Sinar Hdi Wijaya, 8 Cara Agar Cepat Dipanggil Interview Kerja | Apakah Anda tahu tentang cara agar cepat dipanggil interview kerja?, Jika Anda belum tahu beruntung sekali Anda bisa menyimak artikel ini. Karena pada artikel kali ini, kami akan membahas tentang cara agar cepat dipanggil interview kerja. So, yuk mari kita simak bersama beberapa penjelasan mengenai cara agar cepat dipanggil interview kerja secara jelas dan lengkap dibawah ini.

Efektif! Cara Agar Cepat Dipanggil Interview Kerja

8 Cara Agar Cepat Dipanggil Interview Kerja

Mendapat pekerjaan bukan hal yang mudah di zaman sekarang. Kadang-kadang pelamar perlu melakukan beberapa wawancara sebelum akhirnya diterima satu perusahaan. Hal tersebut tentunya menyita waktu dan membuat mental sedikit down. Jika Anda ingin cepat diterima kerja dengan satu kali wawancara, penting untuk serius mempersiapkan diri sebelum bertemu HRD.

Setelah selesai mengenyam pendidikan formal, Anda mungkin ingin langsung dapat bekerja. Sayangnya, mendapatkan kerja tanpa pengalaman kerja sebelum terkadang adalah hal yang cukup sulit. Tapi jangan sedih, karena ada beberapa cara jitu untuk cepat dipanggil interview yang bisa lakukan.

1. Cantumkan keahlian

Saat melamar kerja dan menginginkan posisi yang sesuai dengan keahlian yang Anda miliki, Anda harus dapat menjelaskan secara spesifik keahlian yang dimiliki. Sebutkan juga software atau alat kerja apa yang dikuasai.

Misalnya, jika ingin melamar sebagai akuntan, Anda harus menjelaskan kemampuan Anda dalam proses pembukuan keuangan serta keahlian dalam program komputer akuntasi. Dengan begitu, tim penyeleksi akan mengetahui potensi yang dimiliki dan Anda layak dipertimbangkan untuk diterima kerja.

2. Jadikan media sosial sebagai portofolio

Di era canggih seperti sekarang, banyak pencari tenaga kerja yang memeriksa latar belakang kandidat dari aktivitasnya di media sosial. Karena itulah, jika ingin cepat dapat pekerjaaan, pastikan akun media sosial Anda digunakan untuk hal-hal yang positif.

Anda juga dapat memanfaatkan akun media sosial Anda tersebut sebagai media portofolio. Contohnya, jika Anda memiliki blog, isi blog Anda dengan artikel artikel yang membangun atau karya-karya yang pernah Anda buat.

3. Berteman dengan HRD via Linkedin

Anda bisa mencoba untuk berteman atau terkoneksi dengan tim sumber daya manusia atau human resources development (HRD) di LinkedIn. Staf maupun kepala HRD biasanya membagikan informasi lowongan kerja melalui status yang mereka tulis.

Anda pun bisa melihat kualifikasi yang mereka butuhkan, dan kesesuaiannya dengan kemampuan Anda. Dengan demikian, Anda bisa mempersiapkan diri dengan baik.

4. Minta rekomendasi

Jika sebelumnya Anda

pernah magang atau aktif di lingkungan kampus, ada baiknya Anda melampirkan surat rekomendasi yang dari orang-orang yang mengenal dan mengetahui potensi serta keahlian Anda.

Surat rekomendasi bisa berasal dari dosen pembimbing, ketua organisasi tempatmu pernah terlibat dan aktif, atasanmu saat magang, atau dari kepala sekolah jika Anda lulusan Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan.

Dengan begitu, Anda memiliki poin plus karena sudah direkomendasikan oleh orang-orang yang pernah bekerja sama dengan Anda.

5. Perhatikan pakaian

Saat Anda akhirnya berkesempatan untuk dipanggil interview, ingatlah untuk mengenakan pakaian yang pantas, sopan, dan sesuai dengan budaya kantor. Misalnya Anda mendapat panggilan interview di perusahaan startup yang nampak santai, Anda bisa datang interview dengan menggunakan pakaian smart casual.

Sedangkan jika Anda dipanggil oleh perusahaan koorporat, pakaian yang cukup formal bisa menjadi pilihanmu. Jadi, pastikan Anda mengetahui bagaimana tipe perusahaan tersebut.

6. Jujur saat interview

Saat interview, ada baiknya Anda tidak perlu melebih-lebihkan kemampuan Anda hanya untuk terlihat lebih menarik dibandingkan kandidat lainnya. Yakinlah bahwa dengan jujur Anda akan mendapatkan pekerjaan yang tepat, bahkan tidak menutup kemungkinan hal ini menjadi nilai tambah dari perekrut.

7. Pelajari beberapa pertanyaan interview

Selain memerhatikan pakaian, Anda juga perlu mempersiapkan dengan berlatih interview. Cobalah untuk mencari beberapa pertanyaan kunci yang banyak ditanyakan saat interview.

Selain itu, cari tahu juga beberapa pertanyaan yang berhubungan dengan posisimu. Misalnya jika Anda mendapatkan panggilan sebagai Sales, maka cobalah untuk mencari tahu pertanyaan interview untuk Sales.

8. Cari tahu tentang perusahaan

Melakukan riset kecil mengenai perusahaan yang akan Anda datangi untuk interview adalah hal yang penting. Pasalnya hal ini akan membantumu untuk menjawab beberapa pertanyaan interview.

Langkah ini juga akan membantumu untuk lebih mengenal perusahaan tersebut, dan siap untuk sesi interview.

Itulah beberapa tips jitu agar cepat dipanggil interview, dan beberapa cara agar Anda dapat cepat diterima kerja. Jika sekarang Anda masih kesulitan dalam mencari kerja, jangan menyerah. Selalu ada jalan jika Anda berusaha.

Baca Juga : 3 Cara Interview Yang Baik Agar Diterima Kerja

Penutup

Sekian yang dapat saya bagikan, tentang 8 Cara Agar Cepat Dipanggil Interview Kerja, dimana Anda telah mengetahui beberapa langkah agar bisa diterima kerja dari tips interview yang telah kami sajikan. Terima kasih telah mengunjungi sinarhadiwijaya.id, semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel My Opinion berikutnya.

Tinggalkan Pesan

Scroll to Top