Mungkin bagi anda yang berprofesi sebagai programmer atau web developer , bahkan untuk anda yang sedang mengambil Pendidikan di bidang Informatika pastinya membutuhkan sebuah program teks editor. Mungkin Teks Editor untuk programmer menjadi hal yang paling utama dikarenakan setiap melakukan developing maka dipastikan adanya trial and error.

Text Editor sendiri memiliki fungsi sebagai media untuk menulis source code / kode pemograman tanda disertai dengan compiler yang terintegrasi. Bahkan pada beberapa teks editor sudah dibekali dengan beberapa fitur umum. Fitur tersebut seperti Syntac Highlighting, Search, Replace Syntax bahkan bisa menambahkan komentar pada source code. Nah sekarang anda sudah memahami seberapa pentingnya Teks Editor untuk Programmer.

Dari sekian banyaknya Teks Editor yang sering saya pergunakan, berikut adalah 6 Teks Editor yang bisa menjadi rekomendasi saya untuk anda sebagai media penulisan source code.

SUBLIME TEXT EDITOR

Sublime Text adalah salah satu teks editor terbaik untuk programmer khususnya Web Developer yang sangat canggih untuk coding, markup dan lain-lain. Sublime Text ini bisa dibilang sebagai senjata wajib bagi web developer. Anda akan menyukai antarmuka pengguna yang sangat sederhana, dengan fitur dan kinerja yang luar biasa.

Sublime Text tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Sublime Text juga memiliki banyak fitur, di antaranya fitur goto anything, command pallete, multiple selections, distraction free mode, split editing, instant project switch, customize anything, dan plugin API.

VIM

Vim atau Vi Improved adalah teks editor terbaik yang sangat powerful. Aplikasi ini memungkinkan anda untuk melakukan segala sesuatu hanya menggunakan keyboard dan berbekal shortcut. Dengan Vim anda dapat mengubah teks yang ada di dalam dokumen, memindahkan, menghapus baris, mengubah secara otomatis, dan masih banyak lagi tanpa harus menggunakan mouse.

Vim merupakan source code editor favoritnya para programmer dalam membuat program. Kebanyakan dari mereka yang suka menggunakan Linux biasanya akan menyukai Vim. Namun, anda pun bisa menyukai editor ini karena Vim bisa digunakan untuk tugas-tugas editing yang umum, misalnya sebagai tempat menulis artikel yang cukup panjang.

ATOM

Atom adalah text editor yang memiliki lisensi open source dan tersedia untuk platform OS X, Linux, dan Windows. Atom ini dibuat oleh GitHub dan diklaim sebagai text editor yang bisa di-custom dengan mengubah file konfigurasinya.

Atom ini mirip dengan Sublime Text, karena memang dibuat dengan menggunakan Sublime Text sebagai referensinya. Atom ini bersifat modular, jadi anda bisa menginstal plugins tambahan.

ULTRAEDIT

UltraEdit juga merupakan text editor terbaik yang sangat powerful dan sangat populer. Keunggulan dari UltraEdit yakni mampu berjalan di atas hampir semua sistem operasi seperti Linux, Max Os, dan Windows.

Seperti text editor lainnya, fitur-fitur UltraEdit sangat lengkap. Beberapa keunggulan UltraEdit, di antaranya 64 bit file handling, unicode support, disk based text editing, large file handling, multiline find dan replace, spell checker, dan lainnya. Namun, jika anda ingin menggunakan seluruh fitur-fitur andal dari UltraEdit, anda harus membeli lisensinya.

ICEcoder

ICEcoder adalah text editor berbasis browser yang memungkinkan anda untuk melakukan aktivitas codinglangsung di browser baik online atau offline. Itu berarti semua yang anda butuhkan untuk programming ada pada browser. ICEcoder mendukung berbagai bahasa termasuk HTML, CSS, Javascript, PHP, Ruby, dan banyak lagi.

NOTEPAD ++

Notepad++ adalah text editor terbaik yang berjalan di sistem operasi Windows yang didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Notepad++ mendukung banyak bahasa, di antaranya Assembly, C, C++, C#, CSS, HTML, Java, Javascript, Pascal, Perl, PHP, Python, Ruby, Shell, SQL, VB, XML, dan lainnya.

Notepad++ memiliki banyak kelebihan, seperti memiliki GUI yang baik dan menarik. Selain itu, Notepad++ juga dapat ditambahkan berbagai plugin yang bisa mempermudah pekerjaan programmer.

Nah, apabila anda memiliki tambahan informasi atau saran menggunakan Teks editor untuk programmer lainnya, silahkan komentar di kolom dibawah ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.

1 COMMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here