11 Cara meningkatkan Engagement Instagram

Jika anda menggunakan Instagram, baik itu dipergunakan untuk postingan pribadi apalagi untuk kebutuhan bisnis anda yang berjualan atau memberikan informasi via Instagram. Maka artikel ini sangat cocok bagi anda. Karena kali ini akan saya bahas mengenai Engagement pada Instagram.

Jadi ikuti dan pelajari langkah langkah pada postingan ini apabila anda ingin memaksimalkan Instagram anda. Karena salah satu cara untuk meningkatkan Engagement Instagram adalah mengikuti keseluruhan langkah – langkah yang ada pada artikel ini.

Definisi Engagement

Jika anda bingung dengan apa itu engagement, mungkin ketika anda melakukan google translate artinya adalah pertunangan. Bukan berarti anda akan bertunangan dengan followers anda lho.

Bagi yang belum mengetahui apa itu Engagement ialah sebuah istilah yang menyatakan komunikasi antara anda dengan followers anda. Dalam hal ini adalah komunikasi 2 arah. Dimana yang menjadi tolak ukur adalah feedback dari followers anda kepada akun anda.

engagement merupakan ukuran seberapa berpengaruh akun anda terhadap fans atau follower

Engagement dinilai dalam bentuk prosentase. Semakin tinggi prosentase yang anda hasilkan maka semakin tinggi pula interaksi antara anda dengan followers anda.

Cara Menghitung Engagement Instagram

Sebenarnya sama seperti algoritma dari trending dan seringnya update lgoritma dari sebuah sosial media, untuk menghitung / rumus untuk engagement instagram tidak ada press releasenya.

Namun dari beberapa artikel sendiri mendefinisikan dan menyimpulkan sebuah rumus untuk Engagement Instagram sebagai berikut :

Jadi jika dilihat dari rumus diatas sebenarnya seberapa tinggi engagement dipengaruhi oleh banyaknya komentar dan likes berbanding lurus dengan jumlah followers anda.

Pengaruh Engagement Instagram

Jika yang masih bingung mengenai pengaruh engagement, sebenarnya logika ini bisa sedikit membantu anda untuk mengetahui lebih jelas. Karena banyak yang tidak mengetahui hal ini bahkan ada yang mendengar namun tidak mengetahui lebih jelas mengenai hal ini.

Semakin tinggi engagement anda, maka semakin populer dan semakin besar pula jangkauan postingan anda terhadap followers anda. Baik secara posting, maupaun secara instastory atau sekedar ketika anda berkomentar. Bahkan ada yang menyatakan bahwasanya dengan tingginya engagement maka semakin besar kemungkinan anda akan di approve untuk verifikasi.

Yang menjadi efek dari hasil engagement yang tinggi adalah pada pengenalan produk anda. Seperti contoh semakin banyak yang melihat postingan anda, kemudian yang paling sering saya temui adalah semakin tinggi pula kemungkinan postingan anda menjadi trending.

11 Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Berikut adalah 11 Cara meningkatkan engagement instagram anda, beberapa terlihat technical dan panjang. Namun jika sudah menjadi kebiasaan akan menjadi hal yang mudah untuk anda lakukan

  • Postingan Subjektif dan Emosional

Salah satu caranya adalah anda mulai memberikan konsep pada setiap postingan anda, dimana bukan hanya hard selling, namun juga melalui postingan yang bersifat subjektif. Dalam hal subjektif ini adalah postingan yang langsung bisa dirasakan oleh followers anda atau yang memang menjadi emosional bagi para followers anda.

Untuk akun bisnis, postingan ini boleh juga berupa testimoni dari pelanggan atau mitra anda, sehingga para calon customer menjadi lebih yakin mengenai produk anda.

Sedangkan untuk akun pribadi, cobalah untuk memberikan postingan yang juga dialami oleh orang lain, seperti pengalaman perjalanan atau sekedar lokasi yang anda tuju.

  • Postingan Kontroversial

Saya sendiri bukan menyarankan postingan kontroversial ini ke arah negatif, namun lebih pada sesuai hal yang menjadi perdebatan di muka publik dimana tidak mengandung politik atau sara. Contoh simple adalah lebih dahulu mana ayam atau telor ?

Hal tersebut bisa membuat para followers anda memberikan komentar dan pendapat mereka di kolom komentar. Tentunya dengan memberikan komentar menjadikan postingan anda ternotice dan menaikkan engagment.

  • Postingan Fun & Education

Berikan edukasi kepada followers anda mengenai apa saja yang bisa memberikan mereka informasi lebih. tentunya masih berhubungan dengan bisnis atau diri anda sendiri. Buat mereka lebih mendapatkan keuntungan lebih walau hanya melalui caption yang singkat. Namun ada baiknya jika itu adlaah ringkasan sedangkan jika mereka ingin lebih bisa menuju website yang menjelaskan lebih lanjut. Inti dari keseluruhannya adalah copywriting yang bagus dan menarik.

  • Tindakan Action

Dalam dunia internet marketing disebut dengan Call To Action, dimana anda menyediakan sebuah button atau link untuk followers anda mendapatkan aksi. aksi dalam hal ini bisa meningkatkan klik yang berimbas pada postingan anda.

  • Original Post

  • Konsisten Rutinitas

  • Interaksi / Saling Membalas

  • Detail Postingan

  • Perencanaan

  • Hastag

  • Follow akun sekategori

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here