sinar hadi wijaya, hadi, privacy policy

11 Hal yang dipersiapkan dalam Pembuatan Website

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on pinterest
Advertisement

Pembuatan website tanpa adanya persiapan dan tujuan kemungkinan besar akan menemukan hal-hal yang tidak diinginkan. Mulai dari proses pengembangannya, hasil yang tidak membawa keuntungan bagi perusahaan dan bisnis serta pelanggan dan lain sebagainya.

Untuk itu, perlu adanya persiapan-persiapan sederhana sebelum melakukan pengembangan website pada tahap awal. Nah, berikut ini beberapa hal yang perlu diipersiapkan dalam pembuatan website.

Advertisement

Ide

pembuatan website

Hal pertama yang perlu anda siapkan dalam pembuatan website adalah ide. Misalnya, Anda ingin membuat website apa? Website blog, website profil, website jual beli atau website yang lainnya? Nah, itu harus Anda tentukan terlebih dahulu.

Menentukan tujuan pembuatan website

pembuatan website

Sebelum membuat website, pastikan Anda sudah memiliki tujuan dan menjabarkannya secara terperinci. Tujuan website yang terperinci sangat berpengaruh pada desain website tersebut, fitur-fitur yang diperlukan dan konten apa yang perlu dimuat.

Menentukan target pengunjung website

Apabila tujuan Anda membuat website sebagai penambah pelanggan dari pasar online, maka harus diketahui terlebih dahulu seperti apa karakteristik target pelanggan Anda di dunia online.

Nah, setelah mengetahui karakteristiknya, Anda bisa mengetahui bagaimana kebiasaan mereka berinteraksi dengan dunia online. Apakah banyak dari mereka yang menggunakan media sosial Twitter, Facebookk, Instagram? atau lebih ke LinkedIn apabila target pelanggan Anda seorang yang profesional. Hal tersebut akan sangat mempengaruhi strategi marketing Anda setelah website sudah berjalan.

Konten atau Materi

Konten yang Anda unggah dalam website pun akan sangat berpengaruh. Konten atau materi di dalam website mencakup dua komponen utama, yaitu gambar atau ilustrasi dan tulisan atau artikel. Maka, pastikan gambar dan tulisannya harus sesuai dengan pengunjung website Anda nantinya.

Persiapkan nama Domain

pembuatan website

Domain adalah nama untuk sebuah website yang nantinya akan diakses orang-orang untuk mencari atau membukanya. Untuk itu, pastikan nama domain sesuai dengan website Anda dan sebaiknya tidak terlalu panjang serta mudah diingat orang. Nama domain dengan ekstensi .com merupakan yang paling banyak dipakai dan paling populer. Namun, kita juga bisa memakai ekstensi lain seperti .co.id .id .net .info .org .biz dan lain sebagainya.

Hosting

pembuatan website

Hosting merupakan sebuah tempat untuk kita menyimpan file, gambar, video dan data website yang nantinya bisa di akses melalui internet. Hosting dapat Anda sewa secara bulanan maupun tahunan. Biaya sewanya pun tergantung dengan kapasitas. Semakin besar kapasitasnya, semakin banyak data atau file yang bisa tersimpan dan biayanya pun juga semakin tinggi.

Teknologi apa yang akan digunakan

Saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju dan memiliki manfaat besar terhadap perubahan kebiasaan konsumen online setiap harinya. Bahkan saat ini kebanyakan orang mengakses internet melalui perangkat mobile seperti gadget atau smartphone. Untuk itu, website yang Anda buat harus bisa mengakomodasi hal tersebut.

Menentukan strategi marketing yang akan digunakan

Pada dasarnya, website yang sudah berjalan tidak bisa mendatangkan pengunjung dengan sendirinya. Banyak hal yang harus dilakukan supaya website Anda banyak pengunjungnya.

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang sedang dicari oleh pengunjung. Namun, hal ini membutuhkan waktu yang cukup lama hingga website Anda bisa dikunjungi orang dengan sendirinya.

Hal selanjutnya yang bisa membuat website Anda cepat dikunjungi banyak orang ialah melalui online advertising. Anda bisa memasang iklan di media sosial maupun Google Adwords.

Pengelola website

Apabila website sudah jadi dan berjalan, sangat diperlukan admin atau pengelola website. Admin inilah yang nantinya akan mengisi konten website, mengupdate website, menerima kontak dari pengunjung dan lain sebagainya. Anda bisa menjadi admin atau mempekerjakan orang lain untuk menjadi admin.

Waspadai menjadi Perfeksionis

Ukur dulu kekuatan dan kemampuan Anda. Misalnya, Anda ingin websitenya seperti website kelas internasional atau ingin tampilannya penuh atraksi, namun harus diukur dulu apakah kelengkapan materi kita bisa sebanding dengan website tersebut.

Menentukan budget pembuatan website

pembuatan website

Hal terakhir dalam pembuatan website yang perlu Anda siapkan adalah budget atau biayanya. Misalnya biaya untuk jasa pembuatan website, biaya gaji tim pengelola website, biaya development ke depannya untuk perbaikan fitur-fitur yang kurang tepat atau penambahan fitur baru serta biaya upgrade hosting jika diperlukan dan lain-lain.

Nah, itu tadi beberapa hal yang harus disiapkan dalam pembuatan website. Tidak ada alasan Anda menunda memiliki website sendiri, mengingat begitu banyak manfaat website dalam membantu mengembangkan usaha Anda.

Leave a Comment

pembuatan website
Digital Team
What they say
Subscribe Newsletter

Integer posuere erat a ante venenatis dapibus posuere velit aliquet sites ulla vitae elit libero