9 Tips memilih nama domain yang tepat

Advertisement

Sinar Hadi Wijaya 2020, Tips Memilih nama domain yang tepat – Bagi Anda yang ingin memiliki sebuah website, pastinya membutuhkan sebuah domain. Nah … bagaimana caranya kita bisa menentukan sebuah nama domain yang bisa menggambarkan mengenai website yang akan kita buat sangatlah penting. Kali ini saya akan mencoba menjabarkan 9 Tips memilih nama domain untuk website Anda.

Sebelumnya, pastikan anda sudah membaca artikel sebelumnya mengenai pengertian domain. Tujuannya agar Anda memahami apa itu pengertian dan mengapa harus ada domain di website.

Advertisement
Tips Memilih nama domain yang tepat

Berikut 9 Tips Memilih nama domain yang tepat untuk website Anda :

Tips berikut berdasarkan atas pengalaman saya pribadi, sehingga akan terus saya update nantinya jika ada deskripsi tambahan ataupun ada link terkait.

  • Pergunakan Nama Domain yang mencerminkan bisnis atau niche website.

    Yang sangat utama adalah bagaimana anda memikirkan nama domain yang anda pilih mencerminkan bisnis atau jenis website Anda. Jika masih tersedia atas nama brand maka segera tentukan berdasarkan nama brand tersebut. Pikir ulang apabila akan menggunakan nama domain yang terlalu spesifikasi atau khusus, karena hanya akan mempersempit pengunjung Anda.

    Saya ambil contoh apabila bisnis Anda sepatu dengan merk “Adidas” maka sebaiknya nama yang dipergunakan Tokoadidas.com atau AdidasStore.com.

    Jangan pergunakan terlaku khusus nama domain seperti TokoSepatuPriaAdidas.com, karena tidak menuntut kemungkinan selain sepatu pria, juga ada sepatu wanita atau anak anak, bahkan ada kemungkinan juga Anda menjual Kaos Kaki atau Souvenir Adidas lainnya.

  • Nama Domain Pendek, Padat, Mudah diingat dan diketik.

    Pergunakan nama domain yang jumlah karakternya kurang dari 14 karakter. Hal ini untuk memudahkan orang untuk mengingat nama domain yang Anda miliki.

    Dan pergunakan istilah atau anonim apabila kata yang dimaksudkan terlalu panjang, Dalam poin ini intinya adalah kembali ke pada Anda sebagai pemilik website apakah mudah mengingatnya dan mudah mengetiknya.

    Ejaan yang EYD lebih baik dan disarankan apabila bukan sebuah brand atau nama layanan maka sebaiknya ditulis dalam bahasa Indonesia.

  • Manfaatkan Teknik Keyword on Domain

    Apa itu Teknik Keyword on Domain ? Yaitu anda menaruh kata kunci pada nama domain Anda.

    Seperti contoh apabila kita ingin menembak kata kunci “Properti Gresik” maka anda bisa menggunakan nama domain propertigresik.com. Hal tersebut juga akan mempermudah orang untuk mengingat nama domain Anda.

  • Pastikan Nama Domain sama dengan Sosial Media

    Saya mengambil contoh ketika mengambil nama website untuk Raja Kreatif yaitu rajakreatif.com dimana saya sendiri kecolongan karena nama akun instagramnya sudah dimiliki orang lain, sehingga ada yang menjanggal ketika mempublikasikan akun sosial medianya.

    Hal itu nantinya juga mempengaruhi calon pembeli kita yang bahkan bisa tidak jadi melakukan transaksi atau membaca website kita, malahan membeli di akun website orang lain yang namanya mirip dengan kita.

    Oleh karena itu, nama domain sebaiknya disamakan dengan akun sosial media lainnya, sehingga akan mempermudah Anda dan pengunjung untuk mengingatnya.

  • Hindari menggunakan tanda sambung dan angka

    Sebaiknya Anda mengurangi dan menghindari tanda sambung seperti (-) / dash untuk dijadikan nama domain. Selain itu juga jangan menggunakan angka pada awalan nama domain atau tengah nama domain.

  • Perhatikan target audience website / bisnis Anda.

    Perhatikan siapa target audience bisnis / orang yang mengunjungi website. Karena tidak semua audience atau pengunjung website Anda memahami istilah yang Anda Pergunakan. Dan saya pun bisa membuktikan hal tersebut.

  • Pergunakan Ekstensi Domain yang umum atau tertarget.

    Apa itu ekstensi domain?

    Ekstensi domain adalah kata yang berada di sebelah kanan dari nama domain. Biasanya terdiri dari 2-3 karakter. Contoh : .com , .net , .org , .id ( Di Indonesia terdapat banyak sub domain untuk domain .id dengan berbagai keperuntukannya seperti .co.id , .my.id , .web.id dan lannya )

  • Cek ketersediaan Nama Domain

    Jika saya pribadi selalu melakukan list nama-nama domain berdasarkan prioritas terlebih dahulu. Apabila sudah mendapatkan minimal 5 nama dengan lolos verifikasi poin – poin diatas, maka saya melakukan check nama domain di situs rumahweb.com.

    Mengapa saya memilih provider tersebut, karena memang jenis ekstensi domain yang disediakan sangat lengkap. Baik itu nama domain lokal atau nama domain internasional dengan harga yang wajar atau terjangkau. Tidak ketinggalan pula sering ada promo nama nama domain yang harganya sangat murah.

  • Jangan tunda membeli nama domain

    Jika sudah ada nama domain yang cocok dan tersedia , maka jangan ditunda untuk memilih nama domain dan ekstensinya tersebut. Hal ini karena nama domain yang sudah dibeli oran lain tidak bisa kita take over dalam waktu dekat. Minimal durasi untuk bisa take over adalah satu tahun ( dengan asumsi tidak diperpanjang oleh pembelinya lho… )

    Oleh karena itu nama domain karena sifatnya unik maka segeralah membeli nama domain tersebut selagi tersedia.

Baca Juga :
Pendaftaran Domain .ID

Demikian yang dapat saya bagikan mengenai Tips Memilih Nama Domain, dimana semua penilaiannya dikembalikan kembali kepada Anda sebagai pengambil keputusan. Apabila Anda mudah mengingatnya dan terngiang2 maka nama domain itu bagus untuk Anda.

Sekian dan terima kasih telah mengunjungi website saya, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel Website berikutnya.

1 thought on “9 Tips memilih nama domain yang tepat”

  1. Pingback: Pendaftaran Domain .id - SEO Analyst, WebDev & Consultant

Leave a Comment