Sebenarnya berhubungan dengan security, maka salah satu yang sering dihadapi adalah membuat password yang aman. Dalam hal ini seringkali kita tidak memperhatikan betapa pentingnya hal ini. Dimana ini adalag salah satu faktor penentu keamanan website atau akses kita.

Mungkin banyak yang mengira password yang aman adalah password yang panjang dan tidak beraturan / random. Ada benarnya juga namun ada beberapa faktor pula yang bisa membuat kita aman dengan password yang mudah juga. Berikut adalah beberapa tips membuat password yang aman.

  1. Jangan menggunakan password yang umum
    Kesalahan umum adalah menggunakan password seperti tanggal lahir, angka berurutan ,dan kombinasi nama. Mulai sekarang jangan pergunakan password seperti itu ya kawan. Karena selain mudah ditebak oleh orang – orang sekitar kita juga akan terlalu nyaman dengan password tersebut.
  2. Gunakan password yang berbeda untuk setiap akun
    Masih ada hubungannya dengan point pertama. Apabila kita sudah terlalu nyaman dengan satu password maka secara tidak langsung kita akan menggunakan password yang sama untuk akun kita yang lain. Jadinya pun mudah sekali ditebak apabila satu point akses user sudah bisa diakses maka yang lain pun mudah diakses.
  3. Menggunakan kombinasi Angka dan Huruf
    Nah kali ini yang mungkin bisa diterapkan. Yaitu menggunakan kombinasi angka dan huruf sehingga membuat keamanan password anda akan semakin tinggi.
  4. Menambahkan Simbol ke dalam password
    Jangan lupa pula untuk menambahkan sedikit simbol seperti !@#$%^&*()_+ kedalam password anda.
  5. Semakin panjang semakin bagus
    Mungkin ini ada sedikit tabel yang mungkin bisa anda pertimbangkan untuk meninjau seberapa panjang password anda yang akan berbanding dengan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memecahkan passwordnya.

    Panjang passwordWaktu yang dibutuhkan
    9agcZ16 menit
    9agcZE5 jam (18X lebih lama)
    9agcZEM3 hari (14x lebih lama)
    9agcZEM74 bulan (40X lebih lama)
    9agcZEM7H26 tahun (78x lebih lama)
    9agcZEM7Hq“berabad-abad”


Sebenarnya kembali lagi kepada bagaimana kita menginginkan seberapa secure akun yang ingin diakses. Usahakan pula jangan memberikan password akun anda ke orang lain. Terutama password akun email utama dan social media anda.

Baca Juga ” Apa yang diperlukan ketika membuat website

Semoga artikel ini berguna bagi anda. Dan jangan lupa untuk like, komentar dan share artikel ini agar berguna bagi anda dan orang – orang di sekitar anda. Terimakasih

Sinar Hadi Wijaya

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here