebih baik daripada Deskripsi

Salah satu teknik Google dalam menaikkan ranking website adalah dengan mesin penelusuran.

Jika orang suka dengan artikel anda, maka peringkat anda naik.

Namun jika tidak maka sebaliknya.

Dan pada dasarnya, semua orang yang mencari di google hanya untuk satu hal. Yaitu mencari solusi dari apa yang mereka cari.

Contoh kasus :

Jika anda mengetikkan kata kunci “Alexa rank” pada mesin pencaharian google. Maka bukan penjelasan mengenai alexa rank yang anda inginkan namun lebih kepada bagaimana cara meningkatkan alexa rank pada website anda seperti gambar di bawah ini

cara meningkatkan alexa rank pada website juli 2018Berikan langkah demi langkah pada website anda untuk meningkatkan lama pengunjung membaca artikel anda. Namun artikel anda harus bermutu juga

Jadi jika konten anda bermutu dan dipilih oleh pencari maka google akan meningkatkan peringkat website anda.


Pergunakan Rumus  OBP

Apa itu Rumus OBP ?

OBP merupakan singkatan dari On Based Precentage. Jika dikaitkan dengan konten anda maka rumus OBP ini bisa mengurangi bounce rate pada website anda.

Apa itu Bounce Rate Website ?

Jika ditranslate ke bahasa indonesia, berarti Rasio Pentalan. Kasarnya adalah rasio / perbandingan orang yang mengakses website anda.

Jadi bounce rate tinggi sangat berbahaya, oleh karena itu kita harus tau penyebab bounce rate tinggi dan harus mengurangi persentase bounce rate tersebut.

Mengapa perlu mengurangi bounce rate pada website ?

Karena jika Bounce Rate Website anda tinggi maka google akan menilai bahwasanya artikel atau konten dalam website anda tidak bermutu. Dan berimbas pada penurunan ranking website anda.

Solusi untuk mengurangi bounce rate tinggi pada website ?

Pergunakan Rumus OBP.

Sebenarnya rumus OBP sangat simple, namun kadang lupa untuk menerapkannya. Padahal fungsinya sangat bagus untuk mengurangi bounce rate website

Berikut adalah rumus OBP

  1. HASIL
    Berikan informasi kepada pembaca anda pada paragraph pertama mengenai hasil yang diperoleh ketika mereka selesai membaca dan menerapkan artikel yang dibaca
    Karena dengan memberikan apa yang mereka cari di awal maka mereka akan tertarik dan membaca pada paragraph berikutnya :
  2. KEUNTUNGAN
    Setelah adan memberikan informasi hasil , maka berikan mereka keuntungan lain dari membaca konten anda
    Karena dengan keuntungan lebih, maka pembaca akan semakin tertarik dan yakin pada isi dari konten anda
  3. DEKSRIPSI
    Tentunya setelah itu berikan deskripsi solusi mengenai hal yang mereka inginkan. Berikan penjelasan yang lengkap. Dan seperti artikel saya sebelumnya bahwasanya pembaca ingin mendapatkan konten yang lengkap bermutu dan tidak separuh separuh.

Jadi OBP atau On Based Precentage adalah bagaimana anda menempatkan berapa persen di awal anda membuat mereka tertarik pada isi konten anda.

Ingat, jika anda langsung memberikan solusi, maka mereka hanya menjadi pengunjung web musiman bagi anda. Tentunya anda ingin meningkatkan pengunjung website juga selain mengurangi bounce rate pada blog atau website anda.


Pergunakan Eksternal Link

Seperti yang dibahas pada artikel sebelumnya mengenai optimasi gambar untuk SEO bahwasanya kita harus banyak link ke website dengan authority tinggi.

Berikan link website anda ke beberapa website dengan kunjungan tinggi dan akurat seperti wikipedia, amazone, dan beberapa website lainnya dengan authority tinggi.

Karena google menelusuri bahwasanya kita memberikan backlink kepada website dengan Page Authority tinggi sehingga menjadi sumber referensi tersendiri.

Berikut adalah video untuk tracking eksternal link bagi Ecommerce


Pergunakan Internal Link

Tentunya apabila ingin meningkatkan ranking website di Google, kita harus support semua artikel di dalam website kita.

Maksudnya bagaimana ?

Support berarti anda harus memberikan link pada artikel yang memiliki deskripsi lebih detail, sehingga google pun mengetahui bahwa informasi yang anda berikan tersebut lebih akurat pada website anda sendiri.

Ilustrasi dari cleverlittledesign.co.uk

Anggap saja sebuah kesatuan maka satu website terdiri dari beberapa postingan dimana saling melengkapi informasi maka bounce rate pada website anda pun semakin rendah.

Untuk informasi mengenai internal link bisa anda ikutin di sini


Tambahkan Multimedia

Mana yang lebih suka dibaca orang, buku yang hanya penuh dengan teks atau buku disertai ilustrasi ?

Sama halnya dengan website. Website yang pengunjungnya meningkat adalah website yang disertai dengan multimedia stuff. Seperti gambar, video, grafik, atau ilustrasi lainnya.

Menurut studi bahwasanya konten yang disertai dengan minimal 1 gambar setiap 200 kata menjadikan lebih bermutu dibandingkan tidak ada gambar sama sekali.

Namun jangan hanya mengambil gambar kemudian tidak mengoptimasi gambar tersebut ya. Anda harus optimasi gambar tersebut agar meningkatkan rating SEO pada website anda.

Sumber : meningkatkan gambar  untuk seo


Optimasi Judul dengan CTR

Sudah tau kan , kalo google sangat memprioritaskan kenaikan ranking berdasarkan mesin pencaharian. Dimana website yang paling banyak di klik tersebut maka otomatis juga semakin naik peringkatnya ?

Maka apa yang dilihat pertama kali oleh para pencari di google ?

Yang mereka lihat pertama kali adalah judul konten anda.

Jika anda tidak melakukan optimasi judul sebagai salah satu faktor untuk meningkatkan traffik blog atau traffik website anda maka anda sudah kehilangan organik traffik

Jadi berikut adalah beberapa tips yang dipergunakan agar meningkatkan CTR pada website anda

  1. PSIKOLOGI WAKTU
    Bagi saya, anda mencari di google, karena anda ingin hasil yang cepat. Dan para pencari di google sudah tidak sabar ingin mendapatkan jawabannya atau mendapatkan solusinya segera.
    Sehingga sangat bermanfaat jika memberikan timeline bahwa artikel anda menghasilkan lebih cepat jawaban atau solusi yang mereka cari.
    Karena itu, berikan kata yang berhubungan dengan waktu pada judul anda. Seperti Juli 2018 pada artikel ini
  2. PERGUNAKAN ANGKA PADA JUDUL
    Beberapa hasil pencaharian yang tinggi umumnya mencantumkan angka pada judulnya.
    Seperti hasil pencaharian untuk keyword “ meningkatkan SEO di Google ” di bawah ini:
    cara meningkatkan SEO di Google
    3 hasil pencaharian paling atas selalu menggunakan angka dalan judulnya untuk mendapatkan lebih banyak klik dibandingkan yang tidak menggunakan angka.
    Dan secara statistik bahwasanya menggunakan angka yang ganjil lebih banyak di klik dibandingkan angka genap.

Jadi kombinasi keduanya merupakan hal yang paling mujarab untuk meningkatkan CTR pada judul anda dan secara tidak langsung meningkatkan ranking website di google.


Pergunakan Semantik SEO

Sudah menjadi hal umum jika anda harus mencantumkan beberapa keyword anda pada konten, seperti pada judul, permalink, bahkan beberapa di pargraph.

Namun, jangan masukkan semua keyword yang anda targetkan pada satu konten. Karena hal tersebut bukan menaikkan ranking website anda dan google sudah tidak menggunakan cara tersebut untuk meningkatkan ranking website.

Sekarang untuk membuat algoritma Google paham bahwasanya konten kita lebih baik daripada orang lain maka pergunakanlah SEMANTIC SEO

Intinya adalah Semantic SEO membuat Google memahami bahwasanya artikel anda tidak hanya memiliki keyword tunggal.

Dan agar memahami bahwasanya artikel anda lebih bermutu maka pergunakanlah related keyword, related words, bahkan related phrase yang mendukung keyword utama anda.

Caranya adalah :

Ketika kata utama anda di Google. Misal dalam studi kasus saya ini adalah “ meningkatkan trafik website “

meningkatkan trafik pengunjung websiteKemudian scroll kebawah untuk menentukan related keyword, related phrase, related words.

mendapatkan related keyword, meningkatkan ranking websiteMaka anda pun menemukan beberapa keyword yang terkait dengan penelusuran anda. Yang anda lakukan kemudian adalah memasukkan beberapa kata tersebut kedalam konten anda. Namun bukan hanya memasukkan tapi jadikan paragraph tersendiri untuk setiap related keywordnya.

Atau anda bisa menggunakan Google Suggest, caranya masukkan keyword anda dalam google.co.id kemudian anda akan menemukan beberapa saran dari google untuk keyword anda.


Perbanyak Komentar

Apakah komentar membantu banyak dalam menjadikan top search di Google ?

Jawabnya pasti, bahkan terdapat artikel dari mantan karyawan Google yang memberikan informasi bahwasanya komentar menjadi salah satu faktor pendukung meningkatnya traffik pengunjung di website anda

Jika memang komentar menjadi salah satu bagian menjadi top search di google.

Bagaimana mendapatkan komentar yang banyak pada website anda ?

Maka berikut adalah 2 hal yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan komentar yang banyak pada website anda.

  1. Balas setiap komentar yang masuk
    Dengan membalas komentar, maka membuat pengunjung anda semakin nyaman dan membuat Google berpikir bahwasanya website anda bukan hanya teks dan multimedia saja. Namun juga komunitas yang berkembang.
  2. Buatlah kesimpulan yang menjadi 2 arah
    Biasanya pada akhir kesimpulan anda hanya memberikan kesimpulan secara utuhnya saja tanpa berkomunikasi dengan pembaca anda. Maka mereka pun hanya melakukan respond dengan komentar yang umum seperti
  • “Artikelnya bagus kak”
  • “Terimakasih atas sharing ilmunya”
  • “Ijin share kak”, dsb

Buatlah mereka untuk saling interaksi dengan anda maka dengan demikian mereka pun rajin mengikuti perkembangan website anda sehingga meningkatkan ranking website pada google.

Maka jangan lupa ya untuk komentar dibawah mengenai artikel ini atau silahkan berlangganan artikel saya secara GRATIS hanya dengan mendaftarkan email anda  :

[newsletter_signup_form id=1]


Perbanyak Sharing      

Sebenarnya teknik ini tidaklah khusus lagi, namun kali ini saya akan memberikan sedikit informasi dan tutorial bagaimana caranya untuk sharing melalui twitter ?

Mungkin anda sudah tau bahwasanya Google tidak menggunakan Social Media Sharing sebagai penentu Ranking website anda (Saya taunya pun dari webinar di Youtube dari Mantan Karyawan Google)

Namun tidak dipungkiri bahwasanya orang suka berbagi / sharing informasi melalui social media. Dan hal tersebut bisa kita manfaatkan.

Mengapa Twitter ?

Jawabannya ada di sekitar kita. Para pemimpin negara kita pun sering adu argumen, adu politik bahkan sampai aduk kritik melalui twitter.

Laporan kepolisian hanya karena tweet pada twitter pun semakin merajalela. Jadi mengapa sekarang anda malah meragukannya ?

Pergunakan Sharing kutipan anda untuk meningkatkan kewaspadaan follower atau orang orang yang ada di sekitar anda agar bisa menjangkau lebih banyak.



Nah.. Bagaimana dengan pengalaman ketika meningkatkan ranking website di google versi anda ?
Apakah anda sudah mencoba cara tersebut , Jika ada kendala atau kritik dan saran silahkan untuk memasukkan komentar dibawah ini ya

Atau

Silahkan Berlangganan Newsletter dari website saya ini di

[newsletter_signup_form id=1]

10 COMMENTS

  1. artikel yang sangat menarik yang sebagian sudah saya terapkan dan sebagian adalah ilmu yang baru buat saya. Kalau web saya toko online untuk mengurangi bounce ratenya
    1. lebih baiknya tampilan produk setiap halamannya 5 saja atau 10 (misal). asumsi saya kalau di halaman 1 ada 5 foto produk yg dijual orang masih penasaran untuk melihat ke hal berikutnya. Tapi kalau saya kasih 10 foto produk pembeli mungkin tidK MELIHt ke halaman berikutnya (tapi itu asumsi saya )
    2. mengenai diskripsi produk selama ini saya copy paste dari diskripsi produk sya sebelumnya cuma diedit sedikit untuk bahan kainnya,ukuran, motif dstnya. ( karena hampir setiap hari ada banyak item produk )
    menurut Mas Hadi baiknya bagaimana ya?
    terima kasih.

    • Terimakasih pak ,

      • Pertimbangan bagi saya lebih ke user experience. Maka saya lebih baik 5 produk. Namun disertai dengan tombol next / previous.
      • Dipertimbangkan adalah kecepatan akses website dan detail dari produk
      • Selain itu, dengan 5 produk membuat mempersempit pilihan mereka dan segera memutuskan pembelian
      • Saya selalu ketik ulang dengan gaya saya pak, contoh jualan powerbank saya , walau spesifikasi sama namun saya tambahkan review dan detail. , selain itu istilah online hindari plagiat, karena customer selalu mencari informasi dari beberapa sumber. Jika sama maka besar kemungkinan bounce rate dan mencari info lain
      • SEO untuk E-Commerce itu sedikit lebih banyak daripada artikel pak, karena kerjanya double, yaitu memaksimalkan website dengan artikel dan memaksimalkan penjualan dengan SEO. Insyaallah barusan kepikiran memberikan tips SEO untuk E-Commerce juga.
  2. artikel yang bagus mas hadi.

    kalo untuk bounce rate memang sih blog saya tergolong tinggi mencapai 80%

    ssya agak kurang paham sama OBP

    mungkin mas hadi bisa lebih menjabarkan tentang cara mengurangi bounce & tentang OBP

    terima kasih

    • Awalnya bounce rate saya sendiri tinggi sebelum 2 artikel terakhir saya, bahkan sampai 70%, namun sekarang turun (update hanya 40%) dan semoga bisa turun lagi.
      Formula OBP itu hanya rumusan persentase. Mungkin ini bisa lebih detail lagi untuk praktek di lapangannya

      • Semua orang buka website pasti baca paragraph pertama.
      • Jika paragraph pertama itu bukan hasil yang dya cari, maka zonk. dya akan cari yang lain
      • Setelah benar – benar paragraph pertama adalah yang dya cari akan lanjut ke paragraph kedua
      • Disini pembaca akan lebih yakin dengan membaca manfaat dari artikel ini
      • Setelah itu baru paragraph berikutnya adalah deskripsi

      Berikut adalah studi kasusnya :

      • Anda mencari “Cara meningkatkan alexa rank “
      • Maka pragraph pertama adalah bagaimana anda memberikan introduksi hasil dari meningkatkan alexa rank, yaitu website anda terkenal
      • Paragraph berikutnya adalah manfaatnya, yaitu anda bisa mendapatkan banyak pengunjung
      • Baru paragrah berikutnya adalah deskripsi mengenai langkah2nya
  3. istilah online hindari plagiat contohnya seperti apa ya pak?
    untuk detail produk dan review produk apa juga mengikuti kaidah artikel? misal 1000 kata atau lebih?
    terima kasih banyak masukannya, saya sangat tunggu artikel tips seo toko online karena jarang banget yg bahas SEO utk toko online

      • Contoh kasus plagiat menurut beberapa orang adalah copy paste artikel dengan kemiripan diatas 80%.
      • Untuk detail produk tidak perlu sampai 1000 kata pak, itu disarankan untuk artikel
      • Dalam kasus website bapak, 60% deskripsi berasal dari copy paste. jadi google tidak memprioritaskan per produk.
      • Perbanyak artikel pembahasan dengan semantic SEO yang berhubungan dengan niche bapak. Pastinya itu lebih efektif

      Insyaallah pak, saya ini masih belajar dan mengikuti informasi yang ada dari pengalaman beberapa orang juga. Mohon doanya untuk bisa segera diselesaikan.

  4. Halo mas hadi, artikelnya sangat bermanfaat.

    Saya mau nanya, cara cek bounce rate dimana ya? dan berapa persen bounce rate yang aman bagi blog?

    Terimakasih

    • Terimakasih banyak 😀
      Untuk check bounce rate sebaiknya mealalu Google Analytics.
      Pastinya websitenya sudah dikoneksikan dengan akun Google Analystics dan Websmaster ya sebelumnya.

      Bounce rate aman itu dibawah 50 persen, semakin sedikit bounce ratenya maka semakin bagus pulsa konten dan kualitas dari websitenya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here