Niche Website

Artikel ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi tentang niche website. Dimana setiap kali bertemu dengan rekan , mitra atau dalam sebuah komunitas yang berhubungan dengan pembuatan website selalu ada pertanyaan ini.

Pertanyaan yang pasti akan dipikirkan dengan matang karena ini adalah dasar dalam pembuatan website.

Pastinya akan dibingungkan dengan satu hal ini yaitu mengenai Niche Website.

Apa itu Niche Website ?
Niche bisa dibilang adalah Garis Besar atau Tema atau Topik apa yang akan dibahas di website tersebut. 

Tentunya hal ini harus dipikirkan awal ketika membangun sebuah blog atau website. karena keseluruhan isi dan konten dari webiste / blog tersebut harus sesuai dengan niche yang awal. 

Memang beberapa kasus website / blog nichenya adalah gado – gado. 

Definisi Niche gado – gado ini adalah dalam satu website / blog terdiri dari banyak sekali niche. Biasanya hal ini pada website pribadi, news atau berita, atau sekedar blog. Sehingga dalam dan tujuan pembuatan websitenya memang terdiri dari berbagai niche.

Mengapa Niche menjadi Penting ?
Sebenarnya hal niche memberikan identitas kepada website / blog itu sendiri. Namun sebenarnya niche ini lebih berpengaruh kepada bagaimana mesin pencaharian seperti google, bing, dll untuk membaca dan mengindeks website anda. 

Secara umum juga berpengaruh kepada SEO (Search Engine Optimization) dari website. Dimana SEO sendiri sangat berpengaruh pada posisi website anda dalam mesin pencaharian dan bagaimana mudahnya website atau artikel didalamnya ditemukan oleh pencari informasi.

Berdasarkan hal tersebut, maka berikut saya sampaikan langkah – langkah atau cara membuat niche:

23 Cara Meningkatkan Ranking Website #1 Google 

Deskripsi di bawah ( klik point diatas )

Pertanyaan Seputar Niche, Silahkan Klik Disini

Nah, Berdasarkan 9 Teknik Membuat Niche Blog / Website yang menarik tersebut maka seharusnya anda bisa memilih mana yang tepat dipergunakan.

Namun perlu dipikir panjang ya, karena sesungguhnya ini nanti untuk jangka panjang minimal 1 (satu) tahun kedepan.

niche website

Seperti yang disampaikan pada www.nichepursuits.com pada conclusionnya ada beberapa hal yang bisa menjadi perhatian anda ketika anda memiliki website / blog dan bingung mencari niche yang bagus, antara lain

  • Anda masih bisa sukses online, Anda hanya perlu bekerja. Mungkin Anda membutuhkan waktu lebih lama sekarang, tetapi ada banyak bisnis yang mulai online setiap hari.
  • Konten lama tampaknya mendominasi Google saat ini. Tidak masalah apa yang Anda jual, tetapi jika Anda ingin peringkat yang baik di Google – Anda perlu memberi Google topik yang diteliti dengan baik.
  • Selalu ada ruang untuk lebih banyak kompetisi. Cerahkan diri Anda jika perlu – ada orang di luar sana yang membuat enam angka dari situs web tentang tanaman sukulen.
  • Jangan mengejar uang. Uang itu baik, tetapi jika Anda ingin benar-benar mengembangkan bisnis Anda, fokuskan pada nilai. Semua situs web ini unik karena memberikan banyak nilai. Nilai pertama, uang kedua.

Atau anda dapat menggunakan beberapa tools seperti

Terimakasih.


F.A.Q

Frequently Asked Questions


Apa itu Niche Website ?

Niche adalah Tema, Topik Atau Garis Besar Pembahasan yang akan diterapkan pada sebuah website / blog.

Apa saja contoh Niche Website ?

Sebenarnya banyak sekali niche website karena berbagai hal bisa dijadikan niche. Berikut adalah beberapa niche yang bisa anda jadikan solusi :
– Teknologi ( IT )
– Fashion dan Beauty (Kecantikan)
– Travelling, Backpacker dan Tempat Wisata
– Kesehatan
– Review
– Otomotif
Bisnis (Entrepeneur)
– Keuangan / Asuransi (Ekonomi)
– Properti
– Kuliner / Food
– Religi
– News / Berita


Menentukan Tipe Blog / Website Anda

Hal paling utama dan wajib diketahui dulu dalam membuat website adalah apa tujuan anda membuat website itu ? Karena itu akan sinergi dengan pilihan niche yang bisa anda pilih. 

Seperti contoh, anda ingin membuat website untuk perusahaan tour & travel maka niche yang harus dibahas adalah seputar travel dan tour.

Saya sendiri membagi menjadi beberapa tipe niche. Yaitu Bisnis, Personal/Blog , Review/news, Ecommerce

Kenali tujuan awal anda membuat website dari situ anda akan mengetahui garis besar niche apa yang cocok diterapkan pada website atau blog anda tersebut.

Bukan melarang tipe niche gado gado terkecuali untuk news atau berita. Karena anda harus mendapatkan traffik yang sesuai dengan niche secara organik

 

Menyesuaikan dengan Keahlian Penulis

Kemudian niche tentunya berhubungan konten atau artikel yang ada didalamnya. Dalam hal ini kita akan bahas bagaimana penulis dan konten yang ditulisnya

Keahlian penulis di dalam menulis artikel agar niche sesuai adalah copywriting. 

Copywriting adalah teknik dimana tulisan atau hasil kata kata yang anda rakit dapat menarik pembacanya. Dalam hal ini copywriting yang dimaksud adalah pemilihan kata dan ajakan untuk transaksi atau tetap membaca bahkan kembali lagi pada halaman anda. 

Pelajari bagaimana copywiritng untuk meningkatkan keahlian anda dalam menulis

 

Tidak Mengikuti Arus

Terlalu banyak yang mengikuti arus. Arus yang saya maksudkan adalah ikut – ikutan dalam menentukan niche website. 

Hanya karena melihat teman atau rekannya yang sukses dengan niche tersebut, kadang kita ingin mengikutinya. Padahal belum tentu kita dapat mengimbangi informasi yang disajikan dalam konten tersebut. 

Seperti salah satu point yang disampaikan oleh Doug Cunnington, PMP pada websitenya nichesiteproject bahwasanya apabila anda hanya ikut-ikutan karena sesuai yang trending maka kenali terlebih dahulu diri anda sendiri. 

It turns out that most people who start niche sites quit within the first three months.

 

Menggunakan Niche Abadi

Check Trend

Berdasarkan Bisnis / Hobby yang dijalankan

Melakukan Diferensiasi Niche

Mengaitkan nice dengan CPC / BPK Adsense

Disiplin dan Kapasitas Penulis

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here