sinar hadi wijaya, hadi, privacy policy

11 Trik Rahasia dalam optimalkan Instagram sebagai bisnis

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Advertisement

Apakah kamu mengalami kendala dalam mengoptimalkan Instagram sebagai bisnis? Tidak usah khawatir, berikut ini kami ulas 11 trik yang bisa dicoba untuk meningkatkan dan mengoptimalkan Instagram agar lebih banyak menarik audiens dan engagement.

Menentukan target audiens

Langkah tersebut biasanya dilakukan dengan cara menyesuaikan bidang bisnis atau produk yang Anda miliki. Lihatlah kompetitor yang memiliki bisnis serupa, bagaimana cara mereka melakukan engagement, cara menyajikan konten dan konsep seperti apa yang mereka tampilkan untuk menguatkan branding.

Advertisement

Foto profil

optimalkan instagram

Trik kedua dalam mengoptimalkan Instagram sebagai bisnis adalah memasang logo brand bisnis Anda pada foto profil. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan brand awareness atau kehadiran brand.

Selain itu, ketika ada yang mengunjungi profil Instagram Anda, mereka akan langsung melihat logo brand bisnis Anda. Apabila merek melihat logo bisnis Anda di tempat lain misalnya di platform media sosial lain maka mereka akan lebih cenderung mengingat brand Anda.

Nama bisnis

Perlu diingat, di sini tujuannya adalah untuk meningkatkan brand awareness dan salah satu cara untuk mencapainya ialah dengan mengatur nama bisnis Anda sebagai nama akun Instagram Anda.

Tambahkan juga kata kunci dalam nama bisnis Anda agar dapat ditemukan di mesin pencarian Google atau mesin pencarian lainnya.

Alihkan ke profil bisnis

Trik selanjutnya dalam mengoptimalkan Instagram sebagai bisnis adalah mengalihkan akun Anda ke akun bisnis agar bisa dapat menikmati lebih banyak fitur dan mendapatkan banyak keuntungan, seperti Anda bisa menambahkan nomor telepon, email dan alamat. Dengan begitu, orang-orang akan lebih mudah untuk menghubungi Anda.

Bio

Selanjutnya, optiomalkan bio di Instagram Anda supaya audiens mengetahui siapa Anda dan apa yang Anda lakukan secara singkat. Di bagian ini gunakanlah untuk menampilkan bagian terbaik dari brand Anda, seperti menuliskan pesona brand bisnis Anda dan masukkan kata kunci yang relevan.

Tambahkan juga tagar khusus untuk brand atau postingan jika ada. Hal ini bertujuan agar ketika pengunjung mengeklik tagar tersebut, mereka akan langsung bisa melihat koleksi produk Anda. Di dalam situ website, penggunaan tagar di bio mirip dengan Call-to-Action.

Manfaatkan URL

Di profil Instagram, anda hanya bisa menambahkan satu tautan atau URL saja. Dengan memakai Linktree, Anda bisa memberikan opsi kepada pengunjung profil untuk mengarungi lebih banyak tautan yang Anda miliki, seperti media sosial lain termasuk Youtube dan LinkedIn.

Sorotan Instagram Story

Sorotan Instagram Story merupakan tempat untuk menampilkan story Instagram Anda dalam waktu lebih dari 24 jam bahkan selamanya. Biasanya konten yang di taruh dalam sorotan untuk menaikkan engagement adalah diskon, event, produk terlaris, produk baru dan semacamnya.

Menyoroti postingan dari pengikut Anda juga sangat ampuh untuk membangun loyalitas dan meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Gunakan konten yang variatif

optiimalkan instagram

Umumnya, ada tiga tipe produk yang dipakai di Instagram bisnis, yaitu gambar yang menampilkan detail produk, model yang menggunakan atau memegang sebuah produk atau flatlays.

Agar konten dalam akun bisnis Anda tidak monoton, unggahlah beberapa jenis konten lain seperti konten non-jualan yang dapat mewakili produk atau brand bisnis Anda, menyelipkan beberapa kutipan dan pastikan menggunakan tema yang konsisten pada setiap gambar atau video yang Anda unggah.

Cara ini cukup ampuh untuk membuat Anda tetap dekat dengan audiens, dan tetap aktif di Instagram serta algoritme Instagram akan berpihak pada Anda jika Anda aktif mengunggah konten.

Gunakan alat untuk automasi

Gunakanlah alat untuk automasi postingan di Instagram supaya menghemat waktu dan tenaga Anda. Ada beberapa alat automasi yang bisa anda coba:

  • Automasi postingan
    Dengan automasi posting, anda bisa menyiapkan beberapa konten untuk diposting beberapa waktu kedepan dan tinggal melihat hasilnya.
  • Alat pertumbuhan
    Alat pertumbuhan akan membantu akun Instagram bisnis Anda tumbuh secara organik dan meningkatkan engagement akun Anda.
  • Alat analisis
    Alat analisis sangat berguna saat Anda melakukan sebuah kampanye di Instagram. Alat ini akan membantu Anda melihat sudah sejau mana keberhasilan kampanye yang sedang berjalan dan akan memeberikan gambaran apa yang harus Anda persiapkan untuk konten berikutnya.

Bagikan kutipan dari para ahlil

optimalkan instagram

Bagian ini juga termasuk dalam variasi konten yang bisa meningkatkan dan mengoptimalkan Instagram bisnis Anda. Kutipan yang ingin Anda bagikan bisa dari orang-orang berpengaruh di industri yang sama dengan industri yang Anda jalankan atau sebuah motivasi dari orang yang memiliki jabatan tinggi di bisnis Anda.

Manfaatkan fitur Instagram Stories

optimalkan instagram

Ada banyak fitur Instagram yang bisa Anda manfaatkan untuk berinteraksi dengan audiens, seperti fitur repost untuk merepost postingan dari pengikut Anda, fitur Swipe Up, Location, Quiz, Questions atau Polls.

Fitur-fitur tersebut cukup efektif untuk membuat akun Anda tetap aktif, dan bahkan akan semakin baik jika Anda menggunakan tagar karena orang-orang juga dapat menemukan akun Anda melalui tagar tersebut dan meningkatkan engagement.

Itulah 11 Trik Rahasia dalam optimalkan Instagram sebagai bisnis yang bisa Anda lakukan. Semoga berhasil mengoptimalkan Instagram bisnis Anda.

Leave a Comment

optimalkan instagram
Digital Team
What they say
Subscribe Newsletter

Integer posuere erat a ante venenatis dapibus posuere velit aliquet sites ulla vitae elit libero