Meningkatkan Pagerank Google SEO Juni 2018, SEO , Search Engine Optimization, Meningkatkan Ranking Website

Setelah hampir satu tahun lalu saya membuat artikel mengenai cara meningkatkan ranking website / SEO untuk website. Dimana artikel tersebut masih bertengger di halaman pertama mesin pencaharian google.

Meningkatkan Ranking Website
Cara Meningkatkan Pagerank GOOGLE / SEO (Juli 2018)

Dari postingan tersebut banyak sekali yang chat dan mengirim email untuk mengetahui lebih dan meminta bimbingan untuk website pribadinya atau website perusahaan tempat mereka bekerja.

Banyak juga yang bingung dengan langkah – langkahnya sehingga minta disettingkan langsung jadi. Malah saya menjadi Jasa Penyedia Artikel SEO atau menaikkan peringkat SEO secara organik.

Karena banyaknya yang kurang paham dan artikel yang sudah sejak bulan Juli 2018 tersebut, sehingga agar update dan lebih mudah bagi anda yang baru mengikuti website saya Maka kali ini akan membahas lebih lengkap lagi mengenai perkembangan SEO ( Search Engine Optimation) atau Membuat website anda dapat langsung muncul untuk kategori tertentu.

Namun tetap artikel ini akan terus saya kembangkan dan perjelas detailnya agar anda yang pemula pun bisa mengikuti langkah – langkah dan teknik yang bagus dalam membuat website anda semakin menjadi nomor 1.

Namun apabila anda mengalami kesulitan silahkan chat personal kepada saya atau silahkan email kepada saya mengenai detail yang ingin anda tanyakan kepada kami. Agar kami bisa bantu lebih personal dan detail lebih lanjutnya.

  1. Tentukan Niche Website Anda

    Ini yang paling sulit dan paling mudah yang bisa anda tentukan di awal ketika ingin website anda muncul di halaman pertama dari mesin pencaharian. Yaitu perlu anda kenali apa itu Niche Website anda sendiri ?

    Niche Website untuk SEO Niche website adalah topik utama yang anda tentukan dalam website anda. Apakah website anda berisikan mengenai kuliner, travelling atau sekedar company profile.

    Hal tersebut perlu anda perhatikan dan tentukan sejak awal. Karena Niche ini yang menentukan pengunjung organik yang akan menuju ke website anda di halaman pertama.

    Pastikan Satu niche dalam satu buat website. Terkecuali memang anda sebuah portal berita yang banyak sekali pembahasan atau kami lebih sering menyebutkan niche gado – gado.

    Informasi lebih lengkap : 9 Cara Membuat Niche Website yang efektif.


    Jadi ini yang menjadi patokan awal anda dalam membuat website dan pengunjung anda semakin organik dengan tema niche yang sama. 

    Berikut kami tambahkan video tutorial untuk memilih niche yang bagus dan menjadikan profit bagi anda yang bingung memilih niche 



  2. Fokus Pada Konten

    Setelah anda menentukan niche yang cocok maka langkah yang selanjutnya anda perlu lakukan adalah fokus pada konten.

    Iya benar, kadang setelah ada niche yang bagus kita sendiri bingung dengan konten yang akan kita masukkan dalam website kita tersebut. Malah yang ada memasukkan konten yang tidak berhubungan dengan niche kita. 

    Ingat pembaca atau pengunjung kita itu ingin mendapatkan informasi yang sehubungan dengan niche kita. Jadi jika didalamnya terkontaminasi dengan hal lain maka ada kemungkinan mereka tidak tertarik dan tidak akan kembali lagi untuk membaca artikel yang terkait dengan niche yang mereka pilih. 

    Bahas sedetail apapun dari niche yang yang anda pilih sebelumnya agar peringkat website kamu naik. 

    Saya ambil contoh pada website saya sendiri ini. Saya lebih membahas mengenai Digital Marketing via Website. Maka dalam artikelnya pun saya membahas seluruhnya yang berhubungan dengan Digital Marketing dan Tekhnologi. 

    Seperti, SEO secara garis besar. Kemudian didalamnya pun saya membahas hal hal kecil seperti istilah, kemudian teknik bahkan sampai dengan pertanyaan yang sering masuk ke saya pun saya buatkan artikelnya agar pembaca saya tetap fokus pada apa yang ingin saya sajikan dan seluruh informasi yang dicarinya ada pada satu website yang sama. 


  3. Saling hubungkan satu artikel dengan yang lainnya. 

    Seperti yang selalu saya sampaikan bahwasanya salah satu yang mempengaruhi peringkat website adalah seberapa berguna dan informatifnya website anda.

    Dalam hal ini google atau mesin pencaharian sudah bsia mengetahui berapa lama anda dalam sebuah website, kemudian halaman mana saja yang anda kunjungi. Dan dalam hal ini juga mempengaruhi bounce rate anda.

    Dengan meningkatkan persentase bounce rate maka semakin tinggi pula peringkat website anda. Namun bagaimana cara meningkatkan bounce rate ? salah satunya adalah dengan menghubungkan satu artikel dengan artikel lainnya. 

    Anda bisa menghubungkan satu artikel dengan artikel lain dalam satu kategori yang sama, atau anda pun dapat melakukannya dengan menambahkan sidebar plugin top post artikel atau sitempa dari website anda.


  4. Optimasi Snippets

    Banyak yang belum mengetahui snippets itu apa, namun percaya atau tidak bahwasanya anda sering melihatnya dan menganggapnya itu bagian dari otomatisasi google. 

    Namun sebenarnya snippets adalah potongan dari website yang muncul pada mesin pencaharian yang menampilkan sebagian informasi dalam website yang direkomendasikan untuk anda. 

    Seperti gambar disamping adalah contoh snippet dimana dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Title, URL, dan Meta Description. Namun pada beberapa website yang direkomendasikan muncul juga categori tambahan yang membantu anda masuk ke dalam website lebih detail. 

    Sebenarnya untuk setting keseluruhan tersebut bisa anda atur dan sebaiknya memang anda atur atau tentukan agar anda dapat mengarahkan atau memberikan informasi lebih banyak dibandingkan scrawler bot google. 

    Apabila anda menggunakan wordpress sebagai CMS website anda, maka ada banyak tools atau plugin yang membantu anda dalam mengatur snippets dari website anda. Mungkin yang saya bisa rekomendasikan adalah Yoast SEO. Plugin ini juga secara tidak langsung membantu anda dalam mengatur snippets yang mendukung SEO website anda. 

  5. Pergunakan Google Search Console

    Nah, kemudian jangan lupa pergunakan Google Search Console untuk mengetahui lebih detail mengenai webiste anda. Seperti keyword kemudian visitor bahkan sampai saran saran google untuk meningkatkan website anda ada smeuanya pada Google Search Console

    Google Search Console, Ranking WebsiteSecara  garis besar, Google Search Console adalah layanan gratis yang ditawarkan oleh Google untuk membantu Anda memantau, mempertahankan, dan memecahkan masalah keberadaan situs Anda di hasil Google Penelusuran. 

    Semestinya ketika anda memiliki website sebaiknya untuk selalu mengintegrasikan dengan tools gratis dari google lainnya. Seperti Google Webmaster, Google Analytics dan Google Search Console.

    Karena selain anda mendapatkan suggestion dari informasi didalamnya, juga anda akan mengetahui kesalahan atau miss konfigurasi yang ada dalam website anda agar menjadi lebih baik. 

    Untuk mengetahui google search console anda dapat mengunjungi link berikut : klik disini 


  6. Gunakan AMP Website dan HTTPS Secure

    Pada dasarnya sejak tahun 2018 Google sudah menggunakan algoritma yang berdasarkan mobile device. Dimana website yang sudah responsive atau sudah support mobile device tertentu akan mendapatkan perhatian lebih dari google. 

    Bukan berarti bahwasanya anda harus memiliki 2 website yang berbeda untuk 2 gadget yang berbeda. Jika ingin yang aman maka lebih baik anda untuk menggunakan website yang sudah mendukung responsive view. 

    Apa itu responsive website ? 

    Responsive website adalah website dimana tampilannya bisa menyesuaikan dengan ukuran layar gadget yang menampilkannya. 

    Namun apakah responsive saja sudah cukup ? tentu ada pula teknik lain yang disebut dengan AMP. 

    Google AMPAMP atau singkatan dari AMP (Accelerated Mobile Pages) yaitu sebuah halaman website yang dirancang sedemikian rupa agar mobile friendly ?

    Yang dimaksud dengan mobile friendly disini bukan hanya tampilannya yang responsive tapi juga ukuran file untuk mengakasesnya lebih kecil sehingga lebih ringan dan cepat diakases oleh pengguna.  

    Salah satu project dari google ini juga dapat memberi pengalaman bagi pengguna internet untuk kenyamanan dan kecepatan berselancar didunia maya. Selain itu akan meningkatkan nilai SEO dalam website anda

    Kemudian disarankan untuk menggunakan type domain HTTPS ( sudah ada Secure Secuitynya) Dimana beberapa penyedia hosting sudha menyertakan fitur tersebut kepada pembelinya. Atau anda tinggal setting sendiri apabila sudah disedikan fiturnya oleh penyedia hosting.


  7. Gunakan URL yang Ringkas Padat dan Jelas

    Salah satu cara agar pengunjung anda dapat mengingat website anda dan muncul pada snippets lebih menarik adalah dengan memberikan URL penamaan yang Ringkas, Padat dan Jelas.

    Dalam hal ini dalam penggunaan permalink setiap artikel, kategori maupun halaman harus benar – benar anda perhatikan. 

    Permalink Website , BreadcumbBagi saya lebih suka menggunakan permalink yang custom, dimana saya dapat menentukan sendiri bagaimana penataan dan urutan dari sebuah link. 

    Jangan pergunakan terlalu banyak folder dalam membuat permalink bahkan saya menyarankan untuk artikel sebaiknya langsung saja urlnya setelah nama domain. 


  8. Judul Artikel yang Relevan dan “Menjual”

    Kadang dibutuhkan Judul yang relevan dengan niche dan “menjual” bagi para pengunjung website anda. 

    Namun arti kata menjual ini bisa menjadi bumerang juga bagi anda. Seperti halnya klik bait pada sebuah konten. 

    Kadang apabila judul kita menarik maka pengunjung akan mengunjungi website kita. Pada posisi ini sebenarnya bisa menjadi baik atau buruk bagi anda. Mengapa bisa seperti itu ?

    Apabila pengunjung tertarik dengan judul artikel anda, namun mereka tidak menemukan apa yang mereka cari maka bisa menjadi sebuah petaka bahwa website anda akan di close atau di klik back. Bukan menambah ranking website anda, namun malah menurunkan.

    Karena algoritma Google yang terbaru sudah mengetahui sampai hal tersebut. Semakin banyak orang yang back atau closed jendela website anda maka google akan menilai bahwa apa yang mereka cari pada konten anda tidak ditemukan sehingga tidak berguna bagi pengunjung. 

    Namun hal ini akan menjadi bagus apabila yang dicari oleh pengunjung rupanya tersedia pada konten anda. Bahkan akan selalu search dan meningkatkan bounce rate pada website anda. 

    Maka semakin meningkat pula peringkat dan nilai rekomendasi dari google untuk website anda. Ingat salah satu visi dari Google adalah website yang berguna dan informatif.


  9. Berikan informasi dengan Kata Ajaib

    Nah ini yang mungkin anda perlu terapkan apabila ingin artikel anda masuk ke dalam Google Result Search Page terutama pada bagian Featured Result. 

    Berikan informasi dengan menggunakan Kata Ajaib. Kata ajaib ini bisa disesuaikan dengan kalimat anda. Meliput 5W 1 H. What, Where, When, Why, Who dan How.
    Dengan menjabarkan kata ajaib itu saja pastinya google akan menyadari bahwa artikel dan website anda sangat bermanfaat karena sudah menjawab kebutuhan pengunjung.

    Deskripsikan informasi kata ajaib itu dengan jelas. Ingat ya .. yang dicari google untuk posisi pertama adalah informasi yang berguna dan benar. 


  10. Gunakan Angka Ganjil dalam Penamaan Judul Artikel

    Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, bahwasanya pergunakan artikel dengan angka. Terutama pergunakan angka ganjil.

    Selain itu juga tambahkan tahun atau prosesntasi sehingga menarik perhatian mereka dengan statistik. Namun pastikan data statistik tersebut valid. Jangan hanya asal ganjil atau besar – besarkan angka saja. 

    meningkatkan pagerank google , meningkatkan ranking website, SEOSEO itu sendiri juga mempunya algoritma berdasarkan berapa kali pengunjung mengunjungi website nada bahkan sampai apakah sumber berita anda valid atau hanya copy paste.

    Saya sendiri menggunakan 23 Cara Meningkatkan Ranking Website nomo #1 di Google ini pun berdasarkan penjabaran sendiri. Walau ada beberapa hal lama atau ada beberapa pula hal baru yang sengaja tidak / belum saya share disini tekniknya karena butuh pross untuk melihat hasil dari solusi yang diberikan. 


  11. Pergunakan Ribuan Kata, Jangan Bermain Aman !!

    Jika dulu anda membuat artikel hanya beberapa kalimat dibawah 500 kata. Maka sekarang agar anda kelihatan baik dan bagus dalam memberikan informasi maka pergunakanlah minimal 1890 Kata. 

    Iya tidak salah lihat bahwasanya 2000 kata itu sudah sangat ideal dan informatif selama yang diketik masih berhubungan dengan judulnya ?


    Bagaimana caranya agar bisa sampai 2000 kata ? Caranya adalah deskripsikan kata ajaib yang sudah dibahas di point sebelumnya. Ingat bahwasanya yang dicari dalam SEO bukanlah penjelasan yang bertele-tele. Namun penjelasan yang detail dan merinci sistematis dari judul artikel anda. 


  12. Sebarkan Informasi via Email Marketing

    Apakah sekarang zamannya menggunakan email marketing ? Jawabnya adalah iya dan akan selalu iya.

    Email marketing pastinya akan memberikan informasi kepada mereka yang sudah subscribe website anda. Selain itu anda juga dapat menyampaikan informasi lebih jauh lagi mengenai website anda dengan lebih efisien. 

    Selain itu email marketing juga membuat jejak digital pada website anda. Dan itu yang saat ini anda butuhkan untuk meningkatkan ranking website anda. 


  13. Perbaiki Link dan Sumber dari Informasi Anda

    Jika anda memiliki sumber atau website yang menjadi acuan. Pastikan anda untuk slelau update link yang menjadi acuan anda.

    hal ini karena pastinya broken link menandakan bahwasanya website anda tidak memiliki informasi yang akurat dan valid. Broken Link

    Selain itu pastinya ada informasi yang update dari sumber anda yang pastinya juga akan mendukung trafik masuk ke website anda. 

    Jika anda bingung sudah ada banyak plugin bertebaran untuk check broken link seperti halnya brokenlinkcheck dll

    Apa saja yang menjadi pengaruh apabila kita tidak memperbaiki broken link baik itu hyperlink atau image link ?

    Tentunya akan berdampak pada conversi website , selain itu juga SEO. Seperti halnya artikel yang ditulis oleh Alex G pada artikelnya di greengeeks.com


  14. Hapus Zombie Page

    Salah satu Karyawan Google menyebutkan dalam Blognya Search Engine Round Table yaitu lebih sedikit halaman yang berkualitas maka menaikkan kualitas traffic dari Google ” Google : Fewer But Higher Quality Pages Leads To Higher Quality Traffic From Google

    Jadi Kualitas sebuah halaman lebih membuat website anda sukses daripada banyak halaman yang tidak berkualitas.

    Jadi sekarang waktunya anda untuk menghapus seluruh zombie pages di website anda.

    APAKAH ITU “ZOMBIE PAGES” ?

    Zombie pages adalah halaman dalam website anda yang tidak memiliki nilai lebih. berikut ini adalah beberapa yang termasuk “Zombie Pages”

    1. Halaman atau Postingan yang sudah usang / Tua
    2. Halaman Press Release
    3. Halaman Tag dan Kategori
    4. Halaman Hasil Pencaharian
    5. Halaman Online Shop anda yang tidak ada penjualan sama sekali
    6. Halaman dengan isi konten yang sedikit
    7. Halaman dengan konten ganda / duplicate content

    Lebih baik dihapus saja daripada memenuhi halaman namun malah menurunkan nilai pagerank dan penelusuran dari google.


  15. Tambahkan multimedia  untuk Informasi Lebih Interaktif

    Satu hal lagi yang perlu diketahui, bahwasanya tambahkan artikel dalam bentuk gambar, infografik atau video yang mendukung konten anda. 

    Hal ini karena pengunjung anda butuh hal yang menunjukkan dan memperindah tampilan layar anda. 

    Bahkan 2019 kini sudah masuk dan menjadi trending dalam bentuk podcast untuk memberikan informasi mengenai konten anda. 


  16. Berikan Sumber yang Valid

    Ini yang sering dilupakan dan menjadi kontroversi sendiri. Yaitu sumber berita atau informasi. 

    Jika informasi atau konten yang anda dapatkan berdasarkan pengalaman pribadi maka tidak menjadi masalah besar, namun jika dalam bentuk berita atau informasi maka perlu diberikan informasi sumber berita tersebut di ambil.

    Apakah termasuk plagiat ?

    Akan disebut dengan plagiat apabila anda mengambil beritanya dan hanya sekedar copy paste saja. Bukan hanya copy paste saja lho, tapi juga menambahnya dikit itu termasuk plagiat.

    Akan tetapi saya lebih suka mengambil dari beberapa sumber dan memasukkan menjadi sebuah informasi. Karena ada kalanya sebuah infomrasi saja dari saut sumber kurang menarik dan tidak ada esensi lebihnya dibandingkan dengan sumbernya. 

    Jadi jangan lupa sisipkan sumbernya dan link informasi tersebut didapat ya.



  17. Kecepatan Website itu yang utama

    Kecepatan website itu sangat utama karena pengaruh juga ke SEO lho. 

    Bagi saya dan team sendiri menjadikan kecepatan akses dan loading website menjadi paling utama. Dalam hitungan kurang dari 3 detik minimal website sudah tampil dan maksimal 6 detik website harus sudah selesai loading.

    Untuk mengetahui kecepatan website banyak sekali tools yang bisa anda pergunakan. Seperti yang umum dipergunakan yaitu GTMETRIX.


  18. Buat Betah Pengunjung Anda

    Ini yang jarang dilakukan oleh kebanyakan penulis atau pakar SEO, yaitu bagaimana membuat betah pengunjung. 

    Percaya taau tidak beberapa tips diatas memang membuat betah pengunjung. Kenapa alasannya ?

    Dengan betahnya pengunjung maka ter-record oleh google bahwasanya website anda sangat menarik dan berguna termasuk kategori informatif. Walaupun mereka pengunjung lama pada website anda karena melihat video tutorial saja yang linknya dari youtube. 

    Selain itu juga menambahkan bounce rate semakin tinggi dengan tampilan dan link link yang memang anda siapkan untuk informasi lebih detaild ari artikel lainnya. 

  19. On Page Optimization ? Wajib anda terapkan !!

    SEO on-page seringkali dilupakan karena dianggap membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun, kamu harus sedikit bersabar kalau hendak melakukan optimasi dengan SEO on-page. Meskipun membutuhkan waktu yang lama tetapi efek yang dihasilkan cukup besar. Faktor luar memang mendukung adanya optimalisasi website. Namun banyak orang melupakan bahwa dalam melakukan optimalisasi kamu terpengaruh pada faktor dalam. Kamu harus melakukan optimalisasi dari konten website kamu sendiri. 

    Istilah SEO on page biasa disebut juga sebagai on-page SEO. Pengertian dari istilah ini adalah serangkaian proses optimalisasi, optimalisasi dilakukan oleh Website Owner atau Web Master. Proses optimalisasi konten websitediharapkan bisa berpengaruh terhadap pengguna. Tidak hanya pengguna namun juga dalam mesin pencari. Setelah menggunakan rangkaian proses optimalisasi diharapkan kamu bisa menduduki pencarian halaman pertama.


  20. Pergunakan Plugin SEO dan Optimasi Lebih

    Jika anda bingung maka sebaiknya dibantu dengan plugin SEO, seperti yang saya pergunakan yaitu YOAST SEO. 

    Jangan lupa juga pergunakan plugin untuk optimasi website kamu. Dan jangan terlalu banyak plugin yang bertabrakan ya, karena bukannya malah mendukung tapi akan membuat berat loading website juga.


  21. Jadikan Website Anda PWA ( Progressive Web Apps )

    Ketika kita mengunjungi situs web lewat desktop biasanya akan berjalan sangat lancar dan tanpa masalah, gangguan pun terjadi biasanya hanya ketika jaringan bermasalah, tetapi seringkali banyak masalah muncul ketika kita mengunjungi situs web atau aplikasi web lewat mobile, tanpa notifikasi langsung ke laman menu ketika kita menutup aplikasi web, loading yang terkadang sangat lama pada jaringan yang buruk yang hanya menampilkan layar putih.

    Karena hal itu seringkali kita terpaksa harus menginstal aplikasi native, tetapi terlalu banyak aplikasi yang diinstal tentu akan semakin mengurangi ruang penyimpanan, juga kita harus mencarinya terlebih dahulu di apps store sebelum diinstal.

    Aplikasi Web Progressif diharapkan mampu untuk mengatasi masalah tersebut. PWA adalah aplikasi web yang berjalan layaknya aplikasi native, notifikasi dan UX seperti aplikasi native.

    jadi intinya PWA website adalah menjalankan website anda lebih cepat sepertihalnya APK pada android anda. sehingga membuat seperti aplikasi berita padahal hanya sebuah website yang memiliki fitur sebagai APK Android. 


  22. Update konten Rutin.

    Sepertihalnya aktif dalam komunitas, maka website anda pun harus update rutin kontennya, entah itu update konten atau membuat konten baru secara rutin dan berkelanjutan. 

    Hal ini menandakan kepada crawler google bahwsanya website anda aktif sehingga google pun merekomendasikan konten dan website anda kepada pengunjung secara organik.


  23. Tingkatkan Enggament dengan Pembaca Anda.

    Website itu bukan hanya anda menaruh artikel atau konten kemudian ajaib google yang menyebarkan. Maka anda pun perlu berinteraksi dengan akun lainnya. Terutama akun yang sudah komentar pada konten anda. 

    Selain itu jalin komunikasi dengan memberikan alternatif menjadi subscribers pada website anda. Hal ini membuat komunikasi anda lancar dan mereka pun secara rutin mengunjungi website anda. 

Untuk berlangganan artikel dari kami silahkan isi dan submit form dibawah ini :

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here