Mungkin bagi para blogger wordpress sudah mengenal apa itu gravatar. Namun tidak mengetahui cara membuat dan fungsi gravatar itu sendiri. Bahkan tidak dapat dipungkiri bahwasanya masih banyak yang tidak memiliki gravatar ketika memberikan komentar pada komentar blog lainnya.

Nah kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara membuat dan fungsi gravatar itu sendiri.

Penjelasan Gravatar.

Gravatar sendiri merupakan singkatan dari Globally Recognized Avatar. Dimana merupakan penggambaran diri / avatar yang dikaitkan dengan email penggunanya yang bisa dipakai dimanapun CMS / Web Application yang sudah support dengan gravatar. Jadi secara tidak langsung garavatar merupakan identitas anda melalui foto profil.

Kapan gravatar muncul ? Biasanya gravatar muncul pada saat anda menggunakan email yang sebelumnya terdaftar pada blog / website atau forum yang mendukungnya seperti wordpress.

Fungsi Gravatar.

Tentunya dengan gravatar dapat memberikan informasi tentang diri anda. Hal ini berguna untuk mengidentifikasi anda pada blog / web / forum tertentu. Dan hal ini pun menghemat akses dan waktu anda ketimbang harus berulang kali upload foto anda pada avatar dan membangun profile anda kembali.

Cara Membuat Gravatar 

Nah setelah mengetahui fungsi gravatar. Kini akan saya beritahukan bagaimana cara membuat gravatar tentunya bagi anda pengguna wordpress. Namun sebelumnya persiapkan dulu email dan foto profile yang akan anda pergunakan.

  1. Silahkan kunjungi http://en.gravatar.com kemudian klik Get Your Own Gravatar.
  2. Masukkan email anda pada kolom yang disediakan dan klik next.
  3. Buka email anda dan check email konfirmasi dari gravatar
  4. Login ke akun gravatar anda.
  5. Nah setelah itu tinggal anda upload foto yang akan menjadi gravatar anda.

Namun ada hal yang perlu anda ketahui untuk rating pada gravatar sebagai berikut :

  • G rated: cocok untuk semua tipe website dan semua tipe pengguna.
  • PG rated: gravatar yang digunakan memiliki isyarat atau gestur yang sifatnya kasar, provokatif dari segi berpakaian, dan sedikit bersifat kasar.
  • R rated: gravatar yang digunakan bersifat senonoh dan keras, adanya ciri-ciri kekerasan intens yang tersirat di dalamnya, foto telanjang, atau foto yang berhubungan dengan aktivitas narkotika.
  • X rated: gravatar ini sungguh tidak layak muncul di publik, terlebih di website manapun karena berisi pornografi yang ekstrim dan kekerasan yang sangat mengganggu.

Selesai. Kini anda dapat melakukan posting dan komentar tanpa harus upload ulang terus foto profile anda. Silahkan klik like, share dan comment pada kolom dibawah ya. Agar semua bisa terbantu dengan artikel ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here