Pastikan bahwa anda sudah membaca artikel part 1 sebelum membaca artikel ini. Mengenai optimasi wordpress ini menjadi kebutuhan yang tidak bisa dipungkiri dan dibutuhkan oleh developer wordpress. Maka berikut ini adalah kelanjutan cara optimasi wordpress.

  • Maksimalkan dengan plugin pendukung
    Setelah menghapus plugin yang tidak berfungsi maksimal, maka anda dapat pula menambahkan beberapa plugin yang sangat berguna untuk meningkatkan kinerja website anda. Plugin tersebut seperti

    • WP Smush.it yang berfungsi untuk mengkompresi gambar
    • WP Minify yang berfungsi untuk optimasi javascript anda
    • WP Super cache / w3 total cache yang berfungsi untuk mengurangi resource server secara signifikan.
  • Edit .httaccess di file manager cpanel anda
    Untuk langkah yang satu ini dibutuhkan ketelitian yang tinggi dikarenakan kita akan melakukan editing pada salah satu file pada yang berpengaruh besar pada website kita. Kini untuk yang belum mengerti bagaimana caranya silahkan klik disini untuk informasi lebih lanjut.
  • Setting permalink
    Permalink adalah nama url postingan kita, sebaiknya untuk menghindari beberapa permalink yang tidak diijinkan. Hal ini selain untuk mempercepat akses website kita , juga membuat postingan kita cepat dirank oleh mesin pencahariaan. Silahkan baca tutorial hyperlink.
  • Check skor website anda
    Sudah tidak menjadi rahasia lagi bahwa setiap kali membuat website maka perlu penilaian. Maka ada beberapa website yang mungkin bisa menjadi rekomendasi anda untuk check skor website anda. Anda bisa melakukan pengecheckan di webpagetest.org atau gtmetrix.com.
    Google sendiri juga memiliki situs yang berfungsi untuk mengecheck skor dari website anda.

Diantara semuanya yang paling penting adalah server hosting anda, percuma juga jika anda telah melakukan optimasi seperti diatas namun sama saja jika penyedia jasa hosting anda slow. 

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here