Banyak sekali pertanyaan ketika bertemu dengan orang – orang yang mempergunakan Instagram sebagai media informasi / bisnis mereka, yaitu bagaimana cara memilih hastag instagram yang tepat dan akurat.

hastag, instagram, memilih hastag, tips instagram

Dalam kesempatan kali ini mungkin ada beberapa yang sudah anda ketahui, bahkan anda mengetahui lebih banyak informasi dibandingkan dengan saya. Maka silahkan masukkan informasi tersebut di kolom komenmtar di bawah postingan ini ya 😀

Dalam artikel yang saya tulis ini mungkin hanya ada 7 cara memilih hastag instagram yang tepat dan akurat menurut saya pada bulan april 2019 ini. Apabila ada yang terlewat maka akan saya tambahkan di artikel berikutnya. Dan berikut alaah 7 hal yang anda lakukan ketika memilih hastag instagram versi saya :

  1. Gunakan Hastag sesuai dengan Postingan Anda
    Perhatikan pada gambar / video yang anda posting. Sesuaikan hastag dengan tema atau ppoint / tujuan dari postingan anda. Dimana bisa mengambil dari salah satu teks pada gambar / foto postingan, atau anda juga mengambil dari deskripsi postingan. Sehingga hastag yang anda pergunakan adalah hastag yang sesuai dengan apa yang anda tampilkan di postingan anda.
    Anda juga perlu untuk mempelajari mengenai hastag hard selling dan hastag soft selling. Karena dengan anda mengerti mengenai hal tersebut maka lebih mudah anda memposisikan diri dalam memilih hastag
  2. Gunakan Hastag Lokasi
    Jika anda posting lokasi atau wilayah maka pergunakan hastag lokasi atau wilayah tersebut. Karena orang berkunjung pada lokasi yang anda tentukan maka postingan anda akan tampil ada penelusuran mereka.
  3. Gunakan Hastag yang berkaitan
    Pastikan satu hastag dengan yang lain saling berkesinambungan satu sama lain, Pergunakan anonim atau persamaan kata . Dapat juga anda mempergunakan istilah bahasa lain dari postingan / hastag utama yang anda inginkan tersebut
  4. Gunakan kombinasi hastag dengan beberapa kategori
    Hal ini yang paling saya sering lakukan. Dimana saya mempergunakan 15 hastag dalam sebuah postingan dan dibagi menjadi 3 kategori. Yaitu hastag yang berkaitan dengan post baik itu hard selling atrau soft selling, Hastag yang populer, dan hastag yang saya ciptakan sendiri.
    Hal ini akan membuat postingan anda lebih meluas jangkauannya lho. Namun pastikan masih ada keterkaitan antara satu dengan yang lain ya.
  5. Buatlah hastag sendiri
    Salah satu cara memilih hastag instagram yang mudah dan tepat adalah anda membuat hastag sendiri sesuai denga trademark atau style anda. Maka itu sudah menjadi ciri khas anda dalam setiap kali posting di instagram
  6. Pelajari hastag kompetitor
    Tentunya ketika anda juga mengawasi kompetitor jika anda berbisnis, atau seorang role mode instagram jika anda ingin style instagram anda terformat atau rapi. Dengan begitu anda secara tidak langsung juga akan masuk kedalam ruang lingkup instagram mereka dan akan mencari familiar hastag sesuai dengan tema / format anda.
  7. Pergunakan aplikasi penelusuran atau aplikasi pihak ketiga
    Namun jika anda sangat bingung maka anda pun dapat mencari best  hastag dari penelusuran atau aplikasi pihak ketiga. Seperti websta.me , hastagger.com , atau tagsforlike.com . Dimana anda akan dipermudah dan selalu update dengan hastag terbaru versi mereka.

Namun ada beberapa tips dan trik tambahan yang perlu anda ketahui karena banyak yang salah kaprah pada bagian berikut ini :

  • Jumlah Hastag pada satu post ?
    Memang instagram memberikan batas maksimal 30 hastag dalam satu postingan, namun berapa sih idealnya jumlah hastag dalam satu postingan. Maka saya jawab 15 – 20 hastag dalam satu postingan.
    Karena berdasarkan survey maka 15-20 hastag lebih efektif untuk meningkatkan enggamenet dan meninggkan view pada sebuah postingan.
  • Apakah boleh hastag sama persis setiap post ?
    Jika kasusnya sama persis maka tidak disarankan. Ingat ya tidak disarankan bukan berarti tidak boleh. Karena anda ingin memperlebar followers anda, dimana hal tersebut tentunya sangat semakin banyak type followers anda maka semakin banyak pula kategori yang anda buat.
    Saya sendiri menyarankan hanya ada 2-5 hastag yang sama pada setiap postingan anda
  • Penempatan Hastag yang baik ?
    Berdasarkan para pakar maka penempatan hastag yang baik adalah pada kolom pertama caption / description pada sebuauh post. Walau apabila hastag tersebut diletakkan pada akhir atau pada kalimat juga tidak apa apa. Selama penulisan hastag benar dan apabila tediri dari 2 atau lebih kata tanpa spasi.

Mungkin untuk hari ini cukup informasi tersebut yang bisa saya sampaikan. Apabila ada pertanyaan lebih lanjut silahkan hubungi saya via email ke info@sinarhadiwijaya.id atau WA 083142958766.

Jangan lupa untuk share postingan ini ke teman – teman anda baik melalu tombol share di bawah ini. Terimakasih

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here