Sinar Hadi Wijaya, Bagi beberapa yang sedang mencoba untuk membuat website pastinya akan mencari informasi mengenai cara install WordPress, Baik itu melakukan install WordPress Manual di Localhost atau install WordPress di hosting .

Baca Juga : Cara Install WordPress di CPanel

Adapun beberapa file dan tools yang harus dipersiapkan sebelum anda melakukan Instalasi WordPress di Localhost :

  • File WordPress yang terbaru, untuk informasi lebih lanjut silahkan klik disini.
  • Aplikasi XAMPP yang berfungsi sebagai server lokal. Silahkan download disini.

Nah, setelah itu. Maka silahkan Anda untuk melakukan instalasi XAMPP pada komputer atau laptop. Apabila sudah melakukan instalasi maka silahkan ikuti langkah – langkah di bawah ini :

Time needed: 45 minutes.

Cara Install WordPress di Localhost / Offline.

  1. Persiapkan file dan tools yang sudah didownload.

    Sebelumnya maka persiapkan dulu kedua file diatas, yang bisa anda unduh secara gratis. Dan pastikan anda sudah melakukan instalasi XAMPP sebelumnya pada PC / Laptop Anda.

  2. Copy File WordPress di folder “htdocs”

    Copy file ke folder htdcos Masuk ke dalam folder XAMPP dan masuk ke dalam sub folder “htdocs“. Dan kemudian paste file yang diunduh dari WordPress.Org tersebut ke folder ini.
    Kemudian ekstrak file yang ada didalamnya.

  3. Ubah Nama Folder sesuai dengan Nama Situs Website.

    Langkah 3 - Ubah Nama Folder sesuai dengan Nama Situs Wesbite

    pastikan setelah itu anda mengubah nama folder yang sebelumnya “WordPress” menjadi “Blogku” . Nama Folder “Blogku” adalah nama url yang nanti akan dipanggil di browser Anda.

  4. Membuat database di PhpMyAdmin

    Masuk ke

    PHPMyAdmin, kemudian buat database baru. Dalam membuat database dimohon untuk mengingat username dan password databasenya, karena nanti akan dikoneksikan dengan WordPress.Membuat Database di PHPMyAdmin

  5. Buka link url di Browser

    Setelah Anda membuat database, maka skrg akan mengakses website secara Offline. Dikarenakan sebelumnya menggunakan folder “Blogku” maka untuk mengakses adalah http://localhost/blogku.

  6. Pilih Bahasa Situs Web


    Nah , Pilih Bahaa Indonesia kemudian klik continue. dan apabila tidak ada kendala maka klik “Let’s Go” pada langkah selanjutnya.

  7. Lengkapi Setting Database

    Kemudian saatnya Anda membuka kembali catatan pada poin 4. Karena sekarang adalah langkah untuk memasukkan data seperti Database Name, Username dan Password yang tadi sudah kita buat sebelumnya.

    Kemudian untuk kolom Database Host silahkan diisi dengan localhost.

    langkah selanjutnya klik submit.

  8. Lakukan Proses Instalasi WordPress

    Langkah 8 - Proses Instalasi WordPress

    Nah, langkah persiapan sudah selesai, maka langkah selanjutnya adalah instalasi WordPress itu sendiri. Silahkan klik Run the Installation.

  9. Memasukkan data Admin Situs Web

    Langkah 9 - Cara Install WordPress input Admin Situs Website

    Nah , Pada langkah ini maka yang harus dilakukan adalah mengisi data lengkap WordPress anda. Seperti Nama Website, Username dan Password Super Administrator dan Email Akun Anda.

    Untuk kolom Search Engine Visibility pastikan untuk tidak dicentang.

  10. Finalisasi Instalasi

    Langkah 10 - Finalisasi Instalasi

    Nah, selesai sudah langkah membuat Situs Web dengan CMS WordPress.

Jadi, 10 langkah cara instalasi WordPress di localhost ini hanya secara garis besar. Mungkin seiring dengan perkembangan banyak teori yang ada. Semoga saya bisa update apabila ada info terbaru.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top